als - new
cara mendidik anak usia 13 tahun

Cara Mendidik Anak Usia 13 Tahun dengan Sabar, Orang Tua Wajib Tahu!

Usia remaja merupakan usia dimana anak-anak mengalami masa peralihan. Disini peran orang tua sangat penting untuk dapat mengarahkan tumbuh kembangnya dengan baik. Disini akan dijelaskan bagaimana cara mendidik anak usia 13 tahun yang bisa dilakukan oleh orang tua:

1. Jadi Pendengar yang Baik

Cara mendidik anak usia 13 tahun yang pertama adalah pada saat anak menginjak usia remaja, pastinya anak mulai mengalami banyak hal dalam hidupnya. Hal tersebut membangkitkan gejolak didalam dirinya dari mulai masalah dalam tubuhnya sendiri hingga masalah yang ada di kehidupannya termasuk soal pergaulan.

Mungkin ada banyak hal yang ingin disampaikan anak bahkan untuk sekedar bercerita atau bertanya. Mengutarakan sesuatu bisa membuat seseorang merasa lebih tenang dan bahkan menemukan solusinya.

Disini pentingnya peran orang tua untuk tetap hadir menemani anak-anak apalagi di usia remaja. Jangan sampai anak mencari hal lain untuk dijadikan pelampiasan seperti rokok atau hal negatif lainnya hanya untuk sekedar meluapkan emosinya.

2. Hargai Privasi Anak

Cara mendidik anak usia 13 tahun selanjutnya yaitu dengan memperhatikan hal ini. Meskipun anaknya sendiri, orang tua jangan anggap segala hal urusan yang anak miliki harus diketahui. Mereka juga memiliki batasan ruang mereka sendiri untuk privasinya agar tidak diketahui orang lain.

Akan tetapi banyak orang tua yang tidak memperhatikan hal ini, sehingga anak merasa tidak nyaman. Beberapa hal penting seperti kamar dan juga HP adalah salah satu bagian dari privasi anak yang meskipun orang tua harus memonitornya tapi setidaknya tahu ruang privasi anak.

Orang tua tidak bisa asal membuka ponsel anak tanpa sepengetahuannya walaupun hanya karena penasaran saja. Jika ingin memeriksanya coba untuk beritahu terlebih dahulu anak sebelum melakukannya.

3. Buat Aturan yang Pas

Aturan dibuat antara anak dan orang tua perlu dilakukan, agar anak dan orang tua bisa mengikutinya. Anak akan jadi pribadi yang bertanggung jawab jika bisa mematuhi segala peraturan yang diberikan orang tuanya.

Namun alangkah baiknya jika peraturan tersebut dibuat dengan keinginan dari kedua belah pihak. Jangan sampai orang tua terlalu mendominasi dan tidak membebaskan anak atas kemauannya tanpa kesepakatan bersama.

Jika anak menyepakatinya dengan kesadaran sendiri, anak akan lebih ikhlas dalam menjalaninya. Berbeda jika kesepakatan tidak buat, anak akan terasa lebih berat untuk menjalani aturan tersebut karena tidak sesuai dengan keinginannya.

4. Jadikan Pribadi Teladan Untuk Anak

Orang tua adalah orang yang seharusnya menjadi role model yang baik untuk anaknya. Jika mengharapkan anak yang punya pribadi yang baik, ramah, sopan dan santun orang tua juga harus mencontohkan hal yang baik padanya.

Sikap-sikap yang baik sebaiknya dicontohkan sejak dini menjadi salah satu cara mendidik anak usia 13 tahun seperti menolong orang dan belajar dengan giat bisa menimbulkan kebiasaan yang baik bagi anak. Sebagai orang tua yang baik harus mencontohkannya dengan baik sebagai bukti jika itu semua bukan omong kosong belaka.

Dengan melakukannya setiap hari itu bisa membuat anak tergerak melakukan hal yang sama. Anak bisa lebih memilah mana sikap yang baik dilakukan maupun tidak perlu dilakukan.

5. Berikan Motivasi

Dorong anak untuk terus melakukan yang terbaik di hidupnya seperti mengejar cita-cita dengan serius. Bukan cuma itu kembangkan juga apa yang jadi kemampuannya dengan cara mendidikan anak sebagai remaja yang baik. 

Cara mendidik anak usia 13 tahun ini sebenarnya susah-susah gampang karena pikirannya masih terbuka. Belum ada hal yang jadi pendiriannya sehingga masih berani untuk mengambil resiko sesuai dengan dorongan hatinya.

Misalkan jika anak suka memainkan mesin dan ingin menjadi seorang engineer dukunglah sebisa mungkin. Jangan mengatur keinginan anak dengan menyuruh melakukan hal yang tidak disukainya. Justru sebaiknya orang tua harus memberikan motivasi dan dukungan.

6. Berikan Informasi yang Berguna

Cara mendidik anak usia 13 tahun yang terakhir yaitu dengan selalu berikan nasehat pada anak untuk pergaulannya, jangan sampai anak kaku dalam pergaulan dengan temannya. Ada banyak hal yang ditemuinya nanti saat bergaul entah teman yang buruk atau masalah pertemanan.

Jadi berikan informasi yang baik termasuk untuk menghindari pengaruh buruk yang dibawa temannya. Jangan sampai tanpa adanya informasi seperti ini anak malah terjebak kedalam pergaulan yang salah.

Itulah beberapa hal yang bisa disampaikan seputar cara mendidik anak usia 13 tahun dengan baik. Jangan sampai di usia yang belum stabil tersebut anak dibiarkan tanpa pendampingan. Banyak diantaranya yang menjadi stres karena tidak dapat bimbingan orang tuanya.

Share this post