als - new
cara mendidik anak agar sopan santun

6 Cara Mendidik Anak Agar Sopan Santun Sejak Dini

Mempunya seorang anak adalah anugerah yang diberikan oleh Tuhan dan selayaknya sebagai orang tua merawat dan menjaganya. Bukan cuma merawatnya agar tetap sehat, anak juga harus diajari agar bisa hidup berdampingan dengan orang lain. Berikut ada cara mendidik anak agar sopan santun terhadap sesama.

1. Ajarkan Etika Dasar

Tidaklah sulit untuk menerapkan cara mendidik anak agar sopan santun dimulai dengan mengajarinya dengan etika dasar. Cobalah untuk mendidik anak dengan hal sederhana seperti meminta tolong saat perlu bantuan, berterima kasih setelahnya.

Selain itu jika memiliki salah jangan sungkan untuk meminta maaf. Hal-hal dasar seperti ini seringkali orang tua lupa mengajarkan anaknya. Tiga hal dasar ini penting diajari sejak kecil sehingga otomatis saat dewasa mereka juga terbiasa menggunakannya.

Setelah ketiga itu diterapkan secara nyata, barulah ajarkan etika lain seperti bagaimana harus beretika saat di meja makan. Ada juga etika lain yang harus dilakukan seperti saat bertamu yang sangat penting untuk mengetuk pintu terlebih dahulu atau saat bertemu orang lain.

2. Ajarkan Konsep Berbagi

Sejak kecil anak harus diajari bagaimana tentang konsep berbagi itu.dilakukan. Meski akan sulit dipahami saat usianya kecil, tapi tidak ada salahnya mengajari sejak kecil.

Cobalah untuk memberikan mainan yang sama dan minta salah satu dari dua mainan tersebut untuk dipinjam. Jika si kecil sudah mau memberikan satu miliknya maka kelak ia akan mudah untuk berbagi dengan yang lain.

Namun jika belum, coba jelaskan secara perlahan jika ada baiknya untuk berbagi walau itu hanya mainan. Dengan begitu, nantinya si kecil mudah bergaul dengan teman lainnya karena mau berbagi.

3. Ajarkan Untuk Tidak Memandang Rendah Orang Lain

Hal lain yang harus diajarkan pada anak untuk berlaku sopan dan santun adalah untuk tidak memandang rendah orang lain. Orang tua perlu mengajarkan jika tidak baik memandang rendah atau meremehkan orang lain apalagi masalah fisik.

Jangan sampai anak mudah untuk mengutarakan hal yang tidak baik pada orang lain. Apalagi jika sampai mengomentari sisi kekurangan fisik dari orang lain. Ingatkan juga anak untuk tidak mengejek dan merendahkan orang lain dengan tujuan mempermalukannya.

4. Jadilah contoh Bagi Anak

Cara yang baik untuk bisa membuat anak berlaku sopan dan santun adalah dengan mencontohkannya, tidak hanya mendidik anak dan memberi tahu caranya tetapi mencontohkannya kepada anak akan lebih cepat dipahami oleh anak. Orang tua adalah hal yang sehari-hari dilihat oleh anak, bagaimana orang tua berperilaku sehari-hari ini akan dicontoh oleh anak.

Maka dari itu selalu menjaga sikap yang baik di depan anak. Ajari anak sopan santun dengan baik dengan mencontohkannya secara nyata bagaimana memperlakukan orang lain sebaik mungkin tanpa membeda-bedakan.

Anak akan mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya. Maka dari itu mulailah berlaku sopan santun di depan anak agar selalu dicontoh dengan baik sampai menjadi kebiasaan hingga dewasa kelak.

5. Ajarkan Untuk Berbicara yang Baik

Cara mendidik anak agar sopan santun bukan cuma sekedar berperilaku yang baik, namun sopan santun juga secara tutur kata. Tanamkan kepada anak secara dini untuk selalu berbicara dengan bahasa yang baik dan pantas untuk diucapkan. Jangan sampai anak terbiasa dengan kata-kata yang kotor.

Seperti yang banyak diketahui orang jika anak ini mudah untuk meniru apa yang diucapkan oleh orang lain. Jadi jagalah tutur kata saat berada dekat anak-anak agar tidak ditiru untuk berbahasa kotor.

Biasanya anak yang mudah berbicara kotor ini sudah terbiasa karena sering mendengar kata tersebut dari lingkungan sekitarnya. Jangan sampai hal ini terjadi pada anak-anak karena sangat akan tidak baik.dan  sulit dihilangkan.

6. Ajarkan Untuk Selalu Bersikap Ramah

Cara mendidik anak lainnya adalah dengan tekankan anak untuk selalu bersikap ramah pada orang lain dalam berbagai kondisi. Hal ini termasuk jika mereka dalam suasana sedang berkompetisi sekalipun ramah tamah perlu diterapkan. Suasana sengit saat kompetisi biasanya membuat suasana hati para pesertanya ikut terbawa.

Maka dari itu sopan santun perlu selalu diterapkan agar anak sadar jika sikap sportif itu sangat penting dalam pertandingan. Hargai kemenangan dan kekalahan karena keduanya sama sama mengajarkan hal yang berarti.

Nah itulah beberapa cara mendidik anak agar sopan santun dalam kehidupannya. Dalam tumbuh kembang anak peran orang tua sangat berarti jadi terus pantau perkembangannya agar terbentuk pribadi yang sopan dan santun  terhadap sesama.

Share this post