als - new
umur berapa anak belajar membaca

Umur Berapa Anak Belajar Membaca Supaya Mudah Mengerti? Simak Selengkapnya

Mengajarkan anak untuk bisa membaca tentu penting untuk pertumbuhan anak. Namun ternyata, ada penelitian tentang umur berapa anak belajar membaca untuk memberikan hasil yang efektif. Untuk mengetahui lebih banyak, artikel ini akan memberikan pembahasannya.

Usia Tepat untuk Anak Belajar Membaca

Keterampilan membaca pada anak tentu jadi skill yang harus dikuasai oleh anak. Sekalipun akan belum sekolah, mengajarkan membaca menjadi satu langkah yang baik. Tujuannya tentu untuk mempersiapkan anak saat akan memasuki jenjang sekolah nantinya.

Sebelum memasuki pendidikan formal, biasanya anak dituntut untuk sudah bisa membaca. Karenanya, orangtua harus memperhatikan ini. Tapi, umur berapa anak belajar membaca agar mudah mengerti? Hal ini juga perlu diketahui terkait dengan kemampuan anak dalam memahami.

Ternyata, pelajaran membaca pada anak bisa dilakukan sejak dini. Bahkan ketika anak memasuki usia 12 bulan, orangtua sudah bisa mulai melakukan pengenalan kepada anak. Misalnya saja dimulai dengan pengenalan alfabet dan angka-angka sederhana.

Kemampuan membaca anak tentu tidak didapatkan begitu saja. Kemampuan anak juga berbeda tergantung dengan umurnya. Jadi, dalam mengajarkan membaca, bacaan yang diberikan harus disesuaikan dengan usianya ya, jangan terlalu memaksa anak untuk langsung bisa.

Untuk batasan pengajaran sebenarnya tidak ada. Pembelajaran bisa dilakukan seterusnya. Hanya saja, umur berapa anak belajar membaca? target pengajaran membaca ini adalah, di usia 7 tahun anak sudah mahir membaca. Dengan begitu, ketika anak masuk sekolah dasar, anak sudah mahir membaca.

Jenis Bacaan Sesuai dengan Umur Anak

Mengajarkan membaca sejak dini baik untuk pertumbuhan anak. Namun ada hal lain yang harus diperhatikan yaitu jenis bacaan yang diberikan kepada anak. Hal ini terkait dengan kemampuan anak memprosesnya. Untuk itu, perhatikan jenis bacaan berikut ini:

1. Anak Usia 1 Sampai 3 Tahun

Jika banyak orang tua bertanya-tanya umur berapa anak belajar membaca? Maka, saat anak memasuki usia satu tahun, orangtua bisa mulai mengenalkannya ke beberapa bacaan. Bacaan yang sederhana dengan banyak ilustrasi tentu menjadi pilihan yang tepat. Pengenalan pada usia ini dilakukan dengan orangtua membacakan cerita sambil menunjukkan gambarnya.

2. Anak Usia 4 Sampai 5 Tahun

Memasuki usia 4 tahun, anak sudah bisa melakukan lebih dari sekedar mengenali gambar. Anak-anak sudah mengenali huruf sehingga orangtua bisa mulai memperkenalkan anak pada cara merangkai huruf menjadi kata. Dengan begitu, anak akan menguasai beberapa kosakata.

3. Anak Usia 6 Sampai 7 Tahun

Di usia ini, anak-anak bisa membaca satu kalimat atau bahkan paragraf utuh dengan lancar. Usia ini dikatakan sebagai target akhir membaca. Anak usia 6 sampai 7 tahun akan masuk ke sekolah dasar dengan kemampuan membaca yang baik.

Mengapa Penting Mengajarkan Membaca Sejak Dini?

Ada alasan mengapa penelitian mengungkap umur berapa anak belajar membaca. Pada umur yang disebutkan, anak memiliki kemampuan terbaik untuk mencerna hal-hal baru seperti membaca. Selain itu, masih ada manfaat lain dari mengajarkan anak membaca antara lain:

1. Mendukung Lancarnya Komunikasi

Kemampuan anak dalam membaca dapat meningkatkan kemampuannya dalam berkomunikasi. Anak yang bisa membaca biasanya memiliki kemampuan komunikasi yang baik pula. Tidak hanya dengan orangtuanya namun juga dengan orang lain di sekitarnya.

2. Membangun Kemampuan Motorik

Membaca ternyata juga turut serta dalam membangun kemampuan motorik anak. Saat belajar membaca dengan mengenali gambar dan benda, saraf motorik anak akan bekerja. Hal ini tentu berdampak pada berkembangnya kemampuan motorik anak.

3. Meningkatkan Pengetahuan Anak

Sudah jelas jika dengan membaca, anak akan memiliki kemampuan yang luas. Hal ini juga bisa didukung dengan jenis bacaan yang diberikan. Semakin banyak pengetahuan yang dikandung oleh bacaan, semakin luas pula pengetahuan yang dimiliki oleh anak.

4. Melatih Anak untuk Pemecahan Masalah

Membaca membantu anak menjadi pribadi yang dapat menyelesaikan masalah. Beberapa anak bahkan bisa menyelesaikan masalahnya dengan rapi dan terstruktur. Dari bacaan yang pernah dibacanya, anak bisa mengambil kesimpulan yang menuntunnya memecahkan masalah.

5. Menjadikan Anak Lebih Teliti dalam Menyelesaikan Masalah

Yang terakhir, anak bisa menjadi orang yang teliti dan tidak gegabah dalam memecahkan masalah. Anak akan mengutamakan keteraturan dalam berpikir untuk menemukan solusi dari masalahnya.

Mengajarkan membaca sejak dini menjadi hal yang baik tentunya. Namun orang tua juga harus tahu umur berapa anak belajar membaca yang bisa memberikan hasil efektif. Dengan begitu, orangtua bisa memaksimalkan pengajarannya pada usia tersebut.

Share this post