als - new
mengapa sikap jujur harus diterapkan sejak usia dini

Mengapa Sikap Jujur Harus Diterapkan Sejak Usia Dini Pada Anak?

Kejujuran merupakan nilai kehidupan yang paling tinggi, mendasar, dan selalu diserukan untuk terus dilakukan. Hal inilah yang membuat pertanyaan mengapa sikap jujur harus diterapkan sejak usia dini muncul di masyarakat.

Beberapa orang beranggapan jika seorang pribadi yang jujur dengan sendirinya akan memiliki sifat tersebut tanpa diajarkan. Pendapat tersebut tentu tidak bisa disetujui sebab, terdapat penjelasan mengapa sikap jujur harus diterapkan sejak usia dini, berikut penjelasannya.

Sikap Penting untuk Diterapkan Sejak Dini

Kejujuran sangatlah diperlukan di setiap aspek kehidupan dan menjadi nilai paling berharga dan dikagumi maka dari itu sangat penting mengapa sikap jujur harus diterapkan sejak usia dini. Contohnya dalam lingkungan keluarga, kejujuran diperlukan supaya rasa kekeluargaan dan saling percaya dapat selalu terjaga.

Sikap jujur merupakan sebuah sikap terbaik yang meskipun terkadang dianggap bisa memberikan kerugian. Namun tentu saja jujur adalah sikap yang harus dijunjung demi menjadi pribadi yang lurus dan jauh dari tindakan buruk.

Agar sikap ini bisa tertanam dan menjadi sebuah kebiasaan, walaupun sekarang ini menjadi jujur tidaklah mudah. Peran orang tua untuk membuat anaknya berkepribadian jujur perlu dilakukan sejak anak masih kecil, berikut bentuk penerapannya : 

  • Jika anak bersalah keluarga harus membiasakan anak untuk selalu mengakui kesalahanya dengan baik.
  • Antara ucapan dan juga perbuatan anak harus sesuai, tidak boleh diucapkan dengan berbagai penambahan maupun pengurangan.
  • Dalam memberitakan hal ke siapa saja dalam berbagai lingkungan harus sesuai dengan apa yang benar-benar terjadi.
  • Selalu memegang amanah dan kemudian menjalankannya dengan baik. 
  • Keberatan ketika mendapati adanya ketidakjujuran dalam berbagai situasi.

Menanamkan sikap dan berbagai nilai yang baik pada anak dari usianya muda adalah tindakan yang sangat tepat. Sebab, pada usia dini anak-anak cenderung memiliki kemampuan menyerap dan memahami pembelajaran dengan cepat. Maka dari itu pentingnya mengapa sikap jujur harus diterapkan sejak usia dini

Umumnya nilai yang berhasil ditanamkan sejak kecil bisa lebih melekat dan dilaksanakan sampai anak mencapai usia dewasa. Jika demikian, maka selama proses pertumbuhannya anak akan terus bersikap, bertindak sesuai nilai yang ditanamkan.

Tentunya pengajaran harus dilakukan secara sabar dan dengan hati-hati agar anak tidak menolak untuk menerimanya. Lingkungan paling dekatlah yang bisa menjadi pelaku utama pendidikan pada seorang anak.

Cara Mendidik Kejujuran Anak

Untuk bisa memahami mengapa sikap jujur harus diterapkan sejak usia dini orang tua perlu membuktikannya sendiri. Cobalah melakukan cara-cara dibawah ini dan buktikan keberhasilan dan manfaatnya untuk anak dan keluarga : 

1. Memberikan Contoh Langsung

Seluruh anggota dalam keluarga harus memperlihatkan sikap kejujuran dalam aktivitas terutama yang ada keterlibatan anak. Berikan bacaan dan juga tontonan yang berkaitan dengan bagaimana sikap yang menunjukkan kejujuran.

2. Memberikan Apresiasi Kejujurannya

Ketika mendapati anak telah bersikap jujur, beritahulah anak bahwa dirinya telah melakukan hal yang luar biasa. Sampaikanlah bahwa ibu dan juga ayah benar-benar senang dan merasa bangga terhadap dirinya.

3. Tepati Janji Kepada Anak

Terkadang orang tua begitu mudah menjanjikan hal seperti hadiah atau rencana bepergian dengan anaknya. Jika ternyata janji tersebut tidak dilakukan maka, anak bisa balas dendam atas sikap bohong tersebut.

Penyebab Anak Berbohong

Mengapa sikap jujur harus diterapkan sejak usia dini adalah karena terkadang adanya pengaruh luar tetap bisa mempengaruhi anak bersikap bohong. Apalagi jika sikap dan nilai ini tidak segera ditanamkan sejak kecil tentu lebih parah.

Agar orang tua nantinya bisa lebih berwaspada dan mudah mengatasi sikap negatif anak  maka, perlu mengetahui penyebab-penyebabnya. Tidak hanya sekedar memperoleh pengaruh luar, anak bisa berbohong karena hal berikut : 

  • Takut dimarahi jika jujur telah melakukan suatu kesalahan maupun tidak maksimal bahkan gagal mencapai hal yang dijanjikan misalnya, tidak mengaku telah memecahkan piring atau nilainya turun.
  • Ada keinginan untuk bisa mendapatkan sebuah benda yang sedang sangat disukai misalnya, berkata pada ibunya bahwa dirinya diejek teman karena tidak mempunyai mainan paling baru agar dibelikan.  
  • Berbohong karena ingin menghindari kewajiban atau tugasnya contohnya, saat tiba waktu untuk belajar anak pura-pura sakit.
  • Sengaja berbohong karena ingin mendapatkan pujian atau agar diperhatikan orang tertentu.
  • Ingin terlihat atau dianggap hebat di hadapan teman-temannya contohnya anak bercerita liburan ke tempat yang keren padahal sebenarnya tidak.

Itulah penjelasan mengapa sikap jujur harus diterapkan sejak usia dini yang tentu membuat orang tua semangat untuk menerapkannya. Segala pembelajaran baik tidak akan menimbulkan kerugian jadi lakukan saja tanpa keraguan.

Share this post