als - new
permasalahan guru dalam mengajar dan solusinya

7 Permasalahan Guru Dalam Mengajar dan Solusinya

Pada proses mengajar tentu guru memiliki permasalahan dan tantangan tersendiri. Oleh karena itu, permasalahan guru dalam mengajar dan solusinya penting untuk para pendidik ketahui.

Melalui berbagai tantangan yang ada, guru dituntut untuk dapat mengatasinya sehingga proses pembelajaran akan tetap berjalan efektif. Agar lebih jelas mengenai tantangan dan solusi dalam mengajar, simak ulasan berikut: 

1. Kendala Dalam Mengatasi Perbedaan Karakteristik Siswa

Setiap siswa memiliki kebutuhan dan karakteristik yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, guru perlu menyesuaikan metode dan gaya mengajar mereka supaya para siswa dapat memahami pelajaran dengan benar dan baik.

Dalam metode ini, guru dapat mencoba menggunakan berbagai metode mengajar, seperti pembelajaran aktif, kolaboratif, dan integratif. Selain itu guru dapat menyediakan bahan pelajaran yang lebih beragam dan mudah dipahami bagi siswa.

Melalui berbagai metode pembelajaran yang berbeda tentu akan menciptakan suasana belajar yang berbeda terhadap siswa. Hal ini juga akan membantu menarik perhatian siswa untuk belajar yang lebih baik dan aktif di dalam kelas.

2. Kurangnya Keterampilan Teknologi

Permasalahan guru dalam mengajar dan solusinya selanjutnya yaitu kurangnya keterampilan teknologi. Terkadang guru masih sulit menguasai teknologi yang dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran, seperti penggunaan multimedia dan aplikasi edukasi.

Dalam hal ini, guru dapat mengikuti pelatihan atau workshop mengenai pengembangan keterampilan teknologi yang relevan dalam pembelajaran. Melalui kegiatan tersebut, guru akan dibekali dengan berbagai pengetahuan yang dapat diterapkan dalam mengajar.

3. Persiapan yang Kurang Sempurna

Persiapan yang kurang sempurna dapat menghasilkan pembelajaran yang kurang baik. Dalam persiapan ini guru bisa melakukan persiapan yang matang, contohnya saja membuat rencana pembelajaran yang terstruktur dan memiliki target pencapaian yang jelas.

Perencanaan tersebut dapat dipersiapkan dengan baik pada RPP yang selanjutnya diimplementasikan dalam pembelajaran. Selain itu, guru dapat mempelajari bahan pelajaran dan mempersiapkan materi dan alat bantu mengajar dengan baik.

4. Kurangnya Interaksi dalam Pembelajaran

Selanjutnya, permasalahan guru dalam mengajar dan solusinya yang akan diulas, yaitu kurangnya interaksi dalam pembelajaran. Tak sedikit guru yang cenderung kaku dan kurang bersahabat dengan siswa. Hal ini dapat membuat siswa menjadi pasif dan tidak aktif dalam pembelajaran.

Solusi yang bisa dilakukan untuk permasalahan ini yaitu, guru perlu untuk bersikap hangat dan memperbanyak interaksi dengan siswa. Perlakukan tersebut akan membantu siswa untuk lebih nyaman dan dekat dengan guru.

Efeknya pada proses pembelajaran, siswa akan lebih aktif dan disiplin. Oleh sebab itu, sangat penting bagi para guru untuk mengetahui karakter tiap siswa agar dapat melakukan pendekatan yang baik dengan siswa.

5. Sulitnya Menjaga Konsentrasi dan Motivasi Siswa

Permasalahan guru dalam mengajar dan solusinya selanjutnya yaitu sulitnya menjaga konsentrasi siswa. Siswa seringkali kesulitan untuk fokus dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Tak jarang siswa mudah terdistraksi lingkungan belajar, misalnya dari teman sekelas maupun hal lainnya.

Oleh karena itu, guru dapat mencoba untuk melakukan berbagai teknik motivasi, seperti memberikan umpan balik dan penguatan positif pada siswa, serta mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

Selain itu, guru juga dapat menggunakan berbagai bahan ataupun media pembelajaran yang lebih menarik dan berbeda dari sebelumnya. Pembelajaran yang menarik dapat mendorong keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas.

6. Kurangnya Sumber Daya yang Memadai

Permasalahan guru dalam mengajar dan solusinya yang selanjutnya tak jarang dijumpai karena guru kesulitan dalam memperoleh sumber daya yang cukup untuk melengkapi kebutuhan pembelajaran. Sumber daya tersebut dapat berupa buku maupun alat bantu mengajar lainnya.

Memanfaatkan sumber daya online yang tersedia dapat dijadikan salah satu solusi yang berfungsi mengatasi permasalah mengajar satu ini. Selain itu, guru dapat memanfaatkan bahan pelajaran yang sudah tersedia di media online.

7. Kurang Menjadi Contoh yang Baik Terhadap Siswa

Permasalahan guru dalam mengajar dan solusinya yang terakhir adalah Sebagai tenaga pendidik, guru harus dapat menjadi contoh dan orang tua kedua bagi siswa di sekolah. Oleh karena itu, hindari melakukan tindakan yang kurang tepat dan tidak sepantasnya di sekolah.

Misalnya seperti tidak menggunakan bahasa yang kasar/ kotor, tidak berpakaian rapi, sering terlambat masuk kelas dan lain-lain. Oleh karena itu, sebisa mungkin guru dapat menjaga kedisiplinan di sekolah dan menggunakan kata-kata yang baik meskipun dalam keadaan marah.

Demikian ulasan mengenai permasalahan guru dalam mengajar dan solusinya. Faktor internal maupun eksternal dapat menjadi penyebab permasalahan guru dalam mengajar. Permasalahan tersebut dapat berasal dari siswa, lingkungan sekolah maupun dari guru yang bersangkutan. 

Share this post