als - new
pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa

Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa, Prestasi Menurun !

Sekarang ini game online menjadi hal yang sangat digemari banyak orang termasuk juga oleh para siswa. Pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa ternyata bisa menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan.

Tentu banyak orang yang telah mengetahui sisi buruk dari permainan online yang memang menimbulkan kecanduan tersebut. Dampak negatif tersebut juga sampai pada motivasi belajar para siswa, berikut pembahasannya:

Dampak Negatif Game Secara Umum

Untuk memahami apa pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa pembahasan dampak umumnya pun diperlukan. Dampak yang dihasilkan dari bermain game secara tidak wajar ternyata cukup serius, beberapa diantaranya yaitu :

1. Menyebabkan Insomnia

Terlalu lama waktu menatap layar perangkat membuat produksi hormon bernama melatonin yang baik untuk kesehatan berkurang. Akibatnya penggemar game jadi sulit tidur dan pada pelajar akan menurunkan fokus saat belajar.

2. Menimbulkan Kerusakan Pada Mata

Radiasi saat memainkan game berjam-jam akan menimbulkan berbagai efek untuk kesehatan termasuk pada rusaknya mata. Pengaruh radiasi tidak main-main sebab, bisa menyebabkan turunnya kualitas tidur bahkan kanker.

Terlalu banyak memainkan game membuat mata menjadi sangat mudah lelah yang jika dibiarkan saja semakin lama akan memburuk. Kondisi terparahnya yaitu bisa terjadi cacat mata berupa rabun dekat dengan sakit kepala.

3. Jadi Malas Beraktivitas Fisik

Adanya teknologi yang memudahkan hiburan dengan permainan melalui sebuah perangkat saja membuat penggunanya menjadi malas. Hal ini jelas berbeda dengan permainan konvensional yang membutuhkan gerakan fisik seperti voli maupun bola.

4. Otak Depan Tidak Berkembang

Kecenderungan terjadinya gagal kembang pada otak diketahui dari penelitian sang ahli. Dalam permainan game kebanyakan tidak melibatkan rangsangan untuk otak dapat berkembang.

Pengaruh Game Pada Motivasi Belajar

Motivasi adalah tujuan atau alat yang mendorong dilakukannya sesuatu, maka dalam hal belajar adalah sesuatu yang mendorong untuk belajar. Banyak yang bisa menjadi pendorong atau alasan seorang siswa belajar atau tidak belajar.

Game online yang sedang begitu disukai ini juga bisa mempengaruhi tingkat motivasi untuk belajar. Ketika seorang siswa tidak memiliki motivasi, maka dirinya akan malas dan enggan untuk melakukan kewajibannya yaitu belajar.

Pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa kemungkinan tidak akan buruk apabila bermain gamenya masih wajar. Video permainan yang dimainkan dengan koneksi internet ini akan berpengaruh terhadap motivasi belajar jika:

  • Permainan yang dilakukan sama sekali tidak berhubungan dengan pelajaran dan sama sekali tidak bermanfaat apapun.
  • Pelajar lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain bahkan sampai nekat bolos karena ingin pergi main game.
  • Siswa menjadi kecanduan dan suka mencuri waktu jam pembelajaran untuk mengakses game sehingga konsentrasi pada proses belajarnya menjadi terganggu.
  • Banyak tugas pembelajaran terabaikan oleh siswa karena cenderung lebih memilih game online.
  • Pelajar ada pada lingkungan yang penuh dengan pecandu game sebab, pada umumnya pelajar akan terpengaruh juga sehingga berakibat pada motivasi belajarnya.

Jadi, pada intinya pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa sangatlah buruk karena menurunkan motivasi belajar siswa. Dalam pikiran anak yang telah kecanduan hanya berisi segala hal mengenai game.

Tidak ada lagi yang lebih menarik dari game yang sedang disukainya sehingga tidak ada lagi semangat untuk belajar. Gagal tersampaikannya materi adalah kelanjutan dari siswa yang sudah tidak semangat belajar.

Dampak yang bisa menjadi semakin luas jika tidak segera diatasi yaitu menurunnya nilai dan juga prestasi siswa. Kecanduan game yang semakin parah bahkan bisa memperburuk sikap dan watak seorang murid. Maka dari itu harus memikiran cara mengurangi kecanduan game untuk mengurangi pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa.

Cara Berhenti Kecanduan Game

Pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa memang cukup buruk, untuk itu perlu segera dihentikan. Diri siswa sendiri atau dengan bantuan keluarga bisa melakukan beberapa hal berikut untuk menghentikan kecanduan tersebut :

  • Buatlah jadwal khusus untuk bermain game dengan durasi yang sedikit misalnya 1 jam per 1 hari dengan demikian aktivitas lain bisa berjalan.
  • Mencari pengalihan lain misalnya dengan kegiatan baru yang lebih seru dan bermanfaat seperti melukis dan membaca buku.
  • Tidak meletakkan perangkat game di dalam kamar.

Itulah pembahasan pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa yang ternyata cukup buruk dan bisa berbahaya. Demi kebaikan, kecanduan tersebut harus benar-benar dihentikan sesegera mungkin.

Share this post