als - new
pada fase apakah anak belajar bicara

Pada Fase Apakah Anak Belajar Bicara dan Berkomunikasi? Ini Penjelasannya

Anak yang sedang berkembang memiliki fase-fasenya tersendiri. Saat berkembang, anak juga akan belajar bicara sesuai dengan usianya. Lalu pada fase apakah anak belajar bicara dan berkomunikasi dengan orang sekitar?

Jika ingin tahu jawabannya, maka artikel ini akan membahas tentang pada fase apakah anak belajar bicara dan berkomunikasi?. Akan diberikan juga informasi tambahan yang sesuai dengan pembahasan tersebut. Simak pembahasan berikut untuk mengetahuinya?

Fase Saat Anak Belajar Bicara

Tahap perkembangan bicara untuk anak termasuk kompleks. Ada beberapa tahap yang merangkai proses belajar bicara anak sampai lancar berkomunikasi. Hal ini tentu harus dipahami oleh orang tua agar tahu bagaimana cara pengajarannya.

Lalu pada fase apakah anak belajar bicara? Jadi, anak mulai belajar bicara pada fase true speech yang merupakan fase terakhir. Fase ini akan terjadi saat anak berada pada usia 12 sampai dengan 18 bulan.

Pada fase true speech, maka anak akan mulai berbahasa meski pengucapannya belum terlalu lengkap. perbendaharaan kata yang dimiliki anak juga masih minim namun akan terus bertambah dengan perlahan.

Sebelum fase true speech terjadi, maka anak akan mengalami tiga fase lainnya. Untuk mengetahui semuanya dengan lebih jelas, maka akan lebih baik untuk tahu apa saja fase tersebut. Berikut daftar fase dan cirinya:

  • Fase cooing (1 – 6 minggu). Tahap saat anak mengeluarkan suara secara refleks. Contoh paling umum adalah suara tangisan yang dikeluarkan saat lapar atau saat popoknya basah.
  • Fase babbling (6 – 7 minggu). Tahap saat anak membuat suara berdasarkan suasananya, misal saat nyaman atau senang. Namun pada fase ini, suara yang dihasilkan juga masih dalam kondisi refleks.
  • Fase lalling (6 – 9 bulan). Pada tahap ini, pendengaran anak akan semakin matang dan jelas. Jadi, anak akan bersuara, mendengar suaranya, bahkan mengulangi ucapannya. Bunyi yang didengar anak juga akan ditirukan.

Cara Melatih Perkembangan Bicara Anak

Selain informasi tentang pada fase apakah anak belajar bicara, orang tua juga harus tahu bagaimana cara melatih perkembangannya. Hal ini penting agar anak bisa belajar berbicara dengan baik sesuai usia yang dimilikinya.

Untuk itu, pada bagian ini akan diinformasikan cara melatih perkembangan bicara anak sesuai dengan usianya. Setidaknya ada tiga golongan berbeda yang harus dipahami. Jika ingin tahu detailnya, maka lihat penjelasan berikut:

1. Untuk Usia 0 – 6 Bulan

Jika orang bertanya pada fase apakah anak belajar bicara? Anak yang berusia 0 sampai dengan 6 bulan sudah memasuki fase belajar berbicara akan tetapi masih termasuk dini untuk diajak bicara terlalu dalam. Oleh karenanya, ada beberapa cara khusus yang bisa dijalankan sebagai dasar pembelajaran. Inilah beberapa caranya:

  • Coba biasakan untuk berbicara dengan anak. Langkah ini penting agar anak bisa terbiasa dengan suara orang tuanya.
  • Biasakan untuk menjelaskan apa yang sedang dilakukan kepada anak. Meski anak belum bisa merespon, namun hal ini bisa melatih dan merangsang pendengarannya.

Dua cara yang ada di atas bisa langsung dijalankan dan diterapkan kepada anak. Agar anak bisa berbicara dengan baik di masa mendatang, maka proses-proses tersebut harus dijalankan secara konsisten dan perlahan.

2. Untuk Usia 7 – 11 Bulan

Kemudian jika anak sudah masuk usia 7 bulan, maka perlakuan yang diberikan harus berbeda. Hal ini penting agar anak bisa berlatih berbicara dengan lebih aktif. Ada tiga cara yang bisa dilakukan, berikut daftarnya:

  • Bacakan cerita kepada anak agar perkembangannya semakin baik. Agar lebih menarik, maka sediakan buku cerita yang penuh dengan ilustrasi gambar dan warna serta jelaskan semuanya.
  • Lebih sering menyebut panggilan orang tua. Hal ini penting agar anak bisa terbiasa dengan panggilan yang sudah dibuat.
  • Jika ingin mengajari kata tertentu, maka biasakan untuk mengulangi katanya.

3. Untuk Usia 12 – 18 Bulan

Lalu saat anak sudah masuk usia 12 bulan, maka biasakan untuk membuat komunikasi yang aktif. Tanyakan beberapa pertanyaan kepada anak agar terbiasa memberikan jawaban panjang. Dengan demikian, proses berbicara anak akan meningkat.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang pada fase apakah anak belajar bicara anak. Jadi jika ada yang bertanya pada fase apakah anak belajar bicara, maka jawab sesuai dengan pembahasan tersebut. Pastikan untuk memahami semua aspek agar tidak ada kesalahan informasi. Jika ingin mengetahui lebih banyak seputar pendidikan bisa klik disini.

Share this post