als - new
metode pembelajaran mind mapping

Metode Pembelajaran Mind Mapping yang Efektif

Metode pembelajaran mind mapping merupakan cara belajar yang perlu dipraktekkan secara benar. Pasalnya, metode pembelajaran ini berpotensi mengembangkan kreativitas dalam mengkategorikan sesuatu dan menciptakan ide guna mencapai tujuan pembelajaran.

Mind mapping diterjemahkan sebagai peta pikiran. Jika dijabarkan lebih luas lagi, mind mapping didefinisikan sebagai kemampuan otak untuk menangkap berbagai pikiran/informasi dari segala sudut.

Karakteristik yang Terdapat dalam Metode pembelajaran Mind Mapping apa saja?

Kehadiran metode pembelajaran mind mapping berawal dari penelitian yang dilakukan para ilmuwan guna mengetahui cara kerja otak manusia. Penelitian tentang otak manusia telah dilakukan sejak zaman dahulu. Berdasarkan berbagai penelitian yang ada, dapat dipahami bahwa otak merupakan salah satu organ yang sangat kompleks.

Para ilmuwan rupanya tertarik dengan bagaimana otak dapat melakukan pengolahan dan pemrosesan informasi/pengetahuan. Muncul anggapan bahwa otak memproses informasi dengan cara yang kerap dianalogikan seperti proses penyimpanan barang di gudang. Namun, berdasarkan penelitian selanjutnya, diperoleh landasan bagi terciptanya metode mind mapping sebagai berikut.

  • Ditemukan fakta bahwa otak mampu mengkombinasikan aroma, gambar, dan juga perasaan dalam susunan linier.
  • Cara kerja otak dalam mengolah informasi dimisalkan ketika seseorang mengingat suatu ceramah. Ingatannya akan terpacu hanya dengan kemunculan simbol/gambar dan warna tertentu.
  • Agar dapat memanfaatkan peta pikiran secara optimal, pembuatan mind map perlu dikombinasikan dengan warna dan gambar.
  • Dalam proses berpikir metode mind mapping, individu bisa mengkategorikan pikirannya seperti ketika meletakkan barang satu per satu sesuai tempatnya.
  • Metode pembelajaran mind mapping akan mempermudah seseorang melakukan perpindahan pemahaman dari satu teori ke teori lain. Artinya, kinerja otak menjadi lebih efisien.
  • Metode pembelajaran mind mapping merupakan cara termudah dalam menginput dan menampilkan suatu informasi ke otak. Output dari otak pun dapat berlangsung secara efektif.
  • Mind map dapat diibaratkan seperti peta sebuah kota. Pusat mind map mirip pusat-pusat kota yang menjadi wakil dari ide-ide penting.

Merancang Mind Mapping sebagai Metode Pembelajaran

Belajar secara efektif sekaligus kreatif dapat dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran mind mapping. Pasalnya, pembuatan mind map memerlukan imajinasi si pembuatnya. Pembelajar atau siswa yang kreatif tampaknya akan lebih efektif dalam belajar jika membuat mind map terlebih dahulu.

Namun, kunci kesuksesan membuat mind map adalah ketekunan dalam membuatnya. Semakin sering seorang pembelajar membuat mind map, semakin kreatif pula pembelajar tersebut membuatnya. Berikut adalah tahapan membuat mind map.

  • Letakkan tema utama di bagian tengah map. Mind map dapat dimulai dengan menuliskan tema di tengah lembaran kertas kosong. Peletakan tulisan tema utama di bagian tengah akan membebaskan otak mendapatkan ide dari segala arah.
  • Tuliskan ide-ide yang terkait dengan tema. Biasanya banyak sekali ide yang datang terkait dengan tema utama. Jangan buang ide tersebut. Tuliskan saja di sekitar tema utama, dengan peletakan sekreatif mungkin.
  • Buatlah cabang-cabang ide. Maksudnya, hubungkan ide ke tema utama atau ke ide-ide lain yang sudah dituliskan tadi. Jika perlu, buatlah semacam tingkatan-tingkatan ide. Otak akan bekerja mengaitkan dua atau lebih ide sekaligus.
  • Pergunakan garis percabangan berbentuk garis lengkung. Dengan menggunakan garis lengkung, hubungan antarcabang akan lebih mudah dimengerti dan diingat. Secara organisasi, garis lengkung lebih menarik mata.
  • Sisipkan gambar bermakna. Ada istilah bahwa “satu gambar melebihi ribuan kata’. Artinya, gambar atau foto dapat digunakan juga sebagai pengganti/memperjelas tema/ide. Gambar pun akan terlihat lebih menarik ketimbang tulisan biasa, sehingga lebih mengaktifkan kerja otak.
  • Aplikasikan warna-warna menarik. Bagi otak, warna sama menariknya dengan keberadaan gambar. Selain itu, pengaplikasian warna akan membuat mind map terlihat lebih segar. Kesegaran ini akan menambah energi bagi pemikiran kreatif.
  • Cukup gunakan satu kata kunci pada tiap ide. Selain itu, pergunakan juga kata-Kata yang singkat, padat, sekaligus jelas. Kata kunci atau kata-kata singkat tersebut dapat dianggap sebagai pemantik ingatan.
  • Lihatkah mind map secara keseluruhan. Jika masih ada ide yang perlu ditambahkan, segera tambahkan. Jika ada ide yang perlu diganti, segera ganti. Mind map tidak harus sempurna pada akhirnya. Namun, setidaknya dapat mengefisienkan kerja otak dalam memproses data/informasi.

Metode pembelajaran mind mapping berfungsi sebagai alat yang berguna untuk membantu siswa mengingat dan merangkum pengetahuan. Dengan begitu, siswa dapat menjadi pemikir yang efektif. Metode ini dapat dipraktikkan dalam tiap bidang kehidupan, tidak hanya dalam dunia akademis.

Share this post