als - new
metode pembelajaran daring yang efektif

Mengenal Metode Pembelajaran Daring yang Efektif dan Manfaatnya

Pembelajaran daring kini semakin diminati karena lebih efektif serta fleksibel. Metode pembelajaran daring yang efektif dapat dilakukan dengan bantuan media, koneksi internet bagus serta perangkat yang mendukung.

Selain itu, guru juga harus bisa menyampaikan materi dengan cara menyenangkan agar siswa lebih paham dan tidak bosan. Berikut pembahasan selengkapnya tentang pembelajaran daring yang wajib disimak.

Penjelasan Singkat Tentang Pembelajaran Daring

Daring (Dalam Jaringan) dikenal sebagai metode pembelajaran yang diterapkan secara virtual dengan menggunakan perangkat elektronik yang tersambung internet. Metode ini cukup efektif diterapkan di sekolah, terutama selama pandemi Covid-19.

Proses belajar mengajar umumnya dilakukan dengan aplikasi teleconference seperti Google Meet, Classroom, Zoom, dan lainnya. Aplikasi tersebut nantinya membantu proses penyampaian materi serta pendistribusian tugas oleh guru ke siswa.

Layaknya di kelas, guru akan menyampaikan materi yang disimak oleh siswa lewat aplikasi yang sama. Materi yang disampaikan oleh guru bisa menggunakan video animasi maupun metode ceramah.

Apa Saja Manfaat dari Metode Pembelajaran Daring?

Metode pembelajaran daring yang efektif sangat diperlukan bagi siswa untuk memahami materi yang diberikan. Terdapat sejumlah manfaat bagi siswa maupun guru yang harus diketahui seperti penjelasan di bawah, antara lain:

1. Praktis dan Fleksibel

Pembelajaran daring bisa dibilang cukup praktis serta fleksibel. Hal ini karena siswa dan guru hanya butuh jaringan internet, sehingga tidak harus bertemu di kelas. Selain itu, proses belajar dapat diterapkan di mana saja selama kondusif.

Siswa maupun guru juga tidak harus berseragam atau tampil formal saat belajar daring. Jadi, suasana belajar lebih nyaman serta fleksibel selama proses belajar mengajar berlangsung.

2. Lebih Personal

Pembelajaran daring ini memungkinkan siswa mempelajari materi dengan komunikasi satu atau dua arah. Sejumlah kelas daring diselenggarakan untuk menghubungkan guru dan siswa yang berinteraksi dalam satu waktu.

Guru biasanya akan langsung menyampaikan materi yang nantinya siswa bisa bertanya atau berdiskusi. Proses pembelajaran ini diketahui lebih personal karena guru atau siswa bisa berinteraksi real-time, sehingga dapat menambah efektivitas dalam belajar.

3. Hemat Waktu dan Biaya

Metode daring ini dikenal hemat biaya dan waktu karena guru atau siswa hanya butuh koneksi internet dan gawai saja. Baik siswa atau guru tidak harus menempuh perjalanan ke sekolah serta melakukan pembelajaran tatap muka.

Tidak hanya itu, guru bisa menghemat biaya tambahan untuk buku, fotokopi materi serta penunjang lainnya. Guru cukup membagikan materi secara online kepada siswa melalui WhatsApp, Google Drive, dan sebagainya.

Macam-Macam Metode Pembelajaran Daring yang Efektif

Pembelajaran virtual memang membuat guru dituntut menjadi kreatif. Metode pembelajaran daring yang efektif tentu sangat dibutuhkan bagi siswa agar materinya dapat dipahami. Berikut ini metode yang bisa dipraktekkan selama daring, antara lain:

1. Media Video

Metode pembelajaran daring yang efektif bisa dengan guru dapat memanfaatkan media video sebagai stimulasi ketika menyampaikan materi tertentu di kelas daring. Hal tersebut dilakukan agar siswa lebih gampang memahami materi yang disampaikan.

Selanjutnya, guru bisa meminta siswa untuk berdiskusi mengenai materi yang sudah disampaikan. Suasana kelas yang interaktif juga perlu diterapkan supaya siswa tidak cepat bosan atau monoton.

2. Berbasis Kompetensi

Pembelajaran berbasis kompetensi dibuat untuk mendukung akademik siswa selama belajar daring. Melalui pembelajaran tersebut, nantinya siswa dapat mencapai kompetensi yang telah ditentukan.

Kompetensi belajar telah disesuaikan dengan metode pembelajaran secara daring. Umumnya siswa harus bisa mencapai kompetensi seperti kerja sama, komunikatif, kreatif serta berpikir kritis.

3. Pembelajaran Hybrid

Metode pembelajaran daring yang efektif ini merupakan kombinasi dari pembelajaran daring dan tatap muka. Pembelajaran hybrid ini cukup efektif diterapkan ketika pandemi Covid-19 untuk mengurangi jumlah siswa di kelas.

Proses belajar mengajar biasanya dilakukan dengan tatap muka di kelas oleh sebagian siswa, sisanya pembelajaran akan diterapkan daring. Tentunya pelaksanaan metode pembelajaran sudah mendapat persetujuan satgas setempat untuk zona kuning dan hijau.

4. Pembelajaran Study Tour

Jika ingin suasana kelas semakin menyenangkan, guru dapat mengajak siswa melakukan study tour secara virtual. Metode ini bisa diterapkan sebagai selingan agar siswa tidak jenuh saat mempelajari materi.

Guru bisa menunjukkan video yang berkaitan dengan wisata di Indonesia maupun negara lain. Selain itu, guru juga bisa memberi penjelasan mengenai tayangan video tersebut agar siswa tetap belajar.

Demikian pembahasan mengenai metode pembelajaran daring yang efektif. Tentunya guru atau siswa perlu menyiapkan perangkat dan koneksi internet. Tidak hanya itu , guru juga harus berkomunikasi dengan orang tua untuk memantau proses belajar siswa di rumah.

Plagiarism:

Sources:

https://suneducationgroup.com/app/sun-media-app/news-app/manfaat-online-learning/
https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/metode-pembelajaran-daring/

Share this post