als - new
metode pembelajaran blended learning

Simak Penjelasan Mengenai Metode Pembelajaran Blended Learning beserta Manfaatnya

Dalam era digital yang semakin maju ini, pendidikan telah mengalami perubahan signifikan. Salah satu perubahan terbesar adalah munculnya metode pembelajaran blended learning. Metode ini telah kerap dipakai pada masa kini, namun belum banyak orang yang memahami pengertiannya.

Metode blended learning menggabungkan pendekatan tradisional dalam pembelajaran tatap muka dengan penggunaan teknologi dan media digital. Kedua hal tersebut jika disatukan maka akan membentuk sebuah metode pembelajaran yang bernama blended learning. Simak ulasan lengkapnya berikut:

Apa Itu Metode Pembelajaran Blended Learning?

Metode ini merupakan pendekatan yang menyatukan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online. Dalam metode ini, siswa menghabiskan waktu di kelas dengan guru mereka seperti biasa. 

Di lain sisi, siswa juga mendapatkan pendidikan melalui platform online. Penggunaan platform online ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman siswa dan mengakses sumber daya pendidikan tambahan. 

Hal tersebut dapat berupa modul online, video pembelajaran, forum diskusi, atau bahkan kelas virtual. Baik secara langsung maupun online, tentunya sama-sama bermanfaat.

Beragam Aspek Penting yang Perlu Disiapkan Untuk Penerapan Metode Blended Learning

Jika ingin menerapkan metode pembelajaran tersebut dengan baik, maka ada beragam aspek penting yang harus disiapkan. Beberapa hal penting yang perlu disiapkan saat menerapkan metode pembelajaran blended learning adalah sebagai berikut:

1. Infrastruktur Teknologi

Adanya infrastruktur teknologi yang memadai, termasuk akses internet yang stabil dan perangkat komputer atau tablet perlu diperhatikan. Pastikan bahwa siswa mempunyai perangkat dan aplikasi yang kompatibel dengan kebutuhan pembelajaran.

2. Platform Pembelajaran Online

Guru bisa memilih dan mempersiapkan platform pembelajaran online yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Platform tersebut harus memungkinkan siswa untuk mengakses semua materi yang dibutuhkan

Pastikan juga platform tersebut mudah digunakan dan memiliki fitur-fitur yang mendukung proses pembelajaran. Dengan kemudahan antarmuka aplikasi atau platform yang digunakan, maka siswa bisa lebih memahami cara penggunaannya dengan cepat.

3. Materi Pembelajaran

Pengajar bisa merancang dan mempersiapkan materi pembelajaran yang sesuai dengan metode blended learning. Materi tersebut haruslah dapat diakses secara online dan sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan.

4. Pelatihan untuk Guru

Guru perlu memahami cara mengelola platform, mengunggah materi pembelajaran, berinteraksi dengan siswa secara online, dan menggunakan alat bantu pembelajaran digital. Dukungan teknis dan pelatihan yang memadai akan membantu guru dalam mengimplementasikan metode blended learning dengan efektif.

5. Rencana Pembelajaran

Guru bisa merencanakan dengan baik bagaimana waktu dan interaksi antara pembelajaran tatap muka dan online akan dilakukan. Pastikan bahwa rencana tersebut dapat memastikan keterlibatan siswa dan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Manfaat Metode Blended Learning

Metode pembelajaran blended learning ini memiliki beberapa manfaat yang signifikan. Berikut adalah beberapa manfaat utama yang perlu diketahui bersama:

1. Waktu dan Tempat yang Fleksibel

Metode pembelajaran blended learning memberikan fleksibilitas kepada siswa untuk belajar secara mandiri dan mengatur waktu mereka sendiri. Mereka dapat mengakses materi pembelajaran secara online, mempelajarinya sesuai kecepatan mereka sendiri, dan mengulang materi jika diperlukan.

2. Siswa Dapat Lebih Aktif Saat Pembelajaran

Dengan kombinasi pembelajaran online dan tatap muka, metode blended learning mendorong keterlibatan siswa yang lebih tinggi. Materi pembelajaran yang disajikan secara interaktif dan menggunakan teknologi yang menarik membuat siswa lebih tertarik dan terlibat dalam proses pembelajaran.

Siswa dapat menggunakan media digital, video, simulasi, dan aktivitas interaktif lainnya untuk memperkuat pemahaman dan mengembangkan keterampilan. Semakin aktif, maka siswa akan mendapatkan ilmu yang kian banyak.

3. Siswa Dapat Memahami Kelemahannya

Metode blended learning memungkinkan pendekatan pembelajaran yang lebih individual. Siswa dapat mengakses materi pembelajaran online sesuai kebutuhan mereka dan belajar dalam kecepatan mereka sendiri. Guru juga dapat mendukung secara individual melalui platform online.

Pendekatan ini membantu siswa untuk fokus pada kelemahan mereka dan memperbaiki pemahaman mereka secara lebih efektif. Siswa juga tak akan malu karena kelemahannya tidak dapat diketahui oleh teman-temannya.

Demikian ulasan lengkap mengenai pengertian dari metode pembelajaran blended learning beserta aspek-aspek yang perlu diperhatikan dan manfaatnya. Dengan manfaat-manfaat yang ditawarkannya, metode blended learning menjadi pilihan yang semakin populer dan efektif dalam konteks pendidikan.

Share this post