als - new
metode pembelajaran bahasa inggris yang menarik

7 Metode Pembelajaran Bahasa Inggris yang Menarik Untuk Ditiru

Metode pembelajaran cukup penting untuk anak apalagi bahasa inggris. Ada beberapa metode pembelajaran bahasa inggris yang menarik. Tentu dengan pembelajaran yang menarik akan membuat anak lebih semangat belajar.

Sekarang sudah banyak dan umum pembelajaran bahasa inggris yang bisa membantu anak dalam meningkatkan kemampuannya. Sebelum itu, tentu perlunya mengetahui terlebih dahulu beberapa metodenya. Berikut ulasannya: 

1. Grammar Translation Method

GMT ini  menjadi metode pembelajaran bahasa Inggris yang menarik dan paling banyak digunakan oleh para pemula. Hal ini dikarenakan GMT mudah dipahami dan pembelajarannya tidak rumit. Nantinya siswa juga diajak menghafal dialog agar mengetahui artinya secara jelas.

Metode ini lebih mengedepankan tata bahasa atau bisa disebut grammar. Selain mengetahui tata bahasanya pada grammar translation method ini terdapat alibase yang dapat digunakan untuk mengetahui beberapa kata.

Pada dasarnya materi yang diberikan oleh guru mengenai pembelajaran bahasa Inggris tentu akan menggunakan beberapa rumus. Selain itu  juga diajarkan mengenai ahli bahasa dengan menggunakan proses menulis dan membaca dalam bahasa Inggris.

2. Audio Lingual Method

Metode pembelajaran bahasa inggris yang menarik kedua ada audio lingual method yang juga bisa digunakan untuk pembelajaran bahasa Inggris lebih efektif. Metode ini menggunakan beberapa bahasa bayi untuk mempercepat dalam proses pembelajaran bahasa Inggris.

Guru akan memberikan instruksi untuk mengikuti beberapa dialog yang sudah diberikan sebelumnya. Instruksi yang diberikan itu berupa pose, mimik wajah dan berbagai hal lainnya.

Bukan hanya itu saja siswa juga diminta untuk berpikir keras mengenai isi dialog dalam waktu yang singkat. Jika sudah dihafal nanti barulah kata-kata diberikan sesuai dengan dialog yang tersedia untuk dituliskan di dalam kertas.

3. Silent Way

Silent way juga menjadi metode pembelajaran bahasa Inggris yang terbilang menarik. Metode ini biasa disebut metode powerful. Biasanya guru menggunakan metode ini untuk dijadikan sebagai media mengajar dengan cara berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris.

Metode ini memiliki konsep yang hampir sama dengan audio lingual method. Metode ini juga mengajarkan siswanya agar dapat memperbaiki diri atas kesalahan yang telah dibuat saat menggunakan bahasa Inggris.

4. Total Physical Response

Metode ini digunakan guru saat akan memerintah anak muridnya. Nantinya guru tersebut akan memerintah dengan menggunakan bahasa Inggris. Dengan adanya hal tersebut lama-kelamaan anak akan merespon dengan menggunakan bahasa Inggris juga.

Hal ini akan diucapkan beberapa kali agar anak atau siswa lebih terbiasa dengan perintah tersebut. Diharapkan siswa mampu melaksanakan perintah yang sudah diberikan oleh guru. Hal ini dikarenakan metode diberikan sesuai dengan ajaran yang mewajibkan menggunakan bahasa Inggris.

5. Menonton Film

Dengan menonton film juga menjadi sebuah metode pembelajaran bahasa Inggris agar lebih cepat memahami kosakatanya. Tanpa diketahui bahwa  menonton film ini tidak hanya untuk hiburan saja, namun bisa digunakan untuk belajar mempelajari kosakata.

Jika ingin belajar bahasa Inggris pastikan film yang ditonton juga menggunakan bahasa Inggris. Selain bahasa Inggris belum juga banyak memberikan referensi bahasa yang dapat dipelajari. Maka dari itu perlunya menonton film dalam berbagai genre apapun.

6. Mendengarkan Musik

Bukan hanya film dengan mendengarkan musik juga menjadi metode pembelajaran bahasa Inggris yang cukup menyenangkan. Biasanya musik Ini digunakan seorang guru untuk melakukan sebuah proses belajar mengajar di sekolah.

Apalagi sekarang sudah cukup populer lagu-lagu Barat yang sering didengarkan oleh masyarakat Indonesia. Pastikan saat mendengar lagu tidak menggunakan liriknya dan kemudian tulis ulang sesuai dengan lirik yang didengar.

Apabila sudah selesai ditulis Lihatlah beberapa kosakata yang salah dan yang benar. Lakukan secara berulang agar memiliki kemampuan writing dan listening. Nah, hal inilah yang membuat cepat memahami penggunaan kata dalam bahasa inggris.

7. Membaca Novel/Buku

Membaca novel atau buku juga menjadi salah satu kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan bahasa Inggris. Membaca novel sekarang ini menjadi hal yang wajar karena banyak siswa yang lebih memilih membaca novel dibandingkan buku sekolah.

Membaca novel ini menjadi salah satu hal yang cukup ampuh karena memiliki struktur bahasa yang rumit dan banyak menggunakan istilah yang jarang ditemui.

Nah, itulah 7 metode pembelajaran bahasa Inggris yang menarik dan mudah dipahami. Selain mudah dipahami metode diatas bisa diterapkan untuk anak usia dini hingga dewasa. Pilih metode diatas sesuai dengan kesukaan dan minat dari diri sendiri.

Share this post