als - new
metode mengajarkan anak membaca

Inilah Metode Mengajarkan Anak Membaca yang Efektif, Orangtua Juga Harus Kreatif

Belajar membaca sejak dini bagi anak tentu bisa diterapkan, dimulai dari pembelajaran bersama orangtua. Namun tentunya diperlukan metode mengajarkan anak membaca yang memberikan hasil efektif. Untuk itu, coba beberapa metode ajar baca berikut ini:

1. Belajar Membaca Dengan Mendengarkan

Saat anak baru mulai membaca, anak tidak akan langsung mengenali kata dan huruf. Jika apalagi jika pengajaran dilakukan di usia 1 sampai 3 tahun. Dalam tahapan ini maka, orangtua harus mengandalkan kemampuan lain yang dimiliki oleh anak melalui stimulus lain.

Salah satu metode mengajarkan anak membaca yang terbaik adalah dengan memaksimalkan pendengaran anak. Orangtua bisa melakukannya dengan metode membaca cerita dengan keras. Saat membaca, intonasi harus ekspresif dan diselingi dengan menunjuk gambar yang sesuai dengan kata yang dibaca.

2. Belajar Membaca Dengan Bernyanyi dan Menari

Seperti kebanyakan pendidikan yang ditemukan di TK ataupun PAUD, anak-anak akan lebih banyak bernyanyi dan menari. Lagu yang memiliki nada ceria dengan gerakan yang sederhana akan lebih mudah diterima oleh anak.

Dari sini, bernyanyi dan menari bisa menjadi metode mengajarkan anak membaca yang efektif. Tampilkan lirik lagu sambil menyanyikannya dan juga sambil menari kecil. Lama kelamaan, anak akan menjadi terbiasa dengan lirik lagu yang ada dalam lagu tersebut.

3. Belajar Membaca Informasi Dua Arah

Beberapa anak merasa lebih senang jika terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran seperti ini juga sudah terbukti ampuh untuk diterapkan dalam sebagian besar pembelajaran. Untuk itu, saat belajar membaca lakukan konsep informasi dua arah.

Anak tidak hanya harus menerima apa yang diajarkan, tapi anak juga bisa memberikan respon. Misalnya saja, belajar membaca melalui cerita yang dibacakan. Setelahnya, anak bisa diberikan pertanyaan terkait bacaan yang baru saja dibacakan sehingga anak bisa menanggapi.

4. Belajar Membaca Dengan Permainan yang Seru

Anak zaman sekarang sangat akrab dengan gadget. Hal ini sebenarnya membawa pengaruh yang kurang baik bagi anak. Namun sisi positifnya, game yang ada di gadget bisa dimanfaatkan sebagai media anak untuk belajar membaca.

Sekarang sudah banyak game yang memfasilitasi anak untuk belajar membaca. Jika anak lebih suka berhadapan dengan gadget, maka orangtua bisa memilih game seperti ini. Dengan begitu, anak tidak hanya main gadget tapi juga bisa menumbuhkan kemampuan membacanya.

5. Belajar Kata dari Gambar

metode mengajarkan anak membaca selanjutnya adalah dengan memperkenalkan kata melalui gambar. Anak kecil akan lebih mudah mengenali nama benda saat melihat gambarnya. Jika anak sudah mengenali benda dari gambar, akan lebih mudah untuk memperkenalkan katanya.

Metode ini bisa dilakukan dengan berbagai media. Biasanya buku mengenal kata sudah disusun sesuai dengan pembelajaran yang dibutuhkan. Satu halaman berisi gambar yang besar disertai dengan keterangan nama benda di bawahnya membantu anak mengenal bentuk katanya.

6. Belajar Kata Dengan Mainan

Selain dengan gambar, metode pengenalan kata juga bisa dilakukan dengan mainan. Jika game di gadget bukan pilihan yang cocok maka, permainan biasa bisa menjadi opsi lainnya. Biasanya permainan seperti ini juga dilengkapi dengan gambar dan susunan katanya.

Banyak pilihan mainan yang bisa dimanfaatkan untuk belajar membaca. Misalnya saja blok kata, atau huruf magnet. Orangtua bisa mengajak anak bermain tebak-tebakan atau menuntun akan menyusun kata di papan magnet.

7. Belajar Membaca Sambil Menulis

Belajar membaca sangat lekat dengan belajar menulis. Saat anak masuk SD, anak yang sudah bisa membaca dan menulis tentu akan sangat membantu dalam pembelajaran di sekolahnya. Metode ini juga sekaligus bisa membantu anak untuk lebih mudah mengenali bentuk kata.

Jadi, saat mengajarkan anak membaca sebaiknya sambil ajarkan menulis juga ya. Dengan begitu, anak akan lebih mudah mengenali bentuk huruf dan cara menggabungkannya menjadi sebuah kata. 

8. Belajar Kata Dari Hal Kesukaan Anak

Yang terakhir adalah metode belajar membaca melalui hal yang disukai oleh anak. Banyak sekali alternatifnya, misalnya saja buku kesukaan, film kesukaan, atau juga lagu kesukaan.

Orangtua bisa mengajak  anak untuk membaca, menonton, atau menyanyi bersama. Kemudian dari bagian kesukaan anak, ambil kata yang dikenali oleh anak. Ajak anak untuk mengeja dan menulisnya sehingga anak benar-benar mengerti.

Nah itulah beberapa metode mengajarkan anak membaca yang sudah terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan baca anak. Belajar membaca seperti belajar lain yang tidak hanya mengajarkan teori. Anak harus merasa nyaman dan senang sehingga lebih mudah mengerti.

Share this post