als - new
menu bekal anak tk sederhana

Inspirasi Menu Bekal Anak TK Sederhana Selain Nasi, Yuk Dicoba!

Meskipun bukan picky eater, anak TK pasti mudah bosan jika dibawakan bekal itu-itu saja ke sekolah setiap harinya. Orangtua harus berusaha menyiapkan menu bekal anak TK sederhana namun bervariasi, yang tentunya tak harus selalu nasi.

Bahan-bahan seperti mie, pasta, roti, sosis, atau apapun yang disukai oleh anak bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Orangtua tinggal pintar-pintar memadupadankannya bahan tersebut dengan sayuran dan bahan lainnya. Lantas, apa saja rekomendasi menu bekal sederhananya?

1. Sandwich Ala Jepang

Menu ini biasa disebut ‘Fuwa Fuwa Tamago Sandwich’. Jika biasanya sandwich diberi isian daging, sandwich ini diisi dengan telur rebus yang dihancurkan dengan mayones dan susu. Selain roti dan ketiga bahan tersebut, apakah bahan lainnya?

Untuk menambah rasa sandwich, gunakanlah keju parut, garam, lada, serta madu. Selain roti, campurkan semua bahan dalam mangkok. Jika sudah, campuran tersebut bisa dioleskan ke roti. Setelah ditumpuk sehelai roti lagi, belah sandwich menjadi segitiga.

2. Oatmeal Jar

Jika anak menyukai oatmeal, menu bekal anak TK sederhana yang bisa dibuat adalah oatmeal jar. Menu ini dikenal dengan overnight oatmeal, yakni oatmeal yang dibuat malam hari dan baru dikonsumsi ketika pagi atau siang hari.

Siapkan Greek yogurt atau yogurt polos, oatmeal, susu sapi, ekstrak vanili, garam, dan madu. Campurkan semua bahan-bahan sesuai selera dalam sebuah wadah, dan diamkan semalaman di kulkas. Oatmeal ini akan nikmat untuk dinikmati keesokan harinya.

3. Mie Goreng Ayam

Mie biasanya merupakan menu makanan favorit anak-anak. Jika anak mulai tak bersemangat makan bekal nasi, mie goreng ayam bisa menjadi penyelamat. Sebab, cara membuatnya mudah, bahan-bahannya pun sederhana, dan tentu hasilnya akan menarik minat anak-anak. Menu tersebut bisa dijadikan pilihan untuk menu bekal anak tk sederhana.

Siapkanlah minyak zaitun, paprika, brokoli, kacang polong, mie telur, dan ayam suwir. Untuk bumbu, siapkan kecap asin, jeruk nipis, madu, garam, dan lada hitam. Untuk mulai memasak, rebuslah mie sembari memanaskan minyak zaitun dalam wajan.

Potonglah sayuran, lalu oseng bersama minyak zaitun. Tambahkan kecap asin, garam, lada hitam, madu, suwiran ayam dan perasan jeruk limau. Setelahnya, masukkanlah mie, tumislah sampai semuanya tercampur rata. Angkat dan sajikan jika dirasa sudah enak.

4. Mac and Cheese

Cobalah untuk menyajikan menu bekal anak TK sederhana berupa mac and cheese sebagai bekalnya jika anak sudah mulai pilih-pilih makanan. Agar anak tetap mengkonsumsi sayur, orangtua bisa memasukkan sayur kale yang kaya akan kandungan gizi.

Bahan yang dibutuhkan adalah kale, bawang putih, pasta makaroni, susu murni, mustard, minyak zaitun, keju cheddar parut, dan perasan lemon. Tumislah sayuran kale dengan sedikit minyak zaitun, bawang putih, dan sedikit perasan lemon di akhir.

Buatlah mac and cheese dengan mencampur makaroni dan susu hingga makaroni melunak. Setelah matang, lelehkan mustard dan keju lalu campurkan dengan kale yang sudah dimasak. Jika sudah selesai, dinginkan dahulu sebelum dimasukkan ke kotak bekal.

5. Gimmari

Gimmari merupakan camilan Korea Selatan yang mirip dengan risoles namun isinya adalah mie atau bihun. Untuk membuatnya, sediakan sebungkus mie goreng instan, beberapa lembar rumput laut (nori), tepung terigu/serbaguna, garam, biji wijen, dan minyak goreng.

Cara membuat menu bekal anak TK sederhana ini mudah. Masaklah mie, campurkan dengan bumbunya lalu sisihkan. Ambil nori, isi dengan mie, gulung, dan rekatkan nori menggunakan sedikit air. Kemudian, buatlah adonan campuran tepung dengan air.

Baluri gulungan nori dengan adonan tepung tersebut. Jika sudah, panaskanlah minyak dan goreng gulungan nori hingga warnanya kecoklatan. Angkat dan tiriskan ketika gulungan nori sudah matang. Taburilah wijen saat sudah disajikan dalam kotak makan anak.

6. Telur Gulung Sosis

Menu bekal anak tk sederhana yang terakhir yaitu telur gulung sosis. Sosis merupakan salah satu makanan ready to eat yang banyak disukai anak-anak. Untuk membuatnya, siapkanlah beberapa butir telur, sayuran (wortel/daun bawang), bawang merah dan putih, serta bumbu berupa garam dan merica.

Setelah mencincang halus semua bumbu, campurkan dengan telur, dan masak seperti dadar tipis hingga matang. Lalu, setelah sosis digoreng dan matang, gulunglah sosis dengan lapisan dadar. Jika sudah, potong-potong gulungan tersebut agar lebih mudah dimakan.

Makanan yang bisa disajikan sebagai menu bekal anak TK sederhana sebenarnya ada banyak sekali jumlahnya. Orangtua tinggal pintar-pintar mencari, menyeleksi, dan membuat bekal menggunakan resep yang ada agar anak tak cepat bosan dengan menu bekalnya.

Share this post