als - new
mengapa pendidikan anak usia dini itu penting

Mengapa Pendidikan Anak Usia Dini itu Penting? Temukan Jawabannya dalam Ulasan Dibawah Ini

Mengapa pendidikan anak usia dini itu penting? Terdapat banyak alasan dalam menjawab pertanyaan tersebut. Periode usia dini sendiri merupakan masa emas bagi tumbuh-kembang anak.

Terhitung sejak anak beranjak dari usia 0 tahun hingga 5 tahun. Dimana intelegensi dan karakter anak mulai terbentuk secara perlahan termasuk menerima pengaruh lingkungan sekitar.

Untuk itu, sejumlah alasan bisa menjawab kepentingan pendidikan anak usia dini. Mari simak penjabaran dalam ulasan berikut.

Kepentingan Pendidikan Anak Usia Dini

Seperti yang disinggung, pendidikan anak usia dini yang kemudian dikenal dengan sebutan PAUD memiliki manfaat untuk si kecil. Setidaknya ada 4 alasan yang mendasari mengapa pendidikan anak usia dini itu penting.

1. Melatih Kemampuan Fisik dan Mental

Alasan pertama mengapa pendidikan anak usia dini itu penting adalah dengan memasukkan anak ke PAUD secara tidak langsung kemampuan fisik atau motorik dan mental bisa terlatih. PAUD mempunyai metode yang dapat meningkatkan perkembangan motorik anak salah satunya motorik kasar dan halus.

Tentu ini menjadi langkah awal yang baik untuk tumbuh-kembang anak, terlebih bagi orang tua yang kurang memiliki waktu luang bersama. Selama di PAUD anak akan berinteraksi dengan lingkungan termasuk guru dan teman sebayanya.

Anak juga dibekali berbagai macam pemahaman sesuai dengan usianya. Rasa penasaran yang di diri si kecil bisa langsung ditanyakan kepada guru.

2. Sebagai Persiapan Jenjang Pendidikan Lanjutan

Alasan mengapa pendidikan anak usia dini itu penting yang kedua adalah dengan belajar sejak dini, si kecil yang penuh rasa ingin tahu semakin siap menerima berbagai jenis informasi. Baik itu yang didapatkan saat di PAUD, di rumah, dan di sekolah.

Rasa semangat yang terbentuk dari penerapan metode pendidikan anak usia dini bisa membuat anak tidak “shock” memahami pelajaran. Potensi diri juga dapat terbentuk karena terbiasa dengan sistem belajar.

3. Meningkatkan Intelektual dan Emosional Anak

Alasan mengapa pendidikan anak usia dini itu penting yang ketiga terletak pada kemampuan intelektual dan emosional. Dimana peningkatan intelektual didasarkan pada kemampuan otak sekitar 80% dalam menyerap informasi dan ilmu pengetahuan yang diberikan.

Belum lagi kreativitas yang muncul di setiap rasa penasaran sehingga melahirkan ide dan karya yang spesial.

Sementara dari sisi emosional, rasa sabar dan mandiri yang tertanam secara tidak langsung teraplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

Interaksi sesama teman dan guru turut menambah kemampuan komunikasi anak di masa mendatang. Bahasa-bahasa yang baik di lingkungan PAUD akan diingat dalam memori sebagai media komunikasi bernilai positif.

4. Membantu dalam Pembentukan Karakter

Alasan terakhir, orang tua bisa merasakan perubahan karakter anak selama di PAUD. Dengan selektif memilih pendidikan anak usia dini maka di masa mendatang bukan tidak mungkin si kecil menjadi seseorang yang bijaksana.

Mungkin kepintaran itu terlihat baik, namun kebijaksanaan dan karakter yang positif justru membawa kebaikan untuk dirinya sendiri. Disiplin, jujur, dan komunikasi yang sopan kepada orang-orang sekitar dapat terangkai dengan apik.

Keberhasilan Pendidikan Anak Usia Dini 

Sejumlah alasan mengapa pendidikan anak usia dini itu penting tidak dapat dipisahkan dari beberapa faktor. Dimana keberhasilan tidak terbatas pada anak yang dipercayakan pada PAUD.

Meskipun institusi PAUD yang dipilih bukan sembarangan, memiliki kurikulum terbaik dalam penerapannya. Baik berupa kurikulum teknologi, ilmu pengetahuan, praktik, maupun membaca-menulis-berhitung.

Guru juga harus mumpuni dalam mengambil hati anak-anak agar setiap ilmu dan informasi yang diberikan terserap dengan benar. Guru harus sabar dengan komunikasi yang baik sampai anak memahami.

Di samping kurikulum dan guru, ayah dan ibu tidak boleh lepas kontrol atau acuh terhadap perkembangan anak. Sebisa mungkin walau sibuk, pastikan selalu memantau anak.

Apabila faktor-faktor tersebut bisa dijalankan secara baik maka anak dapat menjadi orang sukses tanpa menghilangkan karakter positif dalam dirinya. Masa emas usia dini paling berpengaruh dalam setiap perkataan dan tindakan di generasi mendatang.

Anak nanti bisa menyelesaikan masalah dan tantangan apapun yang menerjang hidup dengan cara-cara positif. Namun pendidikan yang tidak dibarengi nilai positif, dapat membawa anak ke jurang negatif. 

Itulah alasan mengapa pendidikan anak usia dini itu penting dan faktor-faktor keberhasilan. Siapapun orang tua tidak ada yang menginginkan buah hatinya menjadi seseorang yang menyusahkan. Baik untuk diri sendiri, orang terdekat, maupun orang lain.

Share this post