als - new
melatih anak untuk fokus

8 Cara Efektif Dalam Melatih Anak Untuk Fokus, Orang Tua Harus Tahu

Melatih anak untuk fokus penting untuk diterapkan sedari dini. Hal tersebut akan menunjang keberhasilan pada akademik dan perkembangan pribadi anak. Namun, dengan berbagai gangguan modern seperti teknologi dan banyaknya rangsangan eksternal, anak-anak acapkali kesulitan untuk tetap fokus.

Untungnya, ada beberapa cara efektif melatih anak untuk fokus yang dapat digunakan oleh orang tua. Di bawah ini telah disediakan delapan cara efektif untuk melatih anak agar fokus:

1. Membatasi Penggunaan Gadget

Cara efektif melatih anak untuk fokus yang pertama yaitu, memperhatikan penggunaan gadget yang berlebihan tidak baik untuk anak. Batasi waktu yang dihabiskan anak-anak untuk menonton televisi, bermain game, atau menggunakan gadget. Anak akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat dan memperkuat kemampuan fokus mereka.

2. Memberikan Instruksi yang Jelas

Berikan instruksi yang jelas dan tegas saat memberikan tugas atau pekerjaan rumah agar anak memahaminya dengan baik. Buatlah panduan langkah demi langkah agar mereka dapat mengikuti dengan lebih baik, sehingga mereka dapat fokus pada tugas yang diberikan.

3. Menggunakan Teknik Pembagian Waktu

Melatih anak untuk fokus juga bisa dengan menggunakan teknik pembagian waktu yang sederhana, seperti metode “Pomodoro”. Di mana anak akan bekerja selama periode waktu tertentu dengan fokus penuh, dan kemudian beristirahat sejenak sebelum melanjutkan lagi.

Penting bagi anak-anak untuk belajar mengelola waktu mereka dengan baik. Ini akan membantu meningkatkan konsentrasi mereka selama periode kerja dan memperkuat kemampuan mereka untuk tetap fokus. 

4. Menciptakan Lingkungan yang Aman dan Nyaman

Menciptakan lingkungan yang tenang dan bebas gangguan di sekitar anak adalah kunci untuk membantu mereka fokus. Matikan televisi, putar musik instrumental yang menenangkan, dan pastikan mereka memiliki meja atau ruang kerja yang nyaman dan terorganisir.

Dengan menghilangkan gangguan eksternal, anak-anak akan lebih mudah berkonsentrasi pada tugas-tugas mereka. Suasana yang kondusif juga akan menenangkan pikiran anak sehingga mudah dalam melatih daya fokus.

5. Melatih Kemampuan dalam Memecahkan Masalah

Kemampuan anak-anak untuk fokus seringkali dipengaruhi oleh kemampuan mereka dalam memecahkan masalah. Latih anak-anak untuk memecahkan masalah dengan memberikan mereka teka-teki, pertanyaan logika, atau kegiatan yang merangsang pemikiran kreatif.

Dengan melatih kemampuan pemecahan masalah, anak-anak akan belajar untuk tetap fokus dalam mencari solusi. Anak juga terlatih terus motoriknya saat berusaha memecahkan masalah.

6. Mengajarkan Teknik Pernapasan dan Relaksasi

Teknik pernapasan dan relaksasi dapat membantu anak-anak mengendalikan stres dan meningkatkan kualitas fokus mereka. Ajarkan mereka teknik pernapasan dalam dan luar yang dalam, serta cara mengambil napas dalam-dalam dan menghembuskan napas perlahan.

Latihan pernapasan ini dapat digunakan ketika mereka merasa terganggu atau terlalu tegang, sehingga mereka dapat kembali fokus dengan lebih baik. Teknik tersebut jika dilakukan secara konsisten, maka anak akan bisa melatih fokus dengan sendirinya.

7. Memberikan Contoh yang Baik

Anak-anak sering kali meniru perilaku orang dewasa di sekitar mereka. Oleh karena itu, orang tua harus memberikan contoh yang baik dengan menunjukkan fokus yang baik dalam pekerjaan dan kegiatan sehari-hari.

Tunjukkan dedikasi dan ketekunan dalam menyelesaikan tugas dan berikan perhatian penuh ketika berinteraksi dengan anak-anak. Ini akan memberi mereka teladan yang kuat untuk mengembangkan kemampuan fokus mereka.

8. Mengajak Olahraga atau Kegiatan Fisik Lainnya

Cara melatih anak untuk fokus yang terakhir yaitu dengan olahraga dan kegiatan fisik memiliki dampak positif pada kemampuan fokus anak. Melibatkan anak dalam kegiatan olahraga atau kegiatan fisik lainnya, seperti yoga atau tarian, dapat membantu meningkatkan konsentrasi mereka. Dengan melakukan olahraga, kesehatan anak juga bisa meningkat.

Bahkan olahraga juga memiliki banyak manfaat lainnya. Seperti contoh bisa meningkatkan aliran darah ke otak, dan merangsang pelepasan endorfin yang meningkatkan suasana hati dan fokus.

Melatih anak untuk fokus adalah suatu proses yang membutuhkan kesabaran dan konsistensi. Dengan menerapkan delapan cara efektif yang terpapar di atas, orang tua dapat membantu anak mengembangkan kemampuan fokus yang lebih baik.

Pemberian perhatian dan dukungan yang tepat, orang tua dapat membantu anak untuk tumbuh menjadi individu yang tepat. Anak akan terlatih fokus, produktif, dan berhasil dalam kehidupan mereka. Cara di atas bisa langsung diikuti oleh orang tua kepada anak untuk melatih anak untuk fokus.

Share this post