als - new
materi belajar bahasa inggris untuk pemula

5 Materi Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula yang Perlu Dipelajari

Belajar sesuatu tentu harus dimulai dari niat yang benar dan mempelajari dari dasarnya. Termasuk untuk belajar sebuah bahasa yang harus dimulai dari dasarnya. Adapun buat yang baru akan memulai belajar bahasa inggris, ternyata terdapat materi belajar bahasa inggris untuk pemula yang wajib dikuasai, berikut diantaranya:

1. Vocabulary

Materi belajar bahasa inggris untuk pemula yang harus dikuasai dasarnya adalah vocabulary. Materi ini, sering disebut juga sebagai kosakata yang dalam pembelajaran bahasa inggris sangat diperlukan.

Jika tidak punya kosakata yang cukup luas, pelajar akan kesulitan untuk mulai berbicara dan menulis bahasa inggris. Ada banyak kosakata yang harus dimengerti dalam bahasa inggris, setidaknya pelajar harus tau mana kosakata yang sering dipakai sehari-hari.

Lakukan pemahaman materi ini secara perlahan namun pasti. Untuk bisa menghafalkan semuanya bisa dilakukan dengan menghafal kosakata untuk tema tertentu seperti benda yang ada di kamar mandi, kemudian beralih ke kata kerja dan lain semacamnya.

2. Grammar

Materi selanjutnya yang patut dikuasai dalam belajar bahasa inggris bagi pemula adalah grammar. Jika mendengar kata grammar, orang pasti akan membayangkan segala macam hal berbau kerumitan. Namun sebagai pemula grammar adalah hal yang penting untuk dikuasai.

Sebagai materi dasar grammar wajib hukumnya dikuasai untuk membentuk kalimat yang benar. Dalam grammar ini juga ada beberapa materi lagi di dalamnya seperti pronoun, kata kerja, kata bantu, dan lain semacamnya.

Biasanya jika sudah mengenai grammar hal yang sangat ditakutkan adalah mengenai tenses. Total kini ada 16 tenses dalam bahasa inggris yang perlu dikuasai agar benar-benar bisa disebut mahir dalam berbahasa inggris. Namun sebagai pemula, paling tidak sudah mengenal minimal 3 tenses dasar.

3. Listening

Setelah belajar dasar dasar yang lain seperti tenses dan vocabulary selanjutnya materi dasar yang wajib dipahami pemula adalah mendengarkan atau listening. Bukan cuma sekedar materi namun listening juga jadi skill yang wajib dikuasai saat berbahasa inggris.

Penerapannya adalah dengan mendengarkan beberapa kosakata dengan penyebutan yang benar dalam bahasa inggris. Meski tampak mudah, namun bahasa inggris ini termasuk sulit untuk dihafalkan karena jika ada salah penyebutan saja, bisa berbeda maknanya.

Melalui latihan seperti mendengarkan, secara langsung pelajar bisa memahami apa yang telah dibicarakan oleh orang lain dalam bahasa inggris. Inilah ilmu yang akan digunakan setiap harinya saat mempelajari bahasa inggris.

Untuk bisa mempelajari materi ini dan menerapkannya tidaklah sulit. Asalkan dibarengi dengan latihan yang dilakukan terus menerus maka skill ini bisa dikuasai dengan baik tanpa perlu waktu yang lama.

4. Reading

Materi belajar bahasa inggris dari dasar untuk pemula lainnya adalah reading. Untuk bisa membaca lancar dalam bahasa inggris tentu harus dipelajari terlebih dahulu tidak bisa asal membaca.

Cobalah berlatih untuk membaca beberapa teks sederhana dari buku berbahasa inggris. Melalui latihan terhadap materi ini seseorang bisa lebih peka dalam struktur kata bahasa inggris.

Dari belajar membaca juga akan timbul suatu kebiasaan dan pembelajaran akan kosakata yang ada dalam bahasa inggris. Terlebih pasti pembaca akan menemukan banyak kosakata baru yang sebelumnya  belum pernah ditemui saat proses belajar dari hanya membaca teks saja.

Perlahan pelajar pemula bisa mendapatkan banyak referensi dalam menulis maupun mengoreksi teks dan kalimat yang dibuat dalam bahasa inggris. Hal tersebut tentunya sangat bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan skill dalam berbahasa inggris.

5. Speaking

Setelah semua materi diatas dikuasai dengan baik, maka pelajar bisa berbicara dengan bahasa inggris dengan lancar. Namun untuk meningkatkan kemampuan speaking ini ada beberapa hal yang perlu diterapkan saat belajar bahasa inggris khususnya speaking.

Mulailah untuk berbicara dalam bahasa inggris dengan diri sendiri, sebelum melakukan pembicaraan dengan orang lain. Latih kemampuan ini secara pribadi lewat skenario sederhana dalam sebuah situasi agar kemampuan berbicara bisa terlatih.

Alternatif lainnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan speaking adalah dengan memperlambat proses membaca. Kenapa ini dilakukan? Tujuannya adalah agar memperbaiki kesalahan saat melafalkan satu persatu kalimat yang ada.

Itulah beberapa materi belajar bahasa inggris untuk pemula yang tidak boleh terlewat untuk dikuasai. Kini kemampuan berbahasa inggris semakin dibutuhkan oleh karena itu, jangan sampai tertinggal untuk belajar bahasa inggris dengan baik.

Share this post