als - new
matematika untuk anak tk

Mengenalkan Matematika Untuk Anak TK dengan 5 Cara yang Seru

Matematika merupakan pelajaran yang tidak disukai banyak anak karena disebut sulit dan membingungkan. Padahal jika diajarkan dengan benar sejak kecil, matematika adalah pelajaran yang menyenangkan. Orang tua bisa mengenalkan matematika untuk anak TK dengan cara yang seru agar anak menyukainya.

Mengenalkan Matematika Untuk Anak TK

Menariknya, perkenalan dengan matematika sejak dini bisa dilakukan dengan cara yang disukai anak seperti bermain. Berikut ada beberapa cara seru untuk mengenalkan matematika untuk anak TK.

1. Berhitung Bersama

Banyak sumber yang menyebutkan untuk bisa mengenalkan matematika untuk anak tk bisa dilakukan dengan cara berhitung bersama. Melalui hal ini diharapkan anak bisa belajar dengan baik mengingat karena ada banyak sekali angka yang jumlahnya mungkin tak terhingga.

Awali dari yang sederhana seperti mengajari matematika untuk anak tk dengan berhitung satu sampai sepuluh. Lakukan berulang-ulang sampai anak bisa mengingatnya dengan baik. Inilah yang dinamakan membangun konsep dasar yang baik.

Ada banyak cara yang bisa membuat anak kenal dengan angka, namun jika langsung berhitung bersama si kecil rasanya akan berbeda. Anak bisa lebih terlibat untuk mendengarkan dan mengikuti orang tuanya.

2. Menyortir

Ajarkan juga si kecil untuk bisa menyortir karena itu bisa membantunya membedakan dan menyamakan benda-benda satu sama lainnya. Dengan begitu anak bisa membandingkan dan membuka pelajaran yang akan ada di masa depannya untuk bisa bekerja dengan ide-ide abstrak.

Tentu ini semua harus diawali dengan permainan sederhana yang melibatkan banyak bentuk, warna serta tekstur. Secara alami, anak akan menyadari jika banyak benda di sekitarnya yang bisa punya kesamaan dan juga perbedaan satu sama lain yang bisa dikelompokkan.

3. Mengukur

Pada usia pra sekolah atau TK, anak akan secara alami memperhatikan di kehidupannya segala sesuatu. Ada yang lebih pendek, ada yang lebih tinggi dan juga ada yang besar serta kecil. Semuanya berbeda satu sama lain dari segi ukurannya.

Ini bisa menjadi pengenal yang baik saat si kecil mulai membandingkan besar ukuran dirinya dengan ukuran dari orang tuanya. Berkat itu si kecil menyadari jika terdapat ukuran yang berbeda antara satu benda dengan benda yang lainnya.

Mempelajari konsep pengukuran bisa memberikan keterampilan yang baik untuk pemecahan masalah. Konsep itu sendiri hadir dari adanya konsep matematika itu sendiri dan secara tidak langsung anak juga sudah belajar matematika.

Untuk membantu konsep itu semakin kuat maka ajari anak soal pengukuran. Gunakan contoh yang sederhana dengan menggunakan takaran gelas atau sendok yang bisa menunjukkan seberapa banyak jumlah suatu bahan yang digunakan saat memasak.

4. Belajar Bentuk

Mengajarkan matematika untuk anak TK dengan berbagai macam bentuk seperti bangun dasar dan juga konsep geometri bisa membangun dasar pemahaman konsep matematikanya. Selain itu keterampilan untuk pemecahan masalah juga bisa lebih diperkuat lagi.

Untuk membantu memecahkan masalah yang kuat itu nama-nama bentuk nama bisa dihafalkan karena banyak bentuk yang berbeda. Untuk itu cobalah kenalkan anak dengan mainan-mainan dengan bentuk yang beragam akan bentuk geometrinya.

Untuk setiap bentuk yang diambil beritahu anak apa nama dari bentuk tersebut dan kenapa dinamai seperti itu. Minta anak ulangi apa yang sudah dijelaskan jika sudah hafal langsung ganti dengan bentuk lainnya. Anak bisa lebih mudah menghafal bentuk dalam waktu yang singkat.

5. Mendengarkan Lagu Berhitung

Sejak dari dulu bahkan dari zaman orang tuanya, lagu dipakai menjadi media belajar yang ampuh untuk anak-anak. Ada banyak lagu yang sengaja dibuat untuk digunakan anak belajar agar bisa familiar dengan sesuatu seperti perhitungan, perkalian, serta angka.

Dengan mendengarkan anak pada lagu-lagu tersebut, lama kelamaan anak akan selalu ingat pada lagu tersebut. Mengenalkan anak pada matematika lewat lagu bisa jadi jalan yang baik apalagi jika anak kesulitan untuk diajak belajar secara langsung.

Gunakan semua jenis lagu yang temanya berkaitan dengan matematika untuk mengenalkannya dengan dasar matematika. Lakukan hal ini sambil dengan memainkan permainan anak yang bisa mengajari mereka tentang matematika.

Itulah beberapa cara dalam mengenalkan matematika untuk anak TK dengan seru. Lakukan ini secara rutin namun jangan sampai dipaksa agar anak lebih merasa nyaman saat belajar apalagi usianya masih kecil.

Share this post