als - new
mengapa kita tidak boleh lupa waktu dalam bermain

6 Alasan Mengapa Kita Tidak Boleh Lupa Waktu Dalam Bermain? Mari, Cari Tahu Alasannya!

Ada banyak sekali alasan mengapa kita tidak boleh lupa waktu dalam bermain di luar. Orang tua tentu tak akan memarahi anak jika sampai lupa waktu dalam bermain jika itu bukan hal buruk. Sebab ada banyak dampaknya. 

Karena ini adalah waktu bermain yang berlebihan, maka dampak yang akan didapatkan juga kebanyakan adalah negatif. Sebab itu harus tahu apa sama alasan atau dampak yang akan didapatkan. Sehingga bisa lebih mudah mengatur waktu. 

1. Dapat Memunculkan Sikap Tidak Disiplin 

Salah satu alasan mengapa tidak boleh lupa waktu dalam bermain adalah karena dapat memunculkan sikap tidak disiplin. Ini tentu sangat sesuai dengan pertanyaan tadi. Karena jika sampai lupa waktu maka termasuk tidak disiplin. 

Tentunya dalam keseharian ada banyak hal yang harus dilakukan, misalnya adalah untuk belajar. Jika terus bermain hingga lupa waktu, maka akan menjadikan lalai terhadap tugas dan kewajiban. Ini akan membuat aktifitas berantakan. 

2. Mudah Terkena Penyakit

Kemudian hal lain yang juga menjadi alasan mengapa kita tidak boleh lupa waktu dalam bermain adalah mudah terkena penyakit. Ini bukan hanya tenang karena bermain di tempat kotor saja. Tapi berhubungan dengan perilaku tidak disiplin. 

Dengan lupa waktu saat bermain, maka sering terjadi lupa makan. Juga cenderung lupa untuk minum dan beristirahat. Hal inilah yang pada akhirnya akan membuat tubuh gampang terkena penyakit. 

Jika ini terus berlanjut, maka akan membuat kondisi tubuh tidak stabil. Apabila tubuh sampai tidak stabil maka akan lebih mudah terserang bakteri maupun virus. Ini akan membuat akan mudah terkena penyakit bahkan tubuh menjadi sering lemah. 

3. Menimbulkan Dosa

Kemudian alasan berikutnya mengapa kita tidak boleh lupa waktu dalam bermain adalah dapat menimbulkan dosa. Dimana bagi seorang muslim ada yang namanya kewajiban lima waktu yakni sholat. Kebanyakan saking asyiknya bermain hingga lupa untuk mengerjakannya. 

Ini tentu sangat dilarang dalam agama, bahkan jika sengaja meninggalkan kewajiban tersebut. Jika meninggalkan kewajiban, maka sama dengan melakukan dosa. Ini yang menjadi salah satu alasan harus ingat waktu. 

4. Menjadikan Malas Beraktivitas

Kemudian hal lain yang juga tak kalah bahaya mengapa kita tidak boleh lupa waktu dalam bermain adalah karena lupa waktu dalam bermain dapat membuat seseorang atau anak tersebut malas beraktivitas. Hal ini karena saat bermain tidak terasa telah menghabiskan banyak waktu. Sehingga tidak melakukan hal apapun kecuali bermain. 

Tak sampai di situ, mungkin sudah berhenti bermain namun karena saking lamanya, maka dirinya pun jadi lelah. Saat sudah lelang tentu tak ingin melakukan hal apa pun. Ini juga yang bisa menjadi seseorang tambahan malas. 

Sebab itu, alangkah baiknya jika orang tua memberikan batasan waktu untuk anak saat bermain. Ini bukan tentang mengekang, namun juga mengajarkan anak tentang kedua. Juga bisa dengan mengajak anak untuk melakukan aktivitas lainnya. 

5. Terpengaruh Oleh Lingkungan

Kemudian alasan mengapa kita tidak boleh lupa waktu dalam bermain berikutnya adalah mendapatkan pengaruh lingkungan. Seperti yang diketahui, bahwa di Indonesia sendiri ada berbagai sikap orang. Ini juga tergantung dari lingkungan. 

Lingkungan yang baik akan memberikan pengaruh yang sama pula. Namun jika bermain hingga lupa waktu maka akan memberi pengaruh buruk. Bagaimanapun lingkungan alam memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan seorang anak. 

Itu sebabnya, bermain dengan kawan boleh saja dilakukan, namun tetap ingat aturan. Selain itu perhatikan bagaimana lingkungan yang menjadi tempat bermain. Jika itu buruk, maka alangkah baik jika menghindar saja. 

6. Mengakibatkan Adanya Pergaulan Bebas 

Alasan mengapa kita tidak boleh lupa waktu dalam bermain yang terakhir tak hanya dapat menimbulkan ketidakdisiplinan saja, namun main hingga lupa waktu juga akan mengakibatkan adanya pergaulan bebas. Ini juga masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Bahwa lingkungan cukup memberikan peran besar. 

Bermain memang sangat diperlukan untuk anak, apalagi jika anak tersebut masih dalam masa pertumbuhan. Ini akan membantu pada proses bersosialisasi. Namun semua juga harus dilakukan sesuai dengan porsinya masing-masing. 

Dimana seorang anak seharusnya sudah ingat kewajiban yang harus ia jaga. Kemudian jika sebagai orang tua, maka alangkah baiknya jika memberi pengawasan yang tepat. Pergaulan bebas menjadi momok yang paling menakutkan.

Demikian adalah alasan mengapa kita tidak boleh lupa waktu dalam bermain yang harus diketahui. Uraian di atas bukan hanya dari sudut pandang seorang yang suka bermain saja. Tapi juga sebagai orang tua yang harus memberikan pengawasan terhadap anak-anaknya. 

Share this post