als - new
kesalahan guru dalam mengajar

Inilah 5 Kesalahan Guru Dalam Mengajar yang Wajib Dihindari!

Kesalahan guru dalam mengajar bisa saja terjadi karena tidak adanya ketidak sengajaan. Namun sebisa mungkin, seorang guru haruslah menghindari yang namanya kesalahan saat proses belajar mengajar sedang berlangsung. Hal itu dikarenakan bisa berdampak buruk bagi siswa di kemudian harinya.

Contohnya saja bisa membuat siswa sulit memahami materi yang disampaikan, atau kesalahan guru dalam mengajar yang fatal bisa membuat hubungan antara guru dan siswa menjadi tidak baik. Oleh karenanya seorang guru haruslah menghindari kesalahan seperti berikut ketika mengajar:

1. Kurang Persiapan

Seorang guru merupakan panutan bagi siswanya, sehingga semua materi yang akan disampaikan akan diingat bahkan akan dicontoh suatu saat nanti. Namun jika guru mengajar dalam kondisi kurang persiapan, maka bisa menimbulkan beberapa masalah.

Contohnya saja seperti, tidak memahami materi yang akan diajarkan kepada siswa, dan gugup ketika sedang menjelaskan materi yang disampaikan. Hal-hal tersebut, pastilah bisa membuat siswa memiliki pemikiran atau kesan yang kurang bagus untuk gurunya.

Jadi, sangat penting seorang guru untuk menyiapkan diri seperti metode pengajaran yang akan disampaikan dan mengurangi kesalahan guru dalam mengajar. Bahkan bahan yang akan digunakan untuk diskusi dan memahami materi pelajaran, juga perlu disiapkan sebelum guru tersebut memulai proses pembelajaran.

2. Tidak Ada Refleksi

Kesalahan guru dalam mengajar yang selanjutnya yakni tidak adanya refleksi saat mengajar. Terkadang seorang guru tidak menyadari, jika ada salah satu siswanya yang tidak memahami materi. Namun dengan keterbatasan waktu, memaksakan untuk mengadakan penilaian sehingga siswa tersebut mendapatkan nilai yang kurang memuaskan.

Padahal sebagai guru, wajib untuk mengadakan refleksi sebelum mengambil penilaian agar mengetahui materi apa yang belum dikuasai oleh siswa. Serta yang pasti, dengan adanya refleksi ini, nilai yang diinginkan oleh guru pastinya dapat tercapai.

Selain itu, jika dalam pembelajaran yang berlangsung tidak mengadakan refleksi sama sekali, maka guru tidak akan mengetahui kemampuan siswa. Bukan hanya kemampuan dalam hal pengetahuan saja, tetapi juga praktek dan perilaku yang siswa itu sendiri.

3. Malas Belajar

Sebagai seorang guru wajib untuk mengikuti perkembangan yang ada. Namun tidak jarang juga ada yang malas akan belajar hal baru, karena merasa sudah cukup dengan pendidikan yang diraih. Hal tersebut merupakan kesalahan yang fatal bagi seorang guru.

Pastinya dengan kesalahan tersebut membuat guru menjadi ketinggalan zaman dan tidak dapat mengajarkan siswa dengan metode yang baru. Hal ini bisa membuat siswa menjadi mudah bosan dalam belajar. Serta sering kali bisa membuat siswa tidak memahami materi.

Jadi sebagai seorang guru, perlu untuk meluangkan waktu sejenak untuk belajar hal-hal baru. Belajar sendiri disini tidak harus sekolah lagi. Namun bisa dilakukan dengan banyak membaca, atau saling berbagi trik dengan teman seprofesi.

4. Kurang Memahami Karakter Siswa

Kesalahan guru dalam mengajar lainnya yaitu kurang memahami karakter dari para siswanya. Biasanya, setiap siswa memiliki karakter dan juga cara belajar yang berbeda-beda. Sebagai guru, wajib untuk mengenali karakter dan juga cara belajar para siswa tersebut.

Tujuannya, agar materi yang disampaikan bisa mudah dipahami oleh siswa. Selain itu, dengan memahami karakter siswa yang diajarkan, maka bisa membuat hubungan antar guru dan murid tersebut terjalin dengan baik.

Jika guru mengetahui karakter siswa masing-masing, maka hal tersebut juga bisa memudahkan untuk mengatasi suatu masalah didalam kelas. Jadi penting sekali sebagai guru untuk mengenal karakter dan mengetahui cara belajar setiap siswanya.

5. Tidak Memperhatikan Semua Siswa.

Kesalahan guru dalam mengajar lainnya adalah ketika sedang mengajar yaitu tidak memperhatikan semua siswanya. Dalam artian, guru hanya memandang satu siswa saja selama berada dalam kelas dan proses belajar mengajar berlangsung. Hal ini bisa berakibat fatal kebelakangnya.

Dikarenakan masalah tersebut bisa saja menjadikan siswa memiliki rasa cemburu. Bahkan bisa juga berakibat hubungan guru dan murid menjadi buru. Selain hubungan guru dan murid tersebut yang tidak baik, bisa juga berakibat hubungan antar siswa juga memburuk.

Jadi jika memang guru tidak dapat memperhatikan siswa secara keseluruhan dikarenakan faktor waktu yang tidak mencukupi, maka bisa bergantian. Guru bisa melakukan pendekatan dengan setiap siswa secara bergiliran untuk mengetahui dan menjalin hubungan baik.

Demikianlah tadi berbagai macam kesalahan guru dalam mengajar yang wajib dihindari agar hubungan guru dan murid bisa terjalin dengan baik. Selain itu, materi yang disampaikan bisa diterima dan dipahami murid dengan cepat dan sempurna.

Share this post