als - new
kebutuhan dasar anak untuk tumbuh kembang

Inilah Kebutuhan Dasar Anak Untuk Tumbuh Kembang yang Sempurna dan Optimal

Sebagai orang tua, haruslah mengetahui kebutuhan dasar anak untuk tumbuh kembang secara optimal sejak dini. Tujuannya sudah pasti agar potensi genetik yang dimiliki si kecil dapat berkembang dengan baik jika kebutuhan dasarnya terpenuhi.

Kebutuhan dasar anak untuk tumbuh kembang sendiri ada 3 macam yang harus terpenuhi. 3 Hal itu yaitu kebutuhan Asah, Asuh dan juga Asih. Penjelasan lebih detail mengenai 3 hal tersebut untuk anak, bisa simak ulasan yang ada dibawah.

1. Kebutuhan Asuh

Kebutuhan dasar anak untuk tumbuh kembang yang pertama dibutuhkan anak dan wajib untuk dipenuhi agar tumbuh kembangnya bisa berjalan optimal yaitu kebutuhan asuhnya. Dimana kebutuhan ini meliputi papan, pangan dan sandangnya. 

Pola asuh sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter dan juga fisik anak. Jadi sebisa mungkin lengkapi kebutuhan asuh anak sebaik mungkin untuk membentuk fisik dan juga jiwa anak. Adapun kebutuhan asuh yang harus dipenuhi yaitu seperti berikut ini:

  • Imunisasi. Sejak anak baru lahir, perlu untuk memperhatikan dan merawat kesehatannya. Salah satu tindakan yang bisa untuk menjaga kesehatannya sejak kecil hingga kelak dewasa yaitu dengan dilakukannya imunisasi secara penuh.
  • Cukup Nutrisi. Selain melakukan imunisasi sejak anak dilahirkan, orang tua juga perlu memenuhi nutrisinya. Dimana nutrisi ini bukan hanya dari ASI eksklusif saja. Namun perlu adanya MPASI yang memiliki gizi dan lain sebagainya.
  • Cukup Istirahat. Sebagai orang tua, juga harus memperhatikan waktu istirahat untuk si kecil. Hal itu dikarenakan istirahat yang cukup masuk dalam poin kebutuhan dasar anak untuk tumbuh kembangnya. Jika anak cukup waktu tidurnya, maka kesehatan dan stamina akan bisa terjaga.
  • Bermain. Anak identik dengan bermain. Biarkan anak bermain, hal itu karena dengan permainan si kecil bisa mengenal lingkungan sekitar. Selain itu, dengan bermain akan juga akan mengenal dunianya dan bisa mengetahui minat dan bakatnya.

2. Kebutuhan Asih

Kebutuhan anak yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya yang selanjutnya yaitu Asih. Maksud dari Asih ini bukanlah Air Susu Ibu. Namun lebih mengarah kepada ikatan batin antara orang tua dan anak untuk kesehatan mentalnya. 

Dengan terpenuhinya kebutuhan Asih akan membuat anak memiliki kontrol yang bagus untuk emosi dalam diri. Selain itu Kebutuhan asih juga penting untuk mental si kecil. Oleh karenanya Kebutuhan Asih sendiri meliputi:

  • Dukungan Emosional. Sebagai orang tua haruslah bisa mendukung anak secara emosional. Tujuannya untuk membentuk kestabilan emosi si kecil. Serta juga menghindari masalah psikis pada anak tersebut dengan tidak menghakimi secara sepihak.
  • Memberikan Pendidikan. Orang tua harus memberikan pendidikan yang bagus dan layak untuk anak. Dikarenakan pendidikan merupakan hak setiap orang/individu. Dengan memberikan pendidikan yang bagus dan layak, pastinya anak akan memiliki karakter dan modal untuk masa depan.
  • Lingkungan Aman. Selain pendidikan dan juga dukungan emosional, orang tua juga harus memberikan lingkungan yang nyaman dan aman untuk anak. Jika anak berada dilingkungan yang aman, pastinya akan membuat si kecil tersebut menjadi ceria dan nyaman dengan sekitarnya.

3. Kebutuhan Asah

Kebutuhan dasar anak untuk tumbung kembang yang ketiga yang perlu diperhatikan yaitu Asahnya. Dimana disini orang tua harus memenuhi kebutuhan yang dapat melatih skill anak atau bakat dan minat si anak sejak kecil. 

Kebutuhan dasar anak untuk tumbuh kembang ini, lebih mengarah pada bekal si kecil untuk masa depannya. Selain untuk kesuksesan anak, di suatu saat juga agar bisa beradaptasi dimanapun si anak berada. Pada kebutuhan asah ini, ada 2 poin yang harus terpenuhi yaitu:

  • Mengajarkan dan Mengenalkan Berbagai Keterampilan. Dalam memenuhi kebutuhan asuh, orang tua harus mengajarkan berbagai keterampilan terhadap anak. Mulai dari empati, bahasa, sosialisasi dan lain sebagainya agar anak mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.
  • Stimulasi. Selain itu, orang tua juga harus memberikan stimulasi sejak kecil atau ketidak anak masih dalam kandungan. Dimana caranya yaitu dengan mengajak bicara meskipun tidak bisa membalas omongan orang tua.

nah itulah tadi berbagai kebutuhan dasar anak untuk tumbuh kembang yang sempurna dan optimal. Dari ketiga kebutuhan tersebut, orang tua wajib untuk memenuhinya untuk bekal anak dari kecil hingga dewasa nantinya.

Share this post