als - new
doa sesudah dan sebelum belajar

Doa Sesudah dan Sebelum Belajar yang Harus Diterapkan Saat Menuntut Ilmu

Memang doa sesudah dan sebelum belajar sangat dianjurkan dalam agama Islam. Hal ini tentu memiliki alasan tertentu yaitu agar lebih mudah dalam memahami serta menerima ilmu dan diberikan keberkahan dalam setiap proses belajar tersebut.

Pada saat proses pembelajaran berlangsung tentunya memerlukan suasana yang nyaman agar mendapatkan hasil sesuai dengan harapan. Untuk pelajar yang beragama muslim tentu harus mengetahui doa sesudah dan sebelum Belajar agar bisa dibaca pada saat proses pembelajaran.

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Sebetulnya ada beberapa doa sesudah dan sebelum belajar. Namun disini akan dijelaskan doa sesudah dan sebelum belajar yang sering digunakan saat melakukan proses pembelajaran. Dengan membaca doa ini tentu akan diperlancar segala kesusahan saat melakukan pembelajaran atau ujian.

Doa perlu dibaca apabila sudah selesai melakukan proses pembelajaran karena agar ilmu yang diterima dan dipelajari menjadi berkah. Dengan membaca doa selesai belajar akan membuat pelajaran yang diterima awet dalam memori atau otak.

Doa Sebelum Belajar dan Artinya

Rodhitu billahirobba, wabil islaamidina, wabi-muhammadin nabiyyaw warosula. Robbi zidnii ‘ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya: “Aku ridha Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik”

Doa Sesudah Belajar dan Artinya

Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya kutitipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku di saat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau membuat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam.”

Manfaat Membaca Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Dalam kehidupan bermasyarakat tentu adab atau akhlak penting untuk dimiliki seorang manusia apalagi yang beragama muslim. Setelah dijelaskan mengenai doa sesudah dan sebelum belajar selanjutnya akan dijelaskan mengenai adab dan manfaat nya. 

1. Niat Belajar Meningkat

Jika sudut akan melakukan sesuatu tentu Membaca niat serta harus dilakukan secara ikhlas agar ilmu yang diterima diberikan keberkahan oleh Allah SWT. Jika niat dalam hati untuk belajar maka yang akan menerima manfaatnya adalah diri sendiri dan juga orang yang ada di sekelilingnya.

2. Lebih Bersungguh-sungguh

Jika sudah niat belajar tentunya juga harus bersungguh-sungguh dalam melakukan suatu tindakan apalagi yang berhubungan dengan belajar. Jika mengerjakan sesuatu dengan bersungguh-sungguh tentu akan mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Dihilangkan Keraguan

Ketika proses belajar terkadang mengalami sebuah keraguan akan sesuatu hal yang dikerjakan. Jika sudah membaca doa sebelum belajar ini akan dihilangkan rasa keraguannya dan lebih percaya diri lagi untuk mengerjakan sesuatu seperti ujian.

4. Diberikan Kemudahan

Dalam mencari ilmu tentu pasti ada rintangan dan gangguan yang dapat menghambat hal tersebut Namun jika masih tetap berada di jalan Allah tentu hal ini bukanlah sesuatu yang sulit untuk diselesaikan.

Maka dari itu jangan lupa selalu membaca doa sesudah dan sebelum belajar. Hal ini perlu diterapkan agar saat menuntut ilmu tidak ada sesuatu yang menghambat.

5. Belajar Menjadi Amalan Baik

Belajar menjadi amalan yang baik dan tentunya seluruh doa yang diucapkan dan dipanjatkan akan mendapatkan amalan yang baik, baik itu berupa pahala maupun terkabulnya seluruh doa. Dengan adanya hal tersebut jangan lupa selalu mengamalkan hal yang baik.

Waktu Paling Baik Untuk Belajar

Dalam Islam ada waktu paling baik untuk belajar. Biasanya orang lebih sering ketika selesai shalat subuh pada jam makan siang serta sore hari. Namun ada waktu yang paling baik adalah malam hari.

Pada malam hari tentu tidak akan ada gangguan suara berisik dan akan lebih fokus pada pembelajaran itu. Kebiasaan belajar pada malam hari Jangan sampai mengganggu jam tidur karena juga tidak baik untuk kesehatan.

Usahakan paling cepat belajar selama 30 menit dan dimulai setelah sholat Isya’. Namun terkadang ada yang memilih tidur terlebih dahulu lalu bangun pada dini hari untuk melakukan proses belajar.

Demikian penjelasan mengenai doa sesudah dan sebelum belajar yang harus diterapkan saat menuntut ilmu. Selain itu di atas juga dijelaskan mengenai manfaat membaca doa sebelum dan sesudah belajar baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Share this post