als - new
contoh program uks sekolah dasar

5 Contoh Program UKS Sekolah Dasar yang Bisa Dipilih

Pada jenjang Sekolah Dasar (SD), biasanya sudah ada UKS untuk keperluan siswa. Sebagai tambahan, program UKS juga dibentuk agar kegiatan dan fungsinya lebih maksimal dan lebih baik. Contoh program UKS sekolah dasar sudah banyak dan bisa diikuti.

Jika ingin membangun program UKS di SD namun belum tahu apa pilihannya, maka pada bagian ini akan diinformasikan beberapa pilihan. Agar bisa dipahami dengan mudah, maka uraiannya akan dijelaskan secara menyeluruh sebagai berikut:

1. Sosialisasi Tentang Prinsip Hidup Sehat

Contoh program UKS sekolah dasar yang pertama yang bisa dilakukan adalah sosialisasi tentang prinsip hidup sehat. Kegiatan ini termasuk dalam program kurikuler di sekolah. Jadi nantinya, siswa akan diberi pemahaman tentang apa itu hidup sehat secara menyeluruh.

Bukan hanya pemahaman, namun siswa juga diajarkan tentang pelaksanaannya hingga terampil. Hal ini penting untuk dilaksanakan meski siswa masih pada tahap Sekolah Dasar. Untuk cakupan materinya adalah sebagai berikut:

  • Mengenalkan pentingnya imunisasi.
  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.
  • Memberi pemahaman tentang bahaya penyakit demam berdarah, diare, dan influenza.
  • Mengenalkan makanan sehat dan jenis-jenisnya.
  • Menjaga kebersihan lingkungan rumah maupun sekolah.

Semua hal tersebut bisa diajarkan dalam program sosialisasi. Jadi sosialisasi ini merupakan langkah paling dasar untuk mengenalkan program UKS kepada siswa. Apabila sudah paham pentingnya hidup sehat, maka program lain akan mudah dipahami.

2. Kemah

Kemudian contoh program UKS sekolah dasar program kedua yang relevan dengan UKS adalah kemah. Jenis kegiatan ini termasuk dalam ekstrakulikuler karena dilakukan di luar jam pelajaran sekolah. Meski demikian, prosesnya masih masuk dalam program UKS.

Dengan melakukan program ini, maka siswa bisa belajar bagaimana hidup mandiri yang sehat secara aktif. Jadi bukan hanya materi saja yang diberikan, namun juga implementasinya langsung di lapangan yang luas.

Pada program ini, metode dan pendekatan yang dilakukan bisa beragam. Ada pendekatan individu dan kelompok untuk menciptakan berbagai keseruan. Hal ini bisa disesuaikan juga dengan metodenya baik itu diskusi maupun tugas.

3. Apotik Hidup

Contoh program UKS Sekolah Dasar selanjutnya adalah apotek hidup. Mungkin program ini masih belum familiar pada banyak sekolah. Padahal, program apotek hidup akan sangat berguna jika dibangun di lingkungan sekolah.

Jadi untuk membuatnya, sediakan dulu satu lahan yang kosong dan mulai urus tanahnya untuk ditanami. Nantinya, tanaman yang ditanam pada tanah tersebut harus berupa tanaman obat yang fungsional.

Dengan dengan demikian, terbentuklah apotek hidup yang tanamannya bisa dimanfaatkan kapan saja. Program ini sangat berguna untuk siswa dan tidak akan sia-sia untuk dijalankan sehingga sangat direkomendasikan.

4. Kebun Sekolah

Kemudian ada juga contoh program UKS sekolah dasar yaitu program kebun sekolah. Jika apotek hidup hanya diperuntukkan untuk tanaman obat-obatan, maka kebun sekolah bisa dimanfaatkan secara lebih luas. Sediakan tanah kosong untuk ditanami berbagai tumbuhan.

Jenis tumbuhan yang akan ditanam bisa disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Pilihannya bisa sayur, buah, atau bunga-bungaan. Jika ingin lengkap, maka tanam semuanya dengan pengelompokan kawasan lahan.

Melalui kebun sekolah ini, maka siswa bisa mengurus asupan makanan sehat yang baik untuk tubuh. Bukan hanya hasil tanamannya, namun proses yang dijalankan juga sangat positif dan berguna untuk siswa.

5. Wisata Siswa

Terakhir ada contoh program UKS sekolah dasar yaitu program wisata siswa. Program ini bukan sekadar liburan semata, karena pihak sekolah bisa menyelipkan fungsi lain berupa edukasi di dalamnya. Karena kaitannya dengan program UKS, maka tempat wisatanya bisa disesuaikan.

Pilih tempat yang menyediakan kawasan edukatif untuk siswa SD. Tempat seperti ini akan sangat berguna dan tidak akan sia-sia untuk siswa. Justru dengan mendatangi tempat seperti ini, maka akan ada banyak ilmu yang didapat.

Agar programnya lebih berguna, maka berikan tugas berupa laporan singkat tentang kegiatan yang sudah dilakukan. Dengan adanya tugas seperti ini, maka materi yang diberikan bisa mendapat umpan balik dan tidak hanya didengarkan saja.

Itulah beberapa contoh program UKS Sekolah Dasar yang bisa dijadikan acuan. Sesuaikan saja dengan kebutuhan sekolah dan jalankan perlahan. Jika semua diperlukan, maka coba bangun satu per satu di lingkungan sekolah.

Share this post