als - new
cara menghafal surah dengan cepat

7 Cara Menghafal Surah dengan Cepat Tanpa Kesulitan

Menghafalkan Alquran jika bisa dilakukan dengan cepat tentu lebih baik karena bisa mendapatkan jumlah hafalan yang banyak. Cara menghafal surah dengan cepat memang utamanya adalah adanya kesungguhan dan niat.

Setiap orang perlu mempersiapkan diri dan melakukan trik atau cara khusus untuk bisa menghafalkan surah secara cepat. Beberapa hal yang dapat memudahkan proses penghafalan ini antara lain adalah: 

1. Ikhlas Karena Allah

Paling utama yang perlu dilakukan seseorang yang akan menjadi penghafal Al Quran yaitu meluruskan niat terlebih dulu. Penghafal harus mempunyai niat yang lurus dan ikhlas karena Allah semata.

Jangan berpikiran untuk menjadikan menghafal Al Quran untuk mendapatkan keuntungan duniawi, meraih kedudukan, pujian dan sebagainya. Niatkan sepenuhnya hanya untuk beribadah dan tanpa ada hal lain yang bersifat duniawi.

Motivasi dan niat yang benar akan membantu prosesnya menjadi lebih lancar karena akan memperoleh ridha-Nya. Segala gangguan atau kendala yang datang akan lebih mudah untuk dapat dilewati dan diatasi.

2. Menetapkan Target Hafalan

Cara menghafal surah dengan cepat  adalah dengan dipacu menggunakan target yang dibuat sendiri. Penghafal dapat membuat target harian hingga bulanan, sesuai kemampuan tetapi dengan komitmen untuk serius mencapainya.

Target ini sebaiknya dibuat dengan tidak terlalu sulit namun juga tidak boleh terlalu ringan. Sebab, penghafal akan sulit untuk cepat menyelesaikan hafalan jika targetnya terlalu rendah.

3. Gunakan Mushaf Khusus

Penggunaan jenis mushaf juga bisa memberikan pengaruh terhadap proses penghafalan. Sekarang ini banyak produk mushaf yang dibuat khusus untuk menghafal misalnya ditambahkan tempat mencatat pencapaian di bagian samping.

Meskipun tidak menggunakan mushaf yang dibuat khusus tersebut, penghafal bisa juga dengan hanya memakai satu Al Quran untuk menghafal. Trik ini akan membantu penghafal dalam proses tersebut dibanding jika berganti-ganti mushaf tersebut.

Jika penghafal sering berganti mushaf, dirinya akan memerlukan penyesuaian dengan tampilan dari masing-masing mushaf. Hal ini akan menyulitkan karena terkadang penghafal yang hanya menggunakan satu mushaf bisa teringat tulisan mushaf yang membantu hafalannya.

4. Membagi Ayat Hafalan

Cara cerdas untuk memudahkan hafalan agar lebih cepat adalah dengan membagi hafalan per beberapa ayat dalam satu surah. Misalnya, hafalkan per sepuluh ayat pada setiap surah hingga selesai.

Trik ini juga bisa memudahkan para penghafal untuk mengingat bunyi dari setiap ayat yang telah dihafalkan. Nantinya ketika diminta untuk melafalkan ayat tertentu secara acak menghafal dengan trik membagi ayat ini akan mudah untuk mengingatnya.

Setelah setiap pembagian ayat berhasil dihafalkan, selanjutnya tinggal dilafalkan dari ayat awal sampai akhir untuk full hafalan satu surah. Selanjutnya bisa diteruskan dengan hafalan surah berikutnya dengan cara yang sama.

5. Membaca dengan Urut

Cara menghafal surah dengan cepat yaitu dilakukan dengan membacanya secara urut dan tidak diacak. Dalam proses menghafalnya, setiap ayat dan surah yang ada dalam satu juz harus dihafalkan sesuai urutan.

Dengan demikian, penghafal pun mengetahui urutan setiap surah sesuai yang ada di mushaf. Ini akan sangat baik karena penghafal tidak hanya sekedar menghafalkan saja, tetapi tahu urutan dan letak setiap surah.

6. Dibaca Berulang Kali

Selain sengaja menghafalkan setiap ayatnya, membacanya dengan berulang kali juga akan membantu masuknya ayat ke ingatan. Membaca dengan berulang-ulang akan membuat penghafal lebih kenal dan terbiasa dengan surah tersebut.

Banyak yang awalnya hanya sekedar sering membaca surah tiba-tiba menjadi bisa mengingat dan melafalkannya. Setelah membacanya berulang kali selanjutnya cobalah untuk melafalkannya tanpa membaca dengan berulang.

7. Sering Didengarkan

Ketika berada di luar atau dalam perjalanan terkadang waktu yang dimiliki menjadi sia-sia jika dimanfaatkan untuk menambah hafalan. Cara mudahnya adalah dengan mendengarkan murotal atau mp3 setiap ada kesempatan.

Tentu saja dalam mendengarkan MP3 ini penghafal harus memperhatikannya dengan seksama. Jika ini dilakukan secara berkelanjutan penghafal akan lebih cepat berhasil mencapai target hafalan.

Itulah pembahasan cara menghafal surah dengan cepat tetapi tidak sekedar hafal semata. Penghafal juga bisa menuliskan ayat-ayat yang dihafalkan, karena begitu mengenal tulisan mushaf yang dipakai untuk menghafal. Jika ingin mengetahui lebih luas terkait pendidikan klik disini.

Share this post