als - new
cara menghafal kosakata bahasa inggris

7 Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggris yang Mudah

Satu diantara tantangan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah perbendaharaan kata yang terkadang sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang. Lantas bagaimana cara menghafal kosakata Bahasa Inggris itu? 

Ada beberapa cara menghafal kosakata bahasa inggris mudah dan praktis yang dapat ditempuh, agar perbendaharaan kata dalam Bahasa Inggris menjadi semakin baik. Bagi yang penasaran, kiranya bisa melihat setiap penjelasan setiap dari cara berikut ini:

1. Melalui Catatan Kosakata Baru

Cara menghafal kosakata bahasa inggris yang pertama yaitu membuat kosakata baru setiap hari yang bisa dituangkan dalam catatan seperti buku kecil atau memo. Dimana kata-kata tersebut dapat diperoleh dari acara televisi, lagu, hingga obrolan ringan berbahasa Inggris.

Saat mendengarkan, catat kata yang keluar dalam buku kecil terlebih kata-kata yang jarang didengar. Jangan lupa untuk menuliskan artinya di samping kata Bahasa Inggris yang dituliskan, agar tidak bingung mengenali kembali.

Desain catatan kosakata sesuai kesukaan apakah itu dengan mewarnai per kosakata atau memberikan tanda. Sesekali catatan dapat dibuka, apabila dirasa ada yang kurang.

2. Melalui Games

Cara menghafal kosakata Bahasa Inggris selanjutnya berupa permainan atau games. Biasanya menjadi alternatif kalau-kalau seseorang merasa bosan melakukan perbendaharaan kata. Sekarang sudah banyak tersedia games yang bisa membantu meningkatkan kosakata Bahasa Inggris.

Aplikasi games dapat diunduh pada smartphone masing-masing dan bisa digunakan sewaktu ingin melatih kemampuan berbahasa Inggris. Bahkan ada aplikasi games yang digunakan khusus untuk persiapan masuk sekolah.

Diantara aplikasi games Bahasa Inggris, Scrabble menjadi yang paling populer. Alasannya, karena tantangan yang mengharuskan penyusunan sebuah kata yang berasal dari huruf acak.

3. Melalui Flash Cards

Mungkin metode yang satu ini umum dimanfaatkan untuk balita, namun nyatanya orang dewasa juga bisa menggunakannya. Flash cards dapat didesain secara individu atau diunduh lewat website penyedia.

Flash cards bisa dibawa kemana-mana dan ketika tengah senggang dapat dilihat kembali. Dengan berlatih secara rutin, tidak menutup perbendaharaan kata akan semakin meningkat setiap harinya.

Seandainya memiliki banyak waktu bersama keluarga atau teman dekat dapat melakukan permainan kecil. Dimana bisa dengan menebak kata apa yang tersembunyi dalam flash cards tersebut.

4. Melalui Bacaan Bahasa Inggris

Teks berbahasa Inggris dapat menjadi solusi bagi seseorang yang hobi membaca dan ingin meningkatkan kosakata. Cara menghafal kosakata Bahasa Inggris dengan bacaan bisa dilakukan dengan maksimal 8 kata setiap harinya.

Untuk opsi, silahkan tentukan sesuka hati apakah itu berupa novel, komik, majalah atau buku-buku ilmiah. Penting diingat selama memperbanyak kosakata jangan terlalu memaksa karena hanya akan membuat lebih sulit.

Pelan-pelan, asalkan serius justru lebih baik dalam mengingat per kata. Apabila bacaan agak susah dipahami maka mainkan level buku yang dibaca.

5. Melalui Latihan Percakapan

Seperti sehari-hari seseorang bisa lancar memahami bahasa dengan melakukan percakapan kecil maupun bersama orang lain. Percakapan sendiri dinilai menjadi cara paling mudah mengingat kosakata Bahasa Inggris.

Seandainya ingin mendengarkan sejauh mana kemampuan lebih dulu, dapat mengambil smartphone lalu rekam suara. Katakan dengan jelas dan lantang, agar nanti ketika didengarkan bisa mengetahui benar atau salahnya.

Bagi yang ragu dengan pelafalan kata dapat memanfaatkan kamus yang memiliki audio. Ulangi kata Bahasa Inggris dalam kamus untuk mendapatkan lafal yang benar.

6. Melalui Blog Pribadi

Secara perlahan dengan membaca buku maupun mendengarkan audio, kosakata yang dimiliki pasti semakin baik. Inilah kesempatan untuk menuliskan kalimat berdasarkan kosakata yang dihafalkan.

Tuliskan kalimat dimulai dengan kalimat ringan baru ke tahap yang lebih lengkap pada blog pribadi. Siapa tau cara menghafal kosakata Bahasa Inggris lewat rangkaian kata yang dituliskan dalam blog, menambah kepercayaan diri dalam berbahasa Inggris. 

7. Melalui Latihan Kuis Online

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti latihan kuis Bahasa Inggris. Saat ini, kuis-kuis Bahasa Inggris tersedia dalam bentuk online yang memudahkan akses setiap orang.

Kuis Bahasa Inggris online tidak terbatas hanya pada perbendaharaan kata saja, tetapi juga konteks penggunaannya. Tentu kemampuan berbahasa Inggris akan sangat baik kalau latihan rutin dikerjakan.

Demikian cara menghafal kosakata Bahasa Inggris secara praktis dan mudah dengan 7 pilihan. Terkait cara yang diberikan sangat tergantung kenyamanan individu, mana yang mau lebih dulu diterapkan dalam rutinitas harian. 

Share this post