als - new
cara menghafal cepat dan tidak mudah lupa

8 Cara Menghafal Cepat dan Tidak Mudah Lupa, Pelajar Harus Tahu!

Menarik sekali untuk mengetahui cara menghafal cepat dan tidak mudah lupa saat belajar. Terutama untuk pelajar sangat perlu sekali digunakan saat ujian, presentasi di depan kelas, atau waktu lainnya.

Namun, proses menghafal ini tidak mudah. Sebab diperlukan teknik dan cara khusus untuk bisa cepat menghafal. Apalagi setelah berhasil hafalan bisa kembali menjadi lupa. Berikut cara praktis agar menghafal cepat dan juga tidak mudah lupa di bawah ini:

1. Gunakan Teknik Jembatan Keledai

Pertama cara menghafal cepat dan tidak mudah lupa pelajar bisa memakai teknik memakai jembatan keledai. Mungkin banyak yang belum tahu teknik pintar satu ini. Apabila menggunakan cara ini bisa cepat saat menghafal sesuatu. Banyak pelajar yang sudah berhasil memakai trik ini.

Misalkan saja, Ada beberapa nama planet seperti Merkurius, Venus, Bumi. Maka bisa membuat singkatan jembatan keledai menjadi ‘Mervebu’. Ada banyak istilah lain yang bisa digunakan menjadi jembatan keledai. Terbukti cara ini tidak akan lupa saat menghafal.

2. Fokus pada Materi Penting

Kedua bisa memakai cara menghafal cepat dan tidak mudah lupa dengan lebih fokus pada poin materi yang penting. Tidak perlu menghafal semua materi dalam satu waktu sekaligus. Pelajar perlu fokus pada satu materi yang penting terlebih dahulu.

Setelah berhasil menghafal materi tersebut maka bisa beralih ke materi lainnya. Satu per satu materi dihafal dan dipahami. Sebaiknya menghindari menghafal beberapa materi dalam waktu yang sama. Saat menghafal harus fokus dan perlahan.

3. Buat Menjadi Cerita

Selanjutnya cara menghafal cepat dan tidak mudah lupa, bisa melakukan kreativitas dengan membuat suatu cerita yang masih berhubungan dengan materi yang dihafal. Cerita pendek dan menarik akan membuat pelajar mengingat dan menghafal cerita tersebut.

Apalagi jika disertai gambar yang lucu dan bagus. Semakin menarik cerita yang dibuat akan membuat lebih mudah dalam menghafal. Selain pintar dalam hafalan juga akan melatih kreativitas.

4. Buat Visualisasi

Cara ini hampir sama seperti sebelumnya. Pelajar bisa menggambar kata yang ingin dihafal. Misalkan saja, menghafal nama bunga maka bisa menggambar bunga tersebut dan nama dengan warna yang menarik.

Teknik ini bisa terbukti untuk menghafal lebih cepat. Bisa melakukan cara ini dengan rutin agar terbiasa. Ada beberapa orang tertentu yang cepat menghafal dengan gambar berupa bentuk yang menarik mata.

5. Makan Makanan Bergizi

Berikutnya ada cara menghafal cepat dan tidak mudah lupa dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Apabila ingin menghafal materi pelajaran dengan bagus dan cepat maka bisa diimbangi dengan makan makanan yang lebih sehat.

Tidak lupa untuk mengonsumsi makanan yang bervitamin tinggi. Sebab otak juga membutuhkan zat gizi yang bagus untuk perkembangannya. Hindari makanan yang tidak sehat agar otak bisa bekerja dengan optimal.

6. Istirahat Cukup

Mungkin banyak yang menganggap sepele cara ini. Namun, istirahat yang cukup sangat penting sekali untuk tubuh. Apabila istirahat cukup maka secara tidak langsung otak juga akan istirahat. Hal ini akan membuat proses menghafal menjadi lebih optimal.

Jika tubuh lelah dan kurang istirahat maka juga akan berpengaruh pada kesehatan otak. Dalam menyerap ilmu tidak akan cepat dan kurang bagus. Oleh sebab itu, sebaiknya istirahat saat merasa lelah dan mengantuk.

7. Gunakan Metode Tulisan Tangan

Proses menghafal akan menjadi cepat apabila menghafal sesuatu dengan memakai tulisan tangan. Apabila pengajar menjelaskan materi di depan kelas maka pelajar bisa mencatat semua poin penting di buku catatan.

Banyak yang berhasil menggunakan cara satu ini. Ingatan akan menjadi lebih tajam saat mencatat materi di buku. Kemampuan otak akan lebih terasah dengan metode menulis catatan di buku ini.

8. Gunakan Metode Mind Map

Cara menghafal cepat dan tidak mudah lupa yang terakhir bisa memakai metode mind map yang sudah banyak digunakan oleh pelajar. Teknik ini dengan cara menuliskan beberapa konsep dan ide materi menjadi sebuah map atau peta. Cara menghafal cepat dan tidak mudah lupa satu ini bagus sekali untuk menghafal lebih lebih cepat.

Mind map sendiri akan membuat pelajar terbiasa untuk menuangkan ide ke dalam peta yang terorganisir dengan baik. Selain itu ingatan tidak akan mudah lupa dengan membuat mind map yang menarik dan berwarna.

Itulah beberapa penjelasan terkait cara menghafal cepat dan tidak mudah lupa untuk pelajar. Banyak teknik yang bisa digunakan dengan praktis. Sehingga saat menghafal bisa lebih optimal apabila terbiasa menerapkan cara di atas.

Share this post