als - new
cara menghafal al quran dengan cepat dan tidak mudah lupa

Inilah Cara Menghafal Al Quran dengan Cepat dan Tidak Mudah Lupa, Praktis Dilakukan!

Penting sekali untuk mengetahui cara menghafal Al Quran dengan cepat dan tidak mudah lupa terutama untuk uamt islam. Bisa menghafal bacaan Al Quran adalah amalan baik untuk memdatangkan pahala.

Namun, menghafal Al Quran tidak mudah untuk dilakukan. Sebab ada banyak surat yang harus dihafalkan. Apalagi jika harus hafal semua bacaan di luar kepala. Berikut ini ulasan terkait cara untuk menghafal bacaan Al Quran yang benar dan tepat di bawah ini:

1. Mulai dengan Niat

Cara menghafal al quran dengan cepat yang pertama jika umat islam ingin cepat menghafal maka dengan niat terlebih dahulu. Keikhlasan harus ada saat akan menghafal Al Quran. Niat tulus dan sungguh-sungguh diperlukan apabila ingin cepat menghafal bacaan Al Quran.

Namun, sebaiknya hindari niat untuk pamer dan bangga bisa menghafal Al Quran di depan orang lain. Hanya diri sendiri saja yang tahu dan paham saat berhenti dalam menghafal bacaan tersebut setiap waktu.

2 Memiliki Keyakinan Kuat

Cara menghafal al quran dengan cepat yang kedua yaitu penting sekali memiliki keyakinan yang teguh dan kuat. Proses hafalan tidak mudah tentu saja membutuhkan waktu yang panjang. Tidak secara instan bisa menghafal dengan baik dan benar.

Banyak orang yang menghafalkan tidak disertai dengan hati yang yakin. Terkadang masih setengah hati dalam menghafal Al Quran. Penting sekali menumbuhkan keyakinan yang benar-benar kuat agar tetap menghafal dan tidak berhenti di tengah jalan.

3. Mendekatkan Diri pada Al Quran

Selanjutnya terdapat cara menghafal Al Quran dengan cepat dan tidak mudah lupa dengan selalu mendekatkan diri pada Al Quran. Setiap waktu saat beribadah meluangkan waktu untuk membaca Al Quran dan menghafalkannya.

Jangan sampai ada paksaan untuk melakukan ibadah. Sebab menghafal Al Quran tidak mudah seperti yang sekilas terlihat. Perlu sekali mencintai Al Quran terlebih dahulu agar bisa menyukai dari hati.

4. Memperbaiki Cara Membaca Al Quran

Cara menghafal al quran dengan cepat selanjutnya di dalam suatu tahapan menghafal Al Quran tidak hanya sekadar membaca saja. Namun, juga penting untuk memperbaiki setiap bacaan agar benar dan terdengar bagus. Sebelum ada keinginan untuk menghafal sebaiknya mengenal terlebih dahulu hukum bacaan Al Quran.

Masih banyak orang yang hanya menghafal tanpa tahu bacaan sudah benar atau belum. Padahal jika salah dalam bacaan maka bisa merubah arti dalam surat tersebut. Oleh sebab itu, hati-hati saat membaca Al Quran dan tidak boleh asal-asalan.

5. Metode Tepat untuk Hafalan

Penting sekali untuk memakai dua metode atau cara yang tepat untuk menghafal Al Quran. Saat ini metode untuk hafalan sangat banyak dan bisa dicoba sesuai kemampuan masing-masing orang.

Pertama bisa membaca per ayat lalu bisa juga menghafal per halaman. Sesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Tidak perlu tergesa-gesa dalam menghafal bacaan. Perlahan dan pahami juga arti setiap bacaan tersebut.

6. Selalu Murojaah

Mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah murojaah yang sering didengar. Apabila mampu dan berhasil menghafal satu halaman maka jangan berhenti. Perlu untuk mengulang terus setiap hafalan agar tidak cepat lupa.

Selain itu menghafal setiap hari atau murajaah akan membuat hafalan semakin kuat dan bagus. Pahala juga akan semakin bertambah dan akan terbiasa membaca setiap hari tanpa adanya paksaan dari orang lain.

7. Konsisten dengan Jenis Mushaf

Terdapat cara menghafal Al Quran dengan cepat dan tidak mudah lupa dengan penerapan sistem konsistensi pada salah satu jenis mushaf. Hal tersebut sangat berguna sekali saat hafalan. Seseorang yang bisa konsisten pada mushaf yang sama akan semakin mudah menghafal ayat di dalam Al Quran.

Sebaiknya hindari saat membaca dengan mushaf yang berbeda. Hal itu akan berdampak pada hafalan yang berjalan lambat dan tidak cepat karena tidak fokus dengan satu jenis mushaf. Penting sekali bagi penghafal Al Quran untuk mengetahui jenis mushaf yang digunakan.

8. Hafalan Disimak Orang Lain

Mungkin sekilas terdengar tidak terlalu penting. Namun, penting juga saat menghafal Al Quran ada orang lain yang menyimak setiap bacaan. Bertujuan untuk mengoreksi bacaan yang masih salah dan agar mengetahui bacaan yang perlu diperbaiki.

Itulah penjelasan terkait cara menghafal Al Quran dengan cepat dan tidak mudah lupa terutama untuk umat islam. Tidak mudah untuk menghafal bacaan Al Quran. Oleh sebab itu, dibutuhkan beberapa metode yang bisa membantu dalam menghafal.

Share this post