als - new
cara mengerjakan soal cerita matematika

Inilah Cara Mengerjakan Soal Cerita Matematika dan Tipsnya, Pelajar Harus Tahu

Jenis soal yang seringkali muncul dalam pelajaran matematika adalah soal cerita. Untuk mengerjakannya tentu harus diketahui cara mengerjakan soal cerita matematika sehingga tidak menghabiskan banyak waktu. Dengan begitu, ada waktu untuk soal lainnya.

Soal cerita kadangkala menjadi kelemahan para pelajar. Mengerjakan soal cerita menghabiskan banyak waktu sehingga soal lain tertinggal. Akibatnya, hasil yang didapatkan tidak maksimal. Untuk para pelajar, yuk sama-sama simak pembahasannya dalam artikel ini.

Bagaimana Mengerjakan Soal Cerita Matematika?

Untuk bisa mengerjakan soal cerita, pelajar tentu harus mengetahui cara mengerjakan soal cerita matematika yang baik. Cara ini terlihat sepele tapi justru bisa banyak membantu dalam pengerjaan soal cerita. Saat mengerjakan soal cerita, terapkan cara berikut:

1. Baca Soal Secara Keseluruhan

Yang pertama, sebelum membuat jawaban untuk soal cerita, soal yang diberikan harus dibaca secara keseluruhan. Jangan gegabah untuk segera menulis jawaban. Kebanyakan kesalahan disebabkan oleh soal yang tidak dibaca secara keseluruhan sehingga menimbulkan kekeliruan pada jawaban.

2. Pahami Konteks Soal

Selain membaca soal secara keseluruhan, wajib untuk memahami konteks yang disajikan dalam soal. Dengan begitu, operasi yang diminta dalam soal akan bisa diketahui juga. Jadi, tidak ada lagi kekeliruan yang disebabkan oleh kesalahan memahami konteks soal.

3. Buat Menjadi Format Jawab Jadi

Cara terbaik untuk menyelesaikan soal cerita adalah membuatnya menjadi format jawab jadi. Dari soal cerita, bisa ditulis ulang hal yang diketahui, hal yang ditanya, baru masuk ke jawabannya. Dengan begitu, soal akan lebih mudah dimengerti.

4. Ubah Soal Cerita Menjadi Kalimat Matematika 

Jika akan mengerjakan soal cerita, jangan lupa untuk mengubah soal cerita menjadi kalimat matematika. Cara ini juga akan membantu meringkas soal cerita yang panjang menjadi soal yang singkat. Soal akan bisa dilihat secara keseluruhan dan lebih mudah dipahami.

5. Kerjakan Sesuai dengan Urutan

Yang terakhir adalah mengerjakan soal cerita secara berurutan. Soal cerita biasanya disusun dengan urutan tertentu. Urutan ini akan menentukan operasi yang digunakan untuk menyelesaikannya. Karenanya, mengerjakan sesuai urutan akan menjadi cara yang terbaik.

Tips Mudah Mengerjakan Soal Cerita

Selain menggunakan cara mengerjakan soal cerita matematika yang tepat, ada beberapa tips yang bisa mendukung. Dengan menerapkan tips ini, soal cerita bisa dikerjakan dengan lebih mudah dan teliti lagi. Untuk itu, coba tips-tips berikut ini:

1. Baca Soal Secara Menyeluruh Sebelum Menjawabnya

Kunci dari pengerjaan soal cerita adalah memahami keseluruhan soalnya sebelum mengerjakannya. Karenanya, soal cerita harus dibaca secara menyeluruh untuk memahami konteks dan mendapatkan semua angkanya. Barulah jawaban bisa didapatkan.

2. Perhatikan Urutan Operasi Matematika yang Diminta

Soal cerita disajikan dalam urutan tertentu yang akan memengaruhi hasilnya. Hal ini membuat soal cerita agak berbeda dengan soal cerita biasa. Kebanyakan kesalahan dalam pengerjaan soal cerita adalah pada urutannya. Jadi, jangan lupa perhatikan urutannya ya.

3. Memahami Konsep Lebih Baik Daripada Menghafal Rumus

Satu lagi kecerobohan dalam mengerjakan soal cerita adalah terlalu panik dengan rumus yang digunakan. Padahal kebanyakan soal cerita mengandalkan logika. Untuk itu, dalam mengerjakan soal cerita matematika untuk memahami konteks soal terlebih dahulu.

4. Perbanyak Latihan Soal

Bisa karena terbiasa menjadi pepatah yang sangat cocok untuk mengerjakan soal cerita. Pasalnya, soal cerita memiliki pola yang cenderung sama. Jadi, semakin banyak latihan soal yang pernah dikerjakan, pelajar akan semakin siap dengan kemungkinan soal cerita yang muncul.

5. Jangan Terburu-Buru

Meski pengerjaan soal diberi durasi waktu, pengerjaannya disarankan tidak dengan buru-buru. Kerjakan dengan tenang sambil memahami soal dengan seksama. Dengan begitu soal bisa dicermati. Tapi ingat, jangan sampai terlalu larut pada satu soal saja ya.

6. Teliti Pekerjaan Setelah Selesai

Tips yang terakhir untuk pengerjaan semua soal adalah meneliti kembali soal yang sudah dikerjakan. Siapa tahu masih ada kekeliruan atau ada bagian yang terlewat karena kurang teliti. Dengan begitu, hasil pengerjaan soal cerita akan menjadi lebih maksimal.

Nah itulah penjelasan tentang cara mengerjakan soal cerita matematika beserta tipsnya. Dengan melakukan tips-tips tersebut, pengerjaan menjadi lebih terstruktur dan tidak menghabiskan banyak waktu. Hasil pengerjaan soal pun akan memiliki kemungkinan besar untuk benar.

Share this post