als - new
cara mengajarkan disiplin pada anak

Rekomendasi 8 Cara Mengajarkan Disiplin pada Anak Sejak Dini, Wajib Dicoba!

Penting sekali untuk mengetahui cara mengajarkan disiplin pada anak tanpa membuat takut dan tertekan. Banyak orang tua yang belum mengerti beberapa cara tepat untuk membuat anak disiplin. Terkadang banyak yang cenderung memaksa agar disiplin.

Padahal cara pemaksaan sangat tidak dianjurkan karena berbagai alasan. Oleh sebab itu, para orang tahu harus belajar cara membuat anak disiplin dengan baik. Di bawah ini cara menyenangkan yang bisa orang tua coba:

1. Ungkapkan Perasaan

Pertama perlu sekali untuk membiasakan lebih terbuka pada anak. Apapun yang para orang tua rasakan dan keluhkan bisa dibicarakan dengan anak. Terbukti sekali bisa mengatasi perilaku kurang baik yang dimiliki anak tersebut.

Saat anak melakukan sesuatu yang tidak baik atau melanggar peraturan maka segera beritahu anak tersebut agar tidak mengulangi perbuatan yang tercela. Hal tersebut akan membuat anak sadar dan tidak akan berbuat yang buruk lagi.

2. Memberi Pilihan

Kedua ada cara mengajarkan disiplin pada anak dengan memberi kebebasan yang baik untuk anak. Dengan langkah tersebut akan membuat anak lebih disiplin dan berpikir sikap yang dilakukan benar atau salah.

Cara ini akan melatih anak menjadi lebih berpikir lagi pada perbuatan yang dilakukan. Hal positif yang bisa dipelajari akan dibawa sampai anak tersebut dewasa. Tidak perlu terlalu mengekang anak. Sebab anak juga perlu diberi kebebasan untuk memilih.

3. Memberi Tugas

Selanjutnya orang tua bisa melatih anak untuk menyelesaikan tugas yang sudah ditentukan. Misalkan saja, memberi tugas anak untuk menyelesaikan tugas dalam waktu 15 menit. Anak akan terbiasa disiplin untuk menghargai waktu.

Kebiasaan yang baik tersebut bisa dibawa anak hingga kelak dewasa. Berlatih disiplin sejak dini sangat bagus sekali untuk anak. Sebab tidak mudah untuk bersikap disiplin dalam berbagai hal. Selain itu bisa memberi anak tugas menyelesaikan pekerjaan di rumah.

4. Memberi Pengertian

Para orang tua bisa memberi arahan dan nasihat ke anak. Seorang anak akan membutuhkan pemahaman yang berkaitan dengan semua hal yang dilakukan. Bisa memberi pengertian pada anak kalau orang lain akan menilai semua perbuatan anak.

Hal tersebut diharapkan agar anak selalu berhati-hati dalam bertindak dan bersikap. Tidak ada salahnya memberi sebuah pengertian jika bersikap disiplin sangat penting. Anak bisa mencegah perbuatan buruk untuk dirinya maupun orang lain di kemudian hari.

5. Memberi Hadiah

Berikutnya ada cara mengajarkan sikap disiplin pada anak dengan cara memberi hadiah atau reward apabila bisa berperilaku disiplin dan baik. Hadiah tidak perlu barang mewah dan mahal. Cukup berikan pujian pada anak akan membuat senang dan merasa dihargai.

Banyak orang tua yang menganggap jika memberi hadiah akan membuat anak menjadi manja dan terpaksa melakukan disiplin agar mendapat hadiah. Tidak perlu memberikan hadiah setiap hari dan yang bernilai mahal.

6. Membuat Jadwal

Cara keenam ini sudah banyak digunakan oleh para orang tua. Anak dibuatkan jadwal kegiatan sehari-hari untuk melatih disiplin dari kecil. Langkah yang dipilih ini terbukti banyak berhasil untuk dilakukan.

Misalkan saja, membuat jadwal dari pagi sampai malam untuk anak. Dengan adanya jadwal tersebut akan membuat anak semakin disiplin. Bila perlu memberi sedikit hukuman ringan apabila anak tidak disiplin pada hari tertentu.

7. Memberi Waktu Luang

Cara berikutnya bisa memberikan waktu luang atau senggang pada anak. Kegiatan yang padat akan membuat anak menjadi jenuh. Oleh sebab itu, perlu sekali memberi waktu luang untuk bermain.

Apabila anak bosan melakukan kegiatan maka cenderung akan melanggar jadwal yang sudah dibuat. Penting sekali untuk memberi jeda dan waktu istirahat untuk anak. Sebab perilaku disiplin tidak boleh dipaksakan agar anak tidak merasa tertekan.

8. Memberi Tahu dengan Baik

Terakhir para orang tua bisa memberi tahu dengan lembut dan memakai bahasa halus jika sikap disiplin sangat banyak sekali manfaatnya. Apabila orang tua bisa memberi tahu dengan cara yang baik maka anak juga akan memahami dengan baik juga.

Itulah penjelasan terkait cara mengajarkan disiplin pada anak yang dapat diterapkan ortu. Sebaiknya perlu membiasakan anak untuk selalu disiplin dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Sebab perilaku disiplin sangat bermanfaat untuk anak.

Share this post