als - new
cara mengajarkan anak sikat gigi

Seru! Inilah Cara Mengajarkan Anak Sikat Gigi

Penting sekali untuk mengetahui cara mengajarkan anak sikat gigi dari kecil. Gigi pada anak harus dijaga mulai dari kebersihan hingga kesehatannya. Bukan hanya orang dewasa saja, akan tetapi anak juga perlu untuk diajarkan menggosok gigi.

Namun, tidak semua anak bisa menggosok gigi dengan benar. Terkadang banyak yang malas untuk menyikat gigi. Dalam hal ini peran orang tua sangat dibutuhkan sekali. Di bawah ini ulasan terkait cara mengajarkan anak sikat gigi :

Kapan Mengajarkan Sikat Gigi?

Perlu diketahui untuk mengajarkan sikat gigi bisa dimulai dari anak mulai tumbuh gigi. Apabila saat gigi anak mulai terlihat tumbuh maka bisa mulai menyikat gigi dengan sikat khusus yang lembut dan khusus untuk anak.

Saat anak mulai masuk usia tiga tahun bisa mulai mengajarkan sikat gigi sendiri dan memberi tahu si kecil kalau penting sekali menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sebab gigi yang sehat akan membuat rasa percaya diri juga meningkat.

Anak memasuki usia enam tahun mulai diarahkan untuk menyikat gigi pada bagian-bagian dalam mulut. Lebih mudah untuk mengajarkan cara menyikat gigi yang benar. Sehingga anak akan terbiasa untuk menjaga kesehatan gigi.

Bagaimana Cara Mengajarkan Anak Sikat Gigi?

Selanjutnya akan membahas cara mengajarkan anak sikat gigi agar tidak merasa bosan dan malas. Perlu menciptakan suasana lebih menyenangkan dan menarik untuk anak. Berikut ini cara mengajarkan anak sikat gigi yang bisa diterapkan oleh para orang tua :

1. Memberi Kesempatan pada Anak

Pertama yang bisa dilakukan adalah memberikan kesempatan pada si kecil untuk memegang sikat gigi sendiri. Hal ini akan membuat anak untuk terbiasa memegang sikat gigi dengan benar. Selain itu mengajarkan anak untuk mengambil pasta gigi secukupnya saja.

Sebaiknya tetap selalu mengawasi aktivitas anak saat menyikat gigi. Sebab anak kecil masih membutuhkan pengawasan dari orang tua. Selain itu bisa minta anak untuk rutin menyikat gigi setiap pagi dan malam menjelang tidur.

2. Memberi Contoh pada Anak

Kedua bisa dengan cara memberikan contoh sikat gigi yang benar pada anak. Lakukan kegiatan ini dengan hati yang senang dan mengajak si kecil bermain untuk menyikat gigi. Anak akan merasa kalau kegiatan menyikat gigi seru untuk dilakukan.

Terkadang anak akan lebih cepat meniru kegiatan orang yang lebih dewasa terutama orang tua. Oleh sebab itu, tidak salah jika memberikan contoh gerakan sikat gigi yang benar untuk anak. Hal ini akan selalu diingat anak saat menggosok gigi sendiri waktu  bertambah usia.

3. Membiarkan Anak Memilih Sikat Gigi

Selanjutnya ada cara mengajarkan anak sikat gigi dengan memberi kesempatan anak untuk memilih sikat dan pasta gigi sendiri. Apalagi saat ini banyak beraneka jenis sikat gigi yang lucu dan berwarna cerah.

Selain itu, anak juga bisa memilih pasta gigi sesuai selera masing-masing. Banyak tersedia aneka rasa yang menarik untuk dicoba. Anak akan lebih semangat saat memakai sikat dan pasta gigi pilihan sendiri.

4. Mengajak Sikat Gigi Bersama

Kemudian para orang tua bisa mengajak si kecil untuk menyikat gigi bersama. Kegiatan ini sangat menyenangkan sekali untuk dilakukan. Cukup membuat jadwal rutin untuk anak agar tidak lupa untuk menyikat gigi.

5. Memberi Reward

Anak-anak akan menyukai hadiah dalam bentuk apapun. Apabila si kecil rutin menyikat gigi maka bisa memberikan pujian atau hadiah yang disukai. Hal ini bisa membuat anak lebih semangat dan tidak bosan untuk menggosok gigi.

6. Menjadikan Kebiasaan

Terakhir dengan cara membiasakan untuk menyikat gigi dari kecil. Para orang tua bisa menerapkan kegiatan menyikat gigi dari kecil. Cukup dua kali sehari saat mandi pagi dan sore hari. Bisa juga dilakukan sebelum si kecil tidur malam.

Kesempatan menggosok gigi dengan anak adalah waktu tepat untuk mempererat hubungan anak dengan orang tua. Anak akan merasa senang diperhatikan dan diajarkan untuk menyikat gigi.

Bahkan, anak bisa diajarkan untuk menjadikan kegiatan gigi sebagai sesuatu yang harus dibiasakan. Dengan cara seperti itu anak akan selalu mengingat kebiasaan baik yang diterapkan setiap hari. Perlu kesabaran untuk mengajarkan sikat gigi sendiri.

Itulah penjelasan terkait cara mengajarkan anak sikat gigi yang bisa dimulai dari sekarang. Perlu membiasakan untuk membersihkan gigi setiap hari. Kesehatan gigi dan mulut anak sangat penting untuk dijaga dan dirawat.

Share this post