als - new
cara mengajarkan anak mengenal huruf abjad

Cara Mengajarkan Anak Mengenal Huruf Abjad

Perkembangan bahasa anak biasanya terlihat ketika mulai berbicara, mungkin hanya dari menirukan tanpa memahami arti ucapannya. Untuk itu perlu cara mengajarkan anak mengenal huruf abjad secara perlahan karena akan membutuhkan waktu dan kesabaran.

Mungkin saat ini masih ada beberapa orang yang baru menjadi orang tua dan masih bingung menerapkan pembelajaran yang tepat. Untuk mengetahui beberapa cara yang efektif, sebaiknya simak dalam penjelasan di bawah ini:

1. Melalui Permainan 

Cara mengajarkan anak mengenal huruf abjad bisa juga melalui permainan bisa menjadi cara paling efektif karena anak bisa bermain sambil belajar. Misalnya, gunakan permainan dengan bantuan alfabet berupa puzzle, card, atau balok berwarna-warni supaya anak lebih tertarik. 

Bisa kenalkan huruf yang terdapat di nama panggilan anak karena akan lebih sering didengar dalam sehari-hari. Hal ini bisa menambah peluang bahwa anak akan mudah menyerap pembelajaran apalagi dengan disisipkan melalui permainan.

Kenali juga jenis permainan yang mungkin paling diminati anak supaya antusiasme belajar juga meningkat. Buat suasana belajar yang santai seolah memang sedang bermain-main, jangan memaksakan untuk terlalu serius ketika belum waktunya.

2. Mengasosiasikan antara Huruf dan Benda di Sekitar

Cara mengajarkan anak mengenal huruf abjad bisa dimulai dengan mengenalkan abjad dari benda-benda yang sering bersentuhan atau biasa digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya saja dari perlengkapan bayi atau mainan, hanya saja pilih yang sekiranya sederhana untuk diucapkan dan jangan terlalu variatif.

Kenalkan beberapa huruf sambil menunjukkan benda untuk melatih agar anak bisa memahami pembelajaran yang diberikan. Mulai dari kelompok huruf tertentu secara berurutan, misalnya sehari khusus untuk huruf A atau B.

Pada tahap selanjutnya, setiap minggu bisa lakukan peningkatan dengan beralih ke huruf lainnya. Lakukan dengan memperhatikan kemampuan anak, jangan terburu mengajarkan beberapa huruf sekaligus karena setiap anak memiliki daya tangkap yang berbeda.

3. Menyanyikan Lagu 

Selain dari benda, cara mengajarkan anak mengenal huruf abjad juga bisa melalui lagu yang berhubungan dengan alfabet. Lakukan secara rutin setiap hari, lebih baik lagi dengan mengajak anak ikut menirukan lagu semampu yang anak bisa.

Dengan mengulangi lagu, kelak lambat laun anak akan terbiasa tidak hanya dengan nada, tetapi juga kata yang ada dalam lagu. Sesekali ajak anak bernyanyi sambil melakukan gerakan kecil atau menunjukkan benda yang memperagakan lirik lagu. 

4. Membacakan Buku Cerita

Cara mengajarkan anak mengenal huruf abjad lainnya yang penting untuk melatih kemampuan bahasa anak yakni dengan membiasakan membaca buku cerita bersama. Lakukan kegiatan ini setiap hari dengan membacakan berbagai macam buku yang memiliki cerita menarik sambil sesekali menekankan huruf tertentu. 

Sebaiknya pilih buku bacaan khusus anak balita menggunakan kalimat pendek dan banyak gambar supaya mudah dimengerti. Kegiatan ini juga bisa memupuk kebiasaan anak untuk rajin dan punya minat tinggi dalam membaca buku di kemudian hari.

Ketika membaca buku sesekali lakukan interaksi agar anak tidak hanya mendengar atau justru teralihkan dengan hal lain. Cara ini juga bisa melatih konsentrasi anak dan membuatnya belajar untuk menyimak apa yang diceritakan orang tua.

5. Menempelkan Bentuk Alfabet

Cara mengajarkan anak mengenal huruf abjad, selain dari pembelajaran praktek melalui latihan membaca, bernyanyi dan bermain, bisa juga dengan cara menempelkan abjad. Sederhananya bisa tempelkan bentuk huruf di dinding kamar anak supaya sering dilihat dan anak lama-lama semakin familiar.

Selain itu, bisa juga tempelkan abjad di beberapa tempat atau benda yang sesuai dengan huruf depannya. Misalnya, ketika mengenalkan huruf B tempelkan abjad pada mainan peraga seperti, bola atau balok, sambil sesekali tanyakan kepada anak.

6. Menerapkan Metode Repetitif

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam mengajarkan huruf kepada anak adalah dengan rutin mengulangi supaya semakin cepat terserap. Khusus dalam satu minggu fokuskan pada satu huruf depan yang berkaitan dengan benda sampai mulai terbiasa.

Bila perlu buat jadwal khusus untuk melakukan pembelajaran huruf ini melalui berbagai kegiatan dalam setiap harinya. Beri variasi supaya anak tidak mudah bosan dan tetap antusias dengan pengulangan pembelajaran yang dilakukan setiap hari.

Itulah beberapa cara mengajarkan anak mengenal huruf abjad melalui kegiatan sederhana yang dapat dilakukan di mana saja. Baik ketika berada di rumah atau ketika bepergian sebagai bentuk pembelajaran dasar untuk persiapan pra sekolah.

Share this post