als - new
cara mengajarkan anak baca tulis

Begini Cara Mengajarkan Anak Baca Tulis, Wajib Coba!

Sebagian besar orang tua tentu saja ingin anak-anaknya menjadi pintar dan bisa membaca dengan lancar. Untung saja, sudah ada banyak cara mengajarkan anak baca tulis yang sangat mudah untuk dicoba.

Secara sederhana, untuk mengajarkan baca tulis kepada anak dengan rutin diperlukan bantuan dari berbagai media. Bagi yang ingin tahu apa saja cara yang bisa dicoba nantinya, simak beberapa rekomendasi berikut ini:

1. Melatih dengan Bantuan Lagu

Cara mengajarkan anak baca tulis yang pertama ini bisa dilakukan dengan begitu mudah namun menggunakan bantuan dari media tambahan. Kali ini, setiap orang tua bisa mencoba untuk menggunakan bantuan dari lagu-lagu anak-anak yang memang mendukung.

Jangan lupa pula untuk memperhatikan seperti apa genre dan melodi yang ditawarkan oleh lagu yang dipilih. Sebaiknya pilih model lagu yang memang memiliki melodi yang simpel dan menjadi menenangkan saat didengarkan telinga.

Nantinya, orang tua bisa mencoba untuk mengajarkan bagaimana membaca sebuah kata atau kalimat tertentu. Sembari bernyanyi, mengajari baca tulis anak akan terasa lebih menyenangkan dan jauh dari rasa bosan.

2. Menggunakan Bantuan Flashcard Huruf

Kemudian ada cara mengaajrkan anak baca tulis yang lainnya yang tak kalah asik untuk dicoba langsung oleh para orang tua. Nantinya, bisa memulai dengan memanfaatkan bantuan dari media yang lain, seperti media berupa flashcard huruf.

Menggunakan bantuan dari media ini pun dianggap jauh lebih optimal dalam menunjukan hasil yang signifikan. Selain bisa membaca dengan lebih cepat, anak pun bisa lebih mudah dalam menghafal beberapa huruf tersebut.

3. Menempelkan Poster yang Mendukung

Ada sebuah cara mengajarkan anak baca tulis yang menarik lainnya yang juga menggunakan bantuan dari media. Ada banyak media berupa visual yang memang bisa dicoba dan dimanfaatkan dengan baik oleh orang tua.

Salah satu contohnya adalah menggunakan bantuan dari sebuah poster khusus yang menampilkan berbagai abjad latin. Selain itu, biasanya poster ini akan dilengkapi dengan gambar yang menarik yang akan memudahkan anak nantinya.

Jika tertarik cara ketiga ini, maka sebaiknya mulai dengan memilih poster yang berukuran kecil dahulu. Nanti bisa dipasangkan di kamar anak atau beberapa ruangan di rumah yang menjadi tempat bermain anak.

4. Membenahi Pengucapan yang Salah

Kemudian jika proses pengajaran baca dan tulis bagi anak sudah dimulai, maka coba cara mengajarkan anak baca tulis ini. Cara mengajarkan anak baca tulis ini dikhususkan untuk para orang tua yang bisa menemukan kesalahan pengucapan huruf dari anak.

Jangan dibiasakan untuk membiarkan kesalahan pengucapan itu terus berulang terjadi dan coba benahi seperlahan mungkin. Namun jangan sampai terlalu sering menunjukkan kesalahan yang dilakukan anak dengan cara yang terkesan tidak halus.

5. Mengajarkan Hafalan Suku Kata

Selanjutnya, ada cara mengajarkan anak baca tulis yang lainnya untuk dicoba dengan teknik yang lebih khusus. Teknik ini sejak awal lebih berfokus pada pembelajaran suku kata, bentuk lanjutan dari pengetahuan mengenai huruf.

Anak harus tahu mana huruf yang merupakan huruf untuk vokal dan mana yang termasuk konsonan. Selain itu, bisa juga mengajarkan untuk memadukan satu huruf dengan lainnya dalam kata-kata yang masih umum.

6. Menghafal Huruf Sembari Bermain

Kali ini, sebuah cara lainnya ketika ingin mengajarkan baca tulis adalah berfokus pada menghafal huruf. Namun cara ini mungkin bisa memerlukan waktu yang lebih lama tergantung pada kemampuan anak masing-masing.

Tak semua anak memiliki kemampuan yang mudah menyerap dan menghafal setiap huruf yang sudah dipelajari. Agar anak tetap merasa tenang dan nyaman, maka sebaiknya coba ajak menghafal huruf sembari bermain santai.

7. Menandai Barang di Rumah

Masih banyak yang tidak tahu, cara ini juga bisa dimasukkan ke dalam rekomendasi yang paling baik. Setiap orang tua bisa mencoba untuk memanfaatkan berbagai barang yang sudah ada di rumah masing-masing.

Terutama untuk barang-barang yang seringkali dilihat atau digunakan oleh anak, berilah tanda yang khusus. Misalnya dengan menambahkan keterangan nama dari barang tersebut sebagai tulisan yang simpel dan ditempelkan di sana.

Sementara itu, sebaiknya tetap ajak anak untuk saling berkomunikasi satu sama lain mengenai barangnya. Intinya, semakin banyak latihan yang dilakukan setiap hari, semakin mudah anak untuk mengingat nama barangnya.

Begitulah beberapa cara mengajarkan anak baca tulis yang sangat mudah dilakukan oleh orang tua saat ini. Ada berbagai media yang nanti bisa dimanfaatkan dengan baik mulai dari lagu hingga media yang visual. Jika ingin mengetahui lebih banyak terkait pendidikan bisa klik disini.

Share this post