als - new
cara mengajari anak susah memahami pelajaran

5 Cara Mengajari Anak Susah Memahami Pelajaran Sekolah

Karakteristik anak pada proses belajar sangatlah bervariasi, terutama pada kemampuan memahami materi baru. Cara mengajari anak susah memahami pelajaran sangat perlu diketahui oleh orang tua yang mempunyai anak dengan kondisi tersebut.

Tidak hanya orang tua, guru yang juga menghadapi siswa tersebut pun perlu paham cara yang tepat untuk mengajarinya. Berikut tindakan dan perlakuan tepat yang ditujukan untuk anak yang sulit memahami pelajaran.

1. Pahami Karakteristik Anak 

Tindakan yang harus dilakukan dan menjadi salah satu cara mengajari anak susah memahami pelajaran sehingga anak mudah memahami materi yang disampaikan yaitu memahami karakteristiknya dahulu. Apakah karakter anak tersebut malas, nakal, hiperaktif, atau justru pendiam dan sebagainya.

Hal ini penting dilakukan agar metode yang nantinya akan digunakan untuk menangani anak tersebut bisa berhasil. Orang tua dan juga guru harus mengamati dan bersedia mendekati anak secara personal agar mengerti karakteristiknya. 

Terkadang, ada anak yang tidak menampilkan karakter aslinya sehingga cukup sulit untuk diketahui kenapa anak tersebut sulit menerima pemahaman. Bisa jadi anak tersebut memang kemampuannya kurang sehingga kesulitan namun bisa juga hanya karena malas.

2. Memilihkan Tempat Duduk yang Tepat

Cara mengajari anak susah memahami pelajaran yaitu memperhatikan posisi duduknya di kelas. Anak yang lambat memahami pembelajaran mungkin saja akan lebih fokus jika posisi duduknya di depan.

Posisi duduk yang paling depan juga umumnya akan mempermudah guru dalam mengontrol siswa tersebut. Selain itu, siswa juga menjadi semakin jelas dalam mendengarkan suara guru yang sedang mengajar. 

Dengan demikian, maka materi pembelajaran yang sedang dipaparkan guru kemungkinan akan mudah dipahami siswa. Agar lebih berhasil, pilihkan teman sebangku yang lebih cerdas serta bersedia membantu proses pembelajaran siswa terkait.

3. Meminta Bantuan Guru BK

Cara mengajari anak susah memahami pelajaran bisa juga dengan guru kelas dan juga orang tua bisa meminta bantuan pada guru BK terkait dengan anak-anak yang sulit memahami pembelajaran. Seperti yang diketahui, tugas BK diantaranya adalah melakukan analisa penyebab masalah belajar para peserta didik.

Dengan bekal ilmu yang dimiliki, permasalahan siswa baik aspek psikologis maupun aplikatif akan bisa diketahui. Setelah diketahui apa penyebab anak menjadi sulit belajar guru lain dan orang tua bisa bekerja sama dalam mengatasinya.

4. Memotivasi Anak untuk Belajar

Kesulitan dalam memahami berbagai materi pengajaran memang dapat dikarenakan kurangnya pendorong atau motivasi. Dengan memberikan dorongan motivasi, anak yang memang kurang berkemampuan pun bisa menjadi pintar dalam pelajaran.

Karena itulah bijak bagi guru maupun orang tua untuk senantiasa memberikan rangsangan dan semangat agar giat belajar. Pemberian semangat untuk menghadirkan motivasi dalam diri anak bisa dilakukan melalui hal-hal berikut.

  • Susunlah rencana belajar bersama anak supaya anak memiliki waktu belajar yang jelas dan berikan semangat. 
  • Sebisa mungkin kondisikan agar proses belajar tersebut terasa nyaman karena dilakukan di tempat yang tenang dan nyaman. 
  • Apresiasi pencapain yang telah diraih anak meskipun pencapaian tersebut kecil.
  • Jangan meminta anak meraih hal-hal atau target yang melampaui batas kemampuan, pahami bersama bahwa hal utama dalam belajar adalah bagaimana prosesnya berlangsung bukan semata pada nilainya.
  • Berikan reward atas keberhasilan menjalani rencana belajarnya sehingga anak akan terus bersemangat.

5. Mendidik dengan Hati

Cara mengajari anak susah memahami pelajaran paling baik adalah mendidiknya dengan hati. Artinya, dibanding menyalahkan anak yang tidak bisa memahami pembelajaran, pendidik juga perlu melakukan introspeksi.

Jika metode yang dipakai mengajar kurang berhasil atau bahkan berjalan di tempat, maka kesalahan bukan pada siswanya. Mendidik penuh kasih sayang dapat menjadi jalan untuk menggugah siswa lebih semangat belajar.

6. Hindarkan Hukuman yang Mengakibatkan Anak Rendah Diri

Pada beberapa kondisi guru maupun ibu terkadang perlu memberikan hukuman agar sang anak mengerti perbuatannya salah. Yang perlu diperhatikan adalah jenis hukumannya tidak boleh sampai membuatnya down.

Cara mengajari anak susah memahami pelajaran tidak dengan Memberinya kata-kata hinaan mengenai ketidak pintaarannya bahkan di depan kelas akan memberikan pengaruh terburuk. Bagaimanapun tingkah kenakalannya, semua pihak harus bijak menjaga kondisi mental anak.

Itulah cara mengajari anak susah memahami pelajaran untuk dipraktekkan dengan baik demi anak tersebut. Kuncinya adalah memahami individunya dan konsisten mendidiknya dengan metode yang dirasa paling tepat.

Share this post