als - new
cara mengajari anak belajar umur 3 tahun

Cara Mengajari Anak Belajar Umur 3 Tahun, Orang Tua Harus Tahu !

Ketika anak telah berusia 3 tahun, para orang tua akan mendapatkan tantangan baru dalam merawat dan mendidiknya. Cara mengajari anak belajar umur 3 tahun tentunya berbeda dengan metode pada usia lainnya.

Pada usia tersebut umumnya anak mulai ingin melakukan banyak hal sendiri dan cenderung sulit untuk diatur. Tidak jarang orang tua menjadi kesulitan untuk mengajari anak agar belajar, maka cobalah terapkan cara berikut ini :

1. Berikan Instruksi Sederhana

Anak kecil jarang sekali yang akan berinisiatif untuk belajar kecuali jika sebelumnya telah distimulasi dengan baik. Jika distimulasi pun anak tentunya membutuhkan waktu cukup lama untuk memahami dan menjalankan apa yang dicontohkan.

Cara mengajari anak belajar umur 3 tahun cobalah ajarkan untuk mendengar dan kemudian melakukan instruksi mudah dan terbilang sederhana. Misalnya dengan memintanya mengambil benda yang mudah dijangkau olehnya, mematikan keran setelah memakainya bersama dan sebagainya.

Ketika anak tersebut selesai melaksanakan instruksi ucapkanlah terima kasih dan berikan sedikit pujian. Setelah anak mampu melakukan berbagai instruksi dengan senang cobalah ajak dirinya untuk melakukan kegiatan belajar.

2. Bermain Games Mendidik

Cara mengajari anak belajar umur 3 tahun yang menyenangkan adalah dengan mengajaknya memainkan game. Sekarang ini sudah banyak games khusus yang dibuat untuk dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran anak-anak.

Games-games tersebut bahkan bisa meningkatkan kemampuan kinerja otak anak sehingga akan membuatnya cerdas. Meskipun demikian, ketika anak memainkan game tersebut sebaiknya orang tua memberikan pendampingan agar pemanfaatan game lebih optimal.

3. Merangsang Rasa Ingin Tahu Anak

Agar anak lebih mudah diajari untuk belajar, cara mengajari anak belajar umur 3 tahun lain yang perlu dilakukan yaitu merangsang keingintahuan anak. Selama pertumbuhan, setiap anak mempunyai rasa ingin tahu yang cenderung berbeda-beda. 

Hal tersebut sangat tergantung dengan bagaimana cara orang tua memperlakukan dan mendidik anak-anak tersebut. Orang tua yang sering memberikan berbagai pengetahuan meskipun sang anak tidak bertanya, kemungkinan keingintahuan anak akan lebih besar.

Sang anak akan mudah penasaran dengan segala hal yang disaksikan atau ditemuinya sehingga cenderung lebih mudah diajak belajar. Saat mengajarinya belajar, mulailah dari sesuatu yang memang menarik bagi sang anak.

4. Mendampingi Anak Ketika Berinteraksi

Anak umur tiga tahun biasanya mulai mempunyai teman bermain, orang tua perlu mendampingi agar tahu bagaimana mereka berinteraksi. Saat berada diusia ini anak-anak biasanya akan meniru teman-teman sepergaulannya.

Maka dari itulah anak harus diarahkan untuk tidak meniru teman yang melakukan tindakan buruk. Selain itu, anak juga sebaiknya diberikan arahan bagaimana berinteraksi dengan baik seperti mengucapkan kalimat terima kasih, maaf, dan sebagainya.

Ketika bermain dengan teman yang ada di sekitar lingkungannya ini ibu juga bisa memanfaatkannya untuk belajar bersama. Apabila pembelajaran dilakukan bersama teman, anak-anak biasanya akan lebih antusias.

5. Ajarkan Kedisiplinan

Cara mengajari anak belajar umur 3 tahun bisa dengan membiasakan anak agar terbiasa disiplin sehingga nantinya anak akan mudah diatur. Buatlah jadwal khusus kegiatan sehari-hari lalu beritahukan jadwal tersebut kepada sang anak.

Beritahukan juga mengenai batasan waktu yang dimilikinya dan bimbing anak agar menjalankan jadwalnya dengan baik secara perlahan. Selain itu, orang tua pun perlu memberikan pemahaman bahwa kedisiplinan akan bermanfaat bagi anak itu sendiri.

Kedisiplinan ini sebenarnya tidak sekedar tepat waktu melakukan kegiatan sesuai jadwal yang sudah dibuat. Lebih dari itu, banyak hal yang juga terkait dengan kedisiplinan ini diantaranya yaitu : 

  • Anak perlu mengenali hal-hal atau perilaku yang benar dan juga salah.
  • Peraturan yang telah dibuat perlu dijelaskan ke anak agar mudah bisa dimengerti.
  • Kedisiplinan juga perlu disepakati bentuk konsekuensi ketika sang anak melanggarnya. 

6. Membacakan Cerita yang Relevan

Cerita atau dongeng memang bisa memberikan pengaruh besar pada anak-anak kecil sehingga hal ini bisa dimanfaatkan. Orang tua bisa memilih bacaan sebagai cara mengajari anak belajar umur 3 tahun yang menceritakan seorang anak yang rajin belajar agar si kecil terinspirasi.

Pilihlah buku cerita yang dilengkapi juga dengan gambar ilustrasi agar anak semakin tertarik. Ajak si anak untuk menjawab pertanyaan mengenai cerita yang telah dibacakan.

Itulah beberapa cara mengajari anak belajar umur 3 tahun yang paling tepat dan dipastikan berhasil. Kuncinya agar berhasil adalah orang tua harus konsisten dan sabar.

Share this post