als - new
cara mengajari anak belajar bahasa inggris

Bagaimana Cara Mengajari Anak Belajar Bahasa Inggris? Simak Dibawah Ini!

Dalam kehidupan sehari-hari pastinya akan menemukan kosakata dalam bahasa Inggris. Untuk itulah para orang tua harus perlu cara mengajari anak belajar bahasa Inggris agar tidak ketinggalan dengan teman sebayanya.

Harus dipahami terlebih dahulu bahwa mengajari anak bahasa Inggris bukan sekadar gaya tetapi kebutuhan. Bagi orang tua yang ingin mengajarkan bahasa Inggris kepada anak sejak dini, maka bisa memanfaatkan beberapa cara berikut: 

1. Ajarkan Kosakata Lebih Dulu

Cara mengajari anak belajar bahasa inggris yang pertama yaitu bahasa Inggris memiliki banyak kosakata dan beraneka ragam bentuk, jadi akan lebih tepat mengajarkan hal ini terlebih dahulu kepada anak. Misalnya dimulai dari kata benda seperti meja, kursi, lemari, dan lainnya.

Apabila dirasa kosakata anak sudah banyak, cobalah minta untuk menerjemahkan benda-benda yang ditunjuk ke dalam bahasa Inggris. Setelah dirasa artikulasi sudah tepat, maka bisa dilanjutkan untuk memperbaharui kosakata lainnya.

2. Ajak Berbicara dalam Bahasa Inggris

Cara mengajari anak belajar bahasa inggris selanjutnya yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah dengan mengajak komunikasi dalam bahasa Inggris pastinya. Dengan begitu akan mendorong anak untuk membalas dalam bahasa Inggris juga.

Untuk awal-awal, anak biasanya akan merasa kaget karena perbedaan komunikasi yang dilakukan. Akan tetapi jika sudah dilakukan berkali-kali, maka akan membuat anak jadi terbiasa berkomunikasi dengan bahasa asing ini.

Dikarenakan masih tahap awal mengajarkan bahasa Inggris kepada anak, sebaiknya gunakan kalimat pendek dan mudah dipahami. Ini dilakukan agar anak-anak bisa lebih mudah dan cepat dalam memahami pastinya.

3. Gunakan Flash Card & Poster

Mengenalkan bahasa Inggris kepada anak sejak dini bisa dengan memanfaatkan berbagai macam media, contohnya poster atau flash card. Umumnya kartu atau flash card ini dipakai untuk mengajari kosakata juga dan dilengkapi dengan gambar.

Dengan begitu anak akan bisa memvisualisasikan nama dan benda dalam bahasa Inggris lebih mudah. Selain itu juga bisa memasangkan poster makanan, binatang, dan lainnya dalam bahasa Inggris di tembok kamar tidur anak.

4. Bacakan Buku Cerita Berbahasa Inggris

Lalu cara mengajari anak belajar bahasa Inggris lainnya adalah dengan membacakan buku cerita pada anak-anak. Seperti diketahui bahwa anak-anak terutama di bawah usia lima tahun sangat tertarik dengan banyak cerita-cerita fantasi.

Momen ini bisa dijadikan sebagai langkah tepat untuk membantu belajar bahasa Inggris pada anak. Dengan begitu ketika sudah memasuki usia pendidikan formal, anak tidak akan merasa asing dengan kosakata bahasa Inggris.

5. Manfaatkan Teknologi yang Ada

Cara mengajari anak belajar bahasa inggris yang kelima, saat ini sudah ada banyak teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk membantu anak dalam belajar bahasa Inggris secara lebih cepat. Contohnya adalah aplikasi YouTube, dimana ada banyak tutorial belajar bahasa Inggris untuk anak-anak.

Agar anak lebih semangat dalam belajar, jangan lupa orang tua ikut mendampingi. Dengan begitu anak akan mendapatkan bantuan ketika ada kata atau kalimat yang sulit untuk diterima.

Tidak selamanya gadget memberikan dampak buruk untuk anak, nyatanya juga dapat membantu anak ketika belajar. Jangan lupa sediakan cemilan dan air minum agar tidak merasa lapar atau kehausan.

6. Carikan Guru Bahasa Inggris

Apabila orang tua sedang memiliki kesibukan, misalnya bekerja, dan tidak ada waktu untuk membantu belajar anak. Pilihan tepat jika mencarikan guru bahasa Inggris, sehingga anak mendapatkan pembelajaran dari ahlinya.

Sekarang ini sudah banyak tutor bahasa Inggris yang dapat dipanggil ke rumah kapan saja sesuai jadwal. Orang tua juga bisa memilih ingin tutor yang masih muda atau dewasa untuk membantu anak belajar.

Pastikan juga tutor yang dipilih sudah berpengalaman dalam menangani anak-anak, sehingga lebih mudah dalam membantu belajar. Orang tua bisa mencari lewat sosial media atau meminta rekomendasi dari teman.

7. Daftarkan ke Tempat Les

Cara mengajari anak belajar bahasa inggris yang terakhir jika ingin anak serius dan lebih terjadwal dalam belajar bahasa Inggris? Cobalah untuk mendaftarkan anak ke tempat les yang sudah berpengalaman dan terpercaya. Atau juga bisa mengikutsertakan ke bootcamp English.

Untuk langkah ini bisa dipakai untuk anak usia 6-9 tahun, dikarenakan sudah mendapatkan pendidikan formal di sekolah. Tinggal melanjutkan saja pembelajaran di tempat les atau bootcamp English tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa cara mengajari anak belajar bahasa Inggris yang dapat dicoba oleh para orang tua. Dengan mengajari anak di usia dini bahasa Inggris, maka akan memberikan bekal di masa mendatang.

Share this post