als - new
cara mengajari anak 1 tahun makan sendiri

6 Cara Mengajari Anak 1 Tahun Makan Sendiri Untuk Melatih Motorik

Sejak kecil anak harus sudah diajarkan untuk bisa makan sendiri. Bukan agar orang tua bisa bermalas-malasan dan membiarkan anak makan sendiri, tetapi ini dilakukan untuk melatih keterampilan dari bayi. Agar tidak salah, berikut ada cara mengajari anak 1 tahun makan sendiri:

1. Lakukan Pendampingan

Cara mengajari anak 1 tahun makan sendiri yang pertama yang perlu dilakukan pada saat mengajari anak untuk makan sendiri adalah dengan memberikannya pendampingan. Cobalah ajak anak untuk makan bersama dan berikan dirinya makanan sesuai dengan porsinya dan menggunakan piring sendiri.

Mengajak anak makan bersama dan bergabung pada saat keluarga berkumpul dan makan bisa jadi ajang yang tepat untuk mengajarinya makan. Bayi bisa melihat bagaimana orang disekitarnya makan dengan contoh yang benar.

Selain itu orang tua juga bisa mengawasinya dengan baik dan memberitahunya cara makan yang benar. Karena umurnya masih sangat kecil jadi wajar makannya akan tidak rapi dan berceceran.

2. Potong-Potong Makanan

Siapkan makanan-makanan yang mudah dimakan oleh anak 1 tahun. Umumnya jenis makanan tersebut adalah berupa sayur dan buah yang senagja sudah dipotong sedemikian rupa agar mudah untuk bayi memakannya.

Biasanya bayi 1 tahun akan kesulitan menyendok makanan. Jadi hindari makanan seperti mi dan juga nasi yang memang cukup sulit untuk anak seusianya. Berikanlah beberapa potong dari buah dan sayur atau makanan lain agar bayi mudah untuk memasukkannya ke dalam mulut.

Selain mudah dimasukkan kedalam mulut, beberapa makanan potong tadi juga mudah jika ditusuk dengan garpu. Ini bisa meminimalisir banyak makanan yang berhamburan karena cara makan bayi yang belum benar.

3. Ajari Untuk Duduk Saat Makan

Cara mengajari anak 1 tahun makan lainnya adalah dengan memberitahunya untuk duduk dengan tegak saat makan. Pastikan saat mengajari anak, dia sudah paham dan bisa duduk dengan tegak untuk makan.

Saat pertama kali, cobalah pangku anak dan hadapkan ke depan meja makan. Lalu posisikan bayi duduk di kursi khusus bayi agar posisinya tidak banyak berubah dan tidak jatuh. Kursi khusus tersebut bisa membuat bayi terbiasa duduk saat makan.

Jika tidak memilikinya bisa menggunakan kursi biasa namun diberikan penyangga semacam bantal. Tujuannya untuk menyangga posisi bayi agar tetap tegak saat duduk karena ini sangat penting untuk sistem pencernaannya.

4. Beri Porsi Kecil

Jangan berikan bayi porsi yang biasa dimakan sehari-hari saat proses belajar ini. Cobalah untuk memberikannya porsi yang sedikit terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk melihat apakah bayi benar-benar akan mencoba makan atau hanya memainkan makanannya itu.

Untuk pertama kali, berikan makanan dengan porsi yang kecil dahulu. Jangan kesal apabila menemukan bayi makan dengan kondisi yang acak-acakan dan tidak beraturan. Biasanya anak 1 tahun juga kebanyakan masih memainkan makanannya tersebut.

Jadi jangan heran apabila menemukan bayi sedang mengacak-acak piringnya dan kemudian menjilat dan menghisap sendok atau garpunya saja. Ini terjadi secara wajar mengingat kemampuan motorik bayi kebanyakan di usia satu tahun belum terlalu terbentuk.

5. Variasikan Makanan

Teruslah mencoba untuk mengajari anak 1 tahun belajar makan dan jangan menyerah. JIka bayi masih memainkan makanannya atau tidak memakannya sama sekali, mungkin anak kurang tertarik dengan makanan tersebut.

Bisa dicoba untuk melakukan variasi makanan yang lain agar bayi tidak bosan. Biasanya anak suka makan apa yang menurutnya enak secara rasa. Jadi cobalah memberikan jenis makanan lain yang disukainya. Lihat lagi bagaimana responnya apakah bisa dihabiskan atau tidak.

Ini juga sekaligus bisa mengajari anak untuk menjelajahi cita rasa makanan yang luas. Jika ada makanan yang ditolak dan tidak dimakan sama sekali bisa dicoba untuk diberikan lagi di waktu lain.

6. Jangan Terlalu Dipaksa

Cara mengajari anak 1 tahun makan sendiri yang terakhir, pada saat mengajari bayi makan pastikan untuk tidak terlalu memaksanya belajar. Pastikan untuk mengajari mereka disaat sedang kondisi yang bagus agar proses belajar menyenangkan.

Sabar dan tekun adalah kunci agar bayi bisa cepat belajar. Jika sedang tidak mau makan sendiri dan maunya disuapi, tidak usah memaksakannya dan bisa lakukan percobaan dilain waktu.

Nah itulah beberapa cara mengajari anak 1 tahun makan sendiri dengan baik dan benar. Meski tidak akan mulus, namun secara perlahan jika anak diajari dengan benar maka bukan hal yang mustahil anak bisa makan secara mandiri meski tidak akan selancar anak dengan usia diatasnya.

Share this post