als - new
cara mengajar anak paud menggambar

5 Cara Mengajar Anak PAUD Menggambar Dan Mewarnai Dengan Cepat

Menjadi seorang guru PAUD harus mengetahui berbagai cara mengajar anak PAUD menggambar. Menjadi guru harus paham banyak hal terkait anak didiknya. Meskipun menggambar adalah hal yang terbilang mudah bagi kaum dewasa namun perlu cara khusus untuk mengajari anak.

Menggambar bagi anak kecil hal yang menyenangkan bagi anak yang sudah pandai dan hobi menggambar. Namun bagi sebagian anak yang belum pandai menggambar menjadi hal yang sulit. Dengan begitu guru dapat menggunakan cara dibawah ini untuk mengajari anak menggambar suatu objek tertentu.

1. Ajak Anak Melihat Banyak Gambar

Cara mengajar anak PAUD menggambar untuk pertama kalinya yaitu dengan mengenalkan berbagai gambar yang sesuai dengan tingkat usia anak. Misalnya saja memperlihatkan gambar buah-buahan, sayuran maupun transportasi.

Pastikan menampilkan gambar dengan fokus objek satu saja dalam gambar dan gambar benda berwarna. Dengan begitu selain mengenalkan gambar pada anak juga secara langsung anak mengetahui warna yang cocok pada gambar.

Cara mengajar anak paud menggambar contohnya guru menunjukkan gambar apel dengan warna merah dan daun hijau. Selain mengenalkan gambar dan bentuk apel guru juga dapat menjelaskan warna pada gambar. Lakukan pengenalan gambar selama 2 sampai 3 kali pertemuan.

2. Libatkan Anak Dalam Memilih Gambar dan Alatnya

Cara mengajar anak paud menggambar selanjutnya dalam mengajar anak dalam menggambar ajak anak dalam memilih gambar dan alat. Karena anak akan lebih tertarik jika diajak berkomunikasi. Jika ingin menggambar tanyakan pada anak yang menginginkan menggambar apa dan menggunakan alat apa.

Dengan itu akan menstimulasi motorik anak dengan menanyakan menggambar apa hari ini atau memberikan dua opsi gambar yang akan dipilih untuk digambar ulang. Kemudian ambil keputusan bersama dalam hal ini.

Setelah menentukan gambar yang akan ditiru saatnya guru mengajak anak memilih warna yang cocok untuk gambar. Ajak anak terus berkomunikasi agar tetap fokus. 

3. Bawa Objek Benda Nyata

Membawa benda yang nyata akan memudahkan anak dalam menggambar objek. Untuk anak usia PAUD dapat menggunakan objek nyata berupa buah-buahan ataupun sayuran. Sehingga tidak perlu mengajak anak ke luar ruangan.

Misalnya berikan objek pada meja dengan opsi dua buah dan berikan pilihan pada anak untuk memilih salah satu benda. Jika sudah ada keputusan objek yang dipilih, ajak anak untuk mengamati benda dari segi bentuk dan warna.

Dampingi anak di setiap proses menggambar dan mewarnai. Kemudian ajak memakan buah yang sudah digambar untuk memberikan apresiasi pada anak agar tetap termotivasi dalam belajar sehingga memudahkan para orang tua dan guru dalam hal cara mengajar anak paud menggambar.

4. Berikan Contoh Menggambar Yang Baik

Sebagai seorang guru tidak cukup hanya mengenalkan anak dengan gambar ataupun benda nyata saja melainkan harus memberikan contoh cara menggambar benda tersebut. Terutama bagi anak usia PAUD tidak dapat menggambar benda hanya dengan melihat benda tersebut.

Cara mengajar anak paud menggambar yang paling penting yaitu dengan perlunya guru memberikan contoh menggambar pada anak di papan tulis agar anak dapat melihatnya dengan jelas. Jenjang anak PAUD pilih gambar yang mudah untuk dicontohkan seperti gambar buah ataupun hewan.

Misalnya menggambar buah jeruk cukup membuat gambar lingkaran dengan daun dan tangkai di atas lingkaran. Jika sudah mintalah anak untuk mencoba menggambar dengan meniru gambar guru.

Periksa hasil kerja anak saat mulai menggambar. Arahkan anak jika salah dalam membuat gambar dan jangan paksa anak untuk membuat gambar sempurna tapi dukung apapun yang anak mampu lakukan.

5.Biarkan Anak Berimajinasi

Cara mengajar anak paud menggambar yang terakhir, usia anak PAUD yang masih asyik bermain dan senang dengan dunianya hal ini juga berdampak pada saat pembelajaran berlangsung. Sebagai guru harus sebisa mungkin membuat suasana kondusif tanpa harus merusak suasana hati anak didik.

Semisal pada kegiatan menggambar jangan paksa anak menggambar sesuai dengan apa yang dicontohkan sebelumnya. Karena anak memiliki imajinasi tersendiri tentang apa yang dilihatnya.

Sebagai guru hanya perlu mengawasi dan mengontrol kinerja anak tidak untuk menyembunyikan hasil kinerjanya. Selesai menggambar arahkan anak untuk mewarnai gambar dengan warna yang sesuai. 

Untuk mengapresiasi hasil karya anak, guru dapat menampilkan semua gambar hasil karya pada ruang kelas atau ditempel di rumah masing-masing. Dengan demikian anak akan senang dan bersemangat untuk tetap belajar menggambar.

Jangan sekali-kali memaksa anak untuk menggambar karena jika hal tersebut terjadi akan membuat anak trauma dan kapok tidak mau menggambar lagi. Hal yang perlu dilakukan adalah mengajak dengan baik dan memberi waktu kepada anak untuk meredakan emosi.

Demikian penjelasan mengenai cara mengajar anak PAUD menggambar dan mewarnai gambar sesuai dengan contoh yang diberikan. Mengajarkan anak usia dini untuk menggambar adalah hal yang susah-susah gampang karena tidak semua anak memiliki skill yang sama.

Share this post