als - new
mengajar anak belajar matematika

7 Cara Mengajar Anak Belajar Matematika

Cara mengajar anak belajar matematika bisa dijadikan alternatif yang baik untuk mengisi waktu luang saat berada di rumah. Apalagi pembelajaran matematika ini memang cukup sulit untuk dipahami oleh anak.

Sekarang tidak hanya bisa belajar secara langsung di sekolah, namun pembelajaran tetap bisa berlangsung dengan  cara daring. Untuk itu, para ibu harus mampu memahami situasi ini agar belajar dapat dilakukan secara optimal. Berikut caranya:

1. Belajar Sambil Memasak

Belajar sambil memasak menjadi salah satu cara mengajar anak belajar matematika agar lebih menyenangkan. Kegiatan ini dapat mengasah kemampuan anak dalam bidang memasak serta bisa menghitung berapa lama waktu memasak.

Nantinya anak akan mendapatkan kebebasan dalam pemilihan makanan yang disukai. Selain itu bisa juga dengan mengajak anak belajar mengenai satuan waktu.

2. Belajar Sambil Menonton Kartun

Sambil menonton kartun  juga menjadi pembelajaran mudah untuk anak yang kurang gemar matematika. Dengan adanya kartun nantinya akan menciptakan suasana yang menyenangkan, dan bahkan ada hubungannya pada kehidupan anak di masa kini.

Sekarang banyak kartun yang memberikan edukasi terhadap anak untuk menunjang proses belajarnya. Jika diselingi dengan menonton kartun dapat dipastikan anak tidak akan bosan dan lebih senang belajar matematika.

Selama kartun tersebut masih ada kaitannya dengan pelajaran Tidak ada salahnya ditontonkan untuk anak. Ada film yang menyelipkan soal matematika yang bisa dijawab oleh anak.

Baca artikel lainnya

3. Belajar dengan Memanfaatkan Barang -barang Sekitar

Dengan menawarkan barang-barang sekitar juga menjadi salah cara, agar anak lebih suka pelajaran matematika. Biasanya para ibu memanfaatkan media yang sudah tidak terpakai seperti tutup botol biji-bijian yang dapat dijumpai secara mudah di rumah maupun di sekolah.

Barang-barang tersebut dapat dimanfaatkan untuk berhitung penjumlahan hingga perkalian. Hal ini, juga dapat melatih daya ingat anak tentang barang yang dijumpai agar lebih peka lagi terhadap lingkungan dan meningkatkan kemauan anak dalam belajar matematika

4. Belajar Sambil Bercerita

Bercerita juga menjadi salah satu cara, agar anak tidak bosan terhadap pelajaran matematika. Dengan menceritakan dongeng yang bisa mendorong anak berpikir tentang apa yang akan dibaca. Jangan lupa biasakan memberi pertanyaan kepada anak di sela-sela bercerita.

Ketika mengajar dengan konsep ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengakrabkan diri kepada anak. Nantinya, anak akan lebih dekat kepada orang tua dan komunikasi bisa terjalin lebih baik.

5. Belajar Sambil Bermain.

Jika terus belajar akan bosan dan monoton karena anak hanya boleh melakukan aktivitas itu saja. Sekarang cara mengajar anak belajar matematik, bisa menggunakan permainan tertentu, agar lebih menyenangkan. Bisa dijamin anak akan lebih semangat dan tidak malas belajar matematika.

Untuk itu jangan hanya berfokus pada pelajarannya saja namun harus lebih bijak lagi dalam memberikan pelajaran terhadap anak apalagi di usia dini. Tentu anak akan lebih suka bermain dibandingkan belajar.

Jika pembelajaran dilakukan secara tepat, tentu anak tidak akan bosan dan mampu memahami lebih cepat pelajaran tersebut. Untuk itu tips ini sangat cocok apabila anak tidak terlalu suka kepada pelajaran matematika.

6. Memakai Objek Asli

Kebanyakan orang tua akan mencari alternatif muda dengan memberikan anak mainan untuk pembelajaran matematika. Namun secara tidak disadari, anak juga perlu mengetahui pembelajaran yang nyata seperti batu kelereng lidi dan sebagainya.

Menggunakan media pembelajaran ini tentu anak juga dapat mengetahui benda-benda yang ada di luar serta dapat meningkatkan antusias belajar. Dengan menggunakan pembelajaran ini dijamin tidak akan membosankan dan anak dapat memilih benda sesuai dengan kesukaan.

7. Belajar Menggunakan Imajinasi

Tidak ada salahnya jika anak ingin tahu segala macam benda yang ada di sekitarnya. Tetapi ada orang tua yang melarang anaknya untuk keluar rumah dan harus berkegiatan sesuai dengan keinginan orang tua bukan atas dasar keinginan anaknya.

Hal ini tentu salah besar karena anak punya waktu untuk bermain serta melatih imajinasi dengan memanfaatkan benda atau mainan di sekitarnya. Imajinasi anak akan berpengaruh pada tumbuh kembang untuk melatih kemampuan berkomunikasi serta berbahasa yang benar.

Nah di atas merupakan 7 cara mengajar anak belajar matematika yang diselingi dengan beberapa aktifitas. Aktivitas-aktivitas pembantu lainnya tentu masih banyak hanya saja jarang digunakan untuk menunjang proses belajar matematika.

Share this post