als - new
cara mendidik anak yang suka berbohong

Cara Mendidik Anak yang Suka Berbohong Paling Efisien

Berbohong sekarang ini menjadi perbuatan buruk yang sangat biasa dilakukan oleh kebanyakan orang bahkan oleh anak-anak. Cara mendidik anak yang suka berbohong sangat perlu diketahui semua orang tua agar kebiasaan ini bisa dikendalikan.

Anak yang sejak kecil telah suka berbicara atau berperilaku tidak jujur tentu mengkhawatirkan dan harus dihentikan. Kebiasaan tersebut bisa saja menjadi sebuah karakter yang melekat, untuk itu simaklah penjelasan Cara mendidik anak yang suka berbohong berikut:

1. Jadilah Teladan Kejujuran

Cara efektif untuk mendidik anak tersebut bagi para orang tua adalah dengan menjadi sosok yang bisa diteladani terkait kejujurannya. Orang tua sebaiknya selalu berbicara jujur kepada anak dan menepati jika terlanjur berjanji.

Anak sangat mudah meniru setiap perilaku dan ucapan orang-orang terdekatnya terutama perilaku orang tua. Ketika anak mendapati bahwa ayah atau sang ibu berbohong maka anak akan menirunya.

Sedangkan jika orang tua memberikan contoh untuk selalu mengutamakan kejujuran dan memperlihatkan keuntungannya anak akan mulai menirunya juga. Nantinya semakin lama kebiasaan anak berbohong akan berkurang.

2. Bersikap Terbuka

Cara mendidik anak yang suka berbohong pada intinya adalah dimulai dari lingkungan paling dekatnya. Orang tua yang kurang bisa membangun komunikasi dengan anak juga menjadi pemicu perbuatan buruk tersebut.

Sebab, ketika anak merasa tidak begitu dekat dengan orang tua,sang anak akan segan untuk terbuka dan menceritakan kondisinya. Perlahan hal ini akan membuat anak suka menutupi kebenaran dan menjadi tertutup.

Itulah kenapa penting bagi orang tua untuk bisa bersikap terbuka selayaknya teman yang pengertian untuk sang anak. Ketika anak nyaman menceritakan berbagai hal kepada orang tuanya maka dirinya tidak akan berpikiran untuk berbohong.

3. Mengajarkan Bahwa Berbohong Akan Dijauhi Teman

Usia anak-anak tentu sedang sangat senang bermain bersama dengan para anak seusianya. Tidak jarang ketika terjadi perselisihan dan berhenti bermain bersama sang anak akan menjadi uring-uringan.

Fakta tersebut dapat dimanfaatkan oleh para orang tua untuk menyadarkan anak bahwa teman-temannya tidak akan suka bermain dengan pembohong. Orang tua bisa memberikan perumpamaan jika teman sang anak berbohong bagaimana pendapatnya.

Dengan perumpamaan tersebut akan akan mampu berpikir dan menyadari betapa merugikannya perbuatan tersebut. Kemudian, karena takut jika nanti dijauhi oleh teman-temannya anak tersebut akan berubah menjadi lebih jujur.

4. Mengapresiasi Setiap Pencapaian Anak

Cara mendidik anak yang suka berbohong salah satunya yaitu dengan memberikan perhatian yang cukup. Bentuk perhatian ini bisa berupa apresiasi pada pencapaian sang anak meskipun kecil sekalipun.

Sebaliknya, saat anak ternyata kurang berhasil dalam mencapai tujuan bahkan memiliki hasil yang buruk orang tua tidak boleh memarahinya. Sebab, perlakuan yang seperti ini bisa berpengaruh ke mental anak yang kemudian membuatnya segan.

Awal kebohongan anak biasanya adalah bentuk perlindungan dirinya untuk tidak terkena marah orang tuanya. Memberikan semangat dan motivasi jauh lebih baik dibanding hanya sekedar memarahinya saja.

5. Membacakan Kisah Mengenai Kejujuran

Umumnya anak sangat mudah terinspirasi dan meniru kisah-kisah dari buku cerita atau tontonan yang menarik perhatiannya. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk membantu menghentikan anak yang biasa berbohong.

Cara mendidik anak yang suka berbohong selanjutnya adalah dengan berikanlah cerita dengan tentang tokoh yang suka berkata bohong kemudian memperoleh akibat yang buruk atas perbuatannya. Setiap cerita tersebut selesai ajaklah anak menyimpulkan sebab akibat dari kisah tersebut.

Nantinya anak akan mengerti bahwa kebohongannya juga bisa berdampak buruk bagi dirinya tersebut. Maka secara perlahan anak akan takut dan berusaha menghentikan kebiasaannya berbohong tersebut.

6. Memberikan Hukuman yang Mendidik

Cara mendidik anak yang suka berbohong yang terakhir yaitu dengan memberikan hukuman. Dalam hal ini orang tua tidak disarankan memberi hukuman yang menyakiti baik mental maupun fisik.

Buatlah kesepakatan pada sang anak mengenai hukuman yang diterimanya ketika melakukan kebohongan. Hukuman yang dikenakan haruslah mendidik misalnya, menghafalkan surah tertentu, mengurangi uang saku, dan sebagainya.

Demikianlah cara mendidik anak yang suka berbohong dengan enam cara paling efisien untuk dilakukan para orang tua. Pada intinya jika orang tua bisa membuat kedekatan dengan anak dan menjalin komunikasi terbuka pasti pribadi anak baik.

Share this post