als - new
cara mendidik anak usia 15 bulan

Cara Mendidik Anak Usia 15 Bulan Dengan Mudah

Cara mendidik anak usia 15 bulan sebenarnya cukup mudah. Perkembangan bayi usia 15 bulan biasanya sangat cepat dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Orang tua mungkin akan terkejut dengan banyaknya hal baru yang bisa dilakukan.

Tingkah laku anak yang lucu dan unik yang baru bisa dilakukan dapat  mengejutkan orang tua.  Stimulasi seperti apa yang dapat orang tua berikan untuk membantunya tumbuh maksimal?

Selama dua tahun pertama memang sangat krusial untuk perkembangan kognitif anak. Fondasi untuk perilaku sosio-emosional, keterampilan bahasa, dan sistem sensorik dibangun selama ini. Berikut ini adalah ulasan untuk meningkatkan perkembangan anak usia 15 bulan.

1. Rangsangan Mengenali Ragam Benda

Cara mendidik anak usia 15 bulan yang pertama, anak akan mulai mengenal ragam benda di sekitarnya setelah usia satu tahun. Sebutkan benda-benda di sekitarnya terlebih dahulu.

Jika anak memiliki mainan gajah misalnya, maka orang tua bisa mengenalkan hewan gajah tersebut dengan memperkenalkan namanya, warna kulitnya, apa yang dimakannya, dan detail lainnya.

Selain itu, ibu masih bisa mengenalkan mobil, bus, jerapah, dan bola kepadanya dengan menggunakan mainan yang sudah dimilikinya. Kemudian Ibu juga bisa menunjukkan apa yang biasa dimakan. Sebutkan gelas, sendok, piring, dan garpu, beserta penjelasan singkat tentang kegunaannya.

2. Sering Ajak Si Kecil Bicara

Ketika seorang anak berusia 15 bulan, maka akan sering mulai meniru tindakan dan bahasa orang dewasa yang sering bersamanya. Sering-seringlah  ajak bicara si kecil, hal ini bisa digunakan untuk mendorong perkembangan bahasa anak.

Gunakan kalimat pendek, dua hingga tiga kata untuk mendorong anak mau meniru dan berbicara. Gunakan alat peraga jika perlu saat berbicara dengannya. Misalnya, tunjukkan piring dan gelas saat mengajaknya makan, atau tepuk-tepuk alas tidur, pembalut, dan penguat saat mengajak si kecil beristirahat.

3. Persilakan Si Kecil Menyelidiki

Cara mendidik anak usia 15 bulan yang selanjutnya adalah pada usia 15 bulan, si kecil juga mendapatkan beberapa pengetahuan berguna melalui penyelidikan. Salah satu jenis investigasi yang harus dimungkinkan adalah bermain. Keterampilan sosial dan motorik anak, serta kemampuan kognitifnya, semuanya dapat ditingkatkan melalui permainan.

Ini menarik sebagai cara mendidik anak usia 15 bulan. Cara seru dan mudah mengajak si kecil bermain Bermain dengan kantong plastik misalnya, mengajarkan si kecil bahwa saat diremas, plastik mengeluarkan suara gemerisik.

4. Melalui Buku Gambar

Pada perkembangan anak usia 15 bulan, orang tua dapat mulai membaca buku bergambar dengan intensitas tinggi. Pilih buku dengan gambar yang sudah dikenal anak , seperti buku dengan binatang, mobil, atau mainan.

Tunjukkan padanya nama-nama makhluk yang sering dilihatnya, seperti kucing, anjing, reptil, burung, kambing, dan lain-lain. Demikian pula berpusat di sekitar bagian tubuh makhluk itu, seperti telinga, mata, ekor, dan lain-lain.

Ini bisa dilakukan di sore hari saat sedang bersantai atau sesaat sebelum anak mengantuk dan tidur.

5. Ajari Anak Cara Menanggapi Dan Menjawab Pertanyaan

Cara mendidik anak usia 15 bulan yang terakhir adalah biasanya di usia ini, anak mungkin belum bisa berbicara dengan jelas. Meskipun demikian, orang tua dapat menunjukkan kepadanya cara membalas atau menjawab kalimat yang dibagikan orang lain kepadanya.

Misalnya, ajari anak untuk melambaikan tangan dan berkata “selamat tinggal…” saat Ayah berpamitan untuk bekerja. Atau sebaliknya menjawab dengan “Sangat wajib” saat diberi hadiah dan mainan baru, misalnya.

Para ibu sangat menyadari bahwa perkembangan kognitif anak sangat penting untuk perkembangan anaknya di masa depan. Bayi secara aktif mempelajari hal-hal baru dan menyerap informasi sejak lahir.

Sejauh mana seseorang mampu berpikir, menalar, memahami, mengingat, dan memecahkan masalah serta belajar disebut sebagai kemampuan kognitifnya. Perkembangan anak usia 15 bulan ini lebih ideal maka biasakan keseruan ini terus menerus dan lakukan secara konsisten.

Jadi, untuk menambah kebahagian dan memaksimalkan kemampuan anak, ingatlah untuk memberikan makanan dan minuman terbaik, karena ini pun ada hubungannya. Demikianlah tips dan cara mendidik anak usia 15 bulan dengan mudah.

Share this post