als - new
cara mendidik anak perempuan usia 8 tahun

Inilah 7 Cara Mendidik Anak Perempuan Usia 8 Tahun, Bisa Dicoba!

Anak perempuan atau laki-laki ketika sudah memasuki umur 8 tahun pastinya mempunyai pemikiran yang mulai kritis. Sedikit banyak akan membuat orang tua merasa bingung bagaimana cara mendidik anak perempuan usia 8 tahun dengan benar?

Banyak orang tua yang merasa bingung harus bagaimana mendidik anak perempuannya agar tidak salah langkah. Untuk mengurangi kekhawatiran para orang tua yang memiliki anak perempuan, maka bisa menyimak beberapa cara berikut.

1. Memberikan Pujian

Cara mendidik anak perempuan usia 8 tahun yang pertama, Hampir semua orang akan merasa senang jika mendapatkan pujian atas apa yang sudah dicapai, tidak terkecuali anak berusia 8 tahun. Di usia ini, anak perempuan masih banyak menuntut pujian-pujian kecil dari orang tuanya.

Meskipun hanya pujian kecil, akan tetapi dapat memberikan motivasi pada anak-anak. Dengan begitu si anak dapat terus bersikap baik, karakter serta kepribadian pun akan terbentuk secara perlahan. 

2. Memberikan Perhatian

Selain pujian, orang tua juga harus bisa memberikan perhatian kepada anak perempuannya. Perhatian yang dapat diberikan bisa berupa menanyakan bagaimana aktivitas di sekolah, apakah ada pekerjaan rumah atau tidak, dan lainnya.

Hal ini akan membantu terjalin komunikasi dua arah antara anak perempuan dan orang tuanya. Pastikan bahwa peran ayah dan ibu benar-benar terlaksana pada hal satu ini.

Ketika komunikasi terjalin dua arah antara anak dan orang tua, maka memberitahu mana yang baik dan tidak jadi lebih mudah. Dikarenakan pada usia ini banyak anak perempuan yang mulai memberontak sedikit demi sedikit.

3. Membuat Jadwal yang Jelas

Pembuatan jadwal ini bukan berarti untuk membatasi anak, namun membantu disiplin dalam beberapa hal. Sebagai contohnya adalah membuat jadwal bermain, mengerjakan PR, sampai waktu tidur. Jangan lupa untuk melibatkan anak dalam pembuatan jadwal ini.

Pembuatan jadwal ini pun sebenarnya juga akan membantu perkembangan emosi anak itu sendiri. Sebab ketika sudah masuk jadwal pastinya akan sedikit malas-malasan atau bahkan bisa melakukan pemberontakan kecil-kecilan.

4. Memberikan Tugas di Rumah

Lalu cara mendidik anak perempuan usia 8 tahun yang lainnya adalah dengan memberikan tugas ketika berada di rumah. Seperti diketahui bahwa anak perempuan identik dengan pandai memasak atau bebersih rumah, dan lainnya.

Akan tetapi dikarenakan masih berusia 8 tahun, maka orang tua dapat memberikan tugas seperti mencuci pakaian sendiri. Lalu suruh anak untuk membersihkan kasur dan melipat selimut. Selain itu juga bisa membantu mencuci piring di dapur.

Adanya tugas-tugas kecil yang diberikan kepada anak ini tentunya akan diingat dan dijadikan patokan ketika sudah besar nantinya. Sebab tidak selamanya anak perempuan akan hidup bersama dengan orang tuanya.

5. Mengadakan Sistem Reward

Waktu bermain dan belajar masih tidak seimbang di usia ini. Apabila diteruskan dan tidak ditegur pastinya akan berdampak pada akademik serta pola hidup anak. Cobalah memberikan reward pada anak jika berhasil dalam akademik di sekolah.

Misalnya, anak berhasil mencapai peringkat tertentu ketika pertengahan semester atau kenaikan kelas maka orang tua akan memberikan hadiah. Untuk hadiah yang diberikan ini bebas dipilihkan oleh orang tua atau menanyakan kepada anak.

Atau contoh sederhananya, anak-anak dapat mempertahankan kebiasaan baik selama di rumah. Nantinya orang tua akan memberikan hadiah berupa bintang, jika sudah banyak maka bisa ditukarkan dengan mengabulkan permintaan.

6. Mengajari Bertanggung Jawab

Bukan hal mudah untuk anak usia 8 tahun dapat bertanggung jawab penuh atas apa yang menjadi tugasnya. Sebab bisa jadi anak tersebut lupa atau malas untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. 

Peran orang tua disini sangat penting untuk mengingatkan pada anak agar lebih bertanggung jawab. Ajak bicara perlahan dan berikan pengertian bahwa setiap orang tidak bisa begitu saja melepaskan tanggung jawabnya.

7. Mengajarkan Berpikiran Mandiri

Cara mendidik anak perempuan usia 8 tahun yang terakhir, perlu diketahui bahwa membiasakan anak berpikir dari berbagai segi dapat membentuk pendapat sendiri. Orang tua dapat mengajak anak untuk membicarakan mengenai apa saja dalam satu hari ini dan dengarkan baik-baik.

Apabila ada hal menarik, tanyakan pendapatnya bagaimana. Dengan begitu kedepannya anak dapat diajak diskusi lebih baik dan membuat pikiran menjadi luas.

Itulah beberapa ulasan mengenai cara mendidik anak perempuan usia 8 tahun yang dapat dicoba terapkan di rumah. Selain itu pastikan dengan baik asupan dan pola makan teratur agar tumbuh kembang sempurna.

Share this post