als - new
cara mendidik anak perempuan usia 3 tahun

Cara Mendidik Anak Perempuan Usia 3 Tahun agar Tumbuh Kembangnya Baik

Mendidik anak perempuan berusia 3 tahun bukanlah hal mudah. Sebagai orang tua, perlu dipahami cara mendidik anak perempuan usia 3 tahun agar tumbuh kembangnya baik. Hal ini penting untuk dipahami agar tidak ada kesalahan mendidik.

Oleh karenanya, pada artikel ini akan diinformasikan tujuh cara mendidik anak perempuan usia 3 tahun yang tepat untuk balita perempuan usia tersebut. Setiap opsi cara akan dijabarkan satu per satu agar mudah dipahami. Berikut daftar dan penjelasannya:

1. Ajari Cara Mengendalikan Emosi

Saat anak berusia 3 tahun, biasanya berbagai emosi akan mulai muncul. Pada usia ini anak akan tahu bagaimana cara marah, sedih, bosan, atau bahkan bahagia. Meski demikian, anak usia 3 tahun masih belum bisa mengendalikannya.

Terutama saat marah, anak akan mudah melampiaskannya saat keinginannya tidak terpenuhi. Sebagai orang tua, penting untuk mulai mengajarkan cara mengendalikan emosi kepada anak. Proses ini harus diajarkan secara perlahan agar menjadi suatu kebiasaan.

Saat anak pertama kali melampiaskan amarahnya, maka biarkan sampai emosinya selesai. Setelah itu beri pengertian kepada anak bagaimana cara mengendalikannya. Hal ini juga berlaku untuk emosi lain yang mungkin muncul pada anak.

2. Ajari untuk Mengikuti Instruksi Sederhana

Cara mendidik anak perempuan usia 3 tahun yang kedua adalah dengan memberi ajaran untuk mengikuti instruksi sederhana. Ilmu ini penting agar membantu anak mudah beradaptasi dengan lingkungan lain selain di rumah.

Misal berikan perintah kecil seperti “Tolong ambilkan buku itu!”, atau perintah lain yang tidak terlalu membebani anak. Meski terkesan sepele, namun anak akan tahu bagaimana harus merespon sebuah permintaan tolong.

Jika sejak dini anak sudah diajari untuk mengikuti instruksi sederhana, maka saat masuk ke bangku sekolah anak akan tahu apa yang harus dilakukan. Hal ini tentunya akan memberikan hasil positif untuk anak.

3. Ajari Cara Berteman

Cara mendidik anak perempuan usia 3 tahun selanjutnya yaitu terkait keterampilan sosialisasi anak perempuan usia 3 tahun juga harus diasah. Oleh karenanya, orang tua harus bisa mengajarkan anak untuk berteman. Caranya adalah dengan memberikan waktu kepada anak untuk bermain bersama teman seusianya.

Biasanya saat masuk usia 3 tahun, anak memang sudah menunjukkan ketertarikannya untuk menghabiskan waktu dengan anak lain. Untuk itu, tidak ada salahnya membawa anak ke pusat bermain agar menemukan teman yang sesuai.

Namun di samping itu, beri pemahaman juga kepada anak tentang bagaimana berteman yang baik, apa yang boleh dilakukan sebagai teman, dan yang tidak boleh. Hal ini penting agar anak tahu batasan yang tepat untuk bermain.

4. Ajari Toilet Training

Sebelum usia 3 tahun, biasanya anak akan buang air di popok. Namun jika sudah masuk usia 3 tahun, maka akan lebih baik orang tua mengajarkan toilet training kepada anak. Dengan cara ini, anak akan lebih mandiri.

Proses ini bisa diajarkan saat siang hari. Apabila anak sudah mulai tertarik menggunakan toilet sendiri, segera ajarkan caranya dengan pendampingan. Selain itu, beri pemahaman kepada anak untuk mulai membiasakan melapor saat akan buang air kecil.

5. Ajari Makan dan Berpakaian Sendiri

Susunan cara mendidik anak perempuan usia 3 tahun selanjutnya adalah dengan mengajarkan makan dan berpakaian sendiri. Meski usia 3 tahun masih tergolong kecil, namun anak harus membiasakan diri dengan usahanya dalam makan dan menggunakan pakaian.

Proses ini memang akan memakan waktu dan tenaga. Namun jika sejak usia 3 tahun sudah diajari secara rutin, maka lambat laun anak lebih mandiri dan terbiasa melakukan semuanya tanpa bergantung pada orang tua.

6. Kenalkan Huruf dan Angka

Sebelum melangkah lebih jauh, akan lebih baik untuk mengenalkan huruf dan angka kepada anak. Pengenalan huruf dan angka menjadi batasan pelajaran sekolah yang pas. Dengan demikian, anak akan lebih siap saat masuk sekolah.

7. Ajari Kedisiplinan

Cara mendidik anak perempuan usia 3 tahun yang terakhir, ajari kedisiplinan kepada anak. Meski cara yang harus dilakukan sangat sulit dan memakan waktu, namun anak tetap harus diajari. Prosesnya bisa dengan menjelaskan batasan kepada anak, konsekuensi, serta apresiasi kepada anak.

Itulah tujuh cara mendidik anak perempuan usia 3 tahun yang paling pas untuk diaplikasikan. Tentu sebelum menjalankan cara-cara tersebut, orang tua harus mengenal karakteristik anaknya terlebih dahulu. Dengan demikian, penerapannya akan sangat mudah. Jika ingin mengetahui lebih banyak pengetahuan tentang pendidikan bisa klik disini.

Share this post