als - new
cara mendidik anak membaca

6 Cara Mendidik Anak Membaca dengan Mudah

Membaca adalah kemampuan paling dasar yang perlu dikuasai oleh setiap anak agar bisa melanjutkan pembelajaran lainnya. Cara mendidik anak membaca tentunya berbeda dengan cara mengajarkan kemampuan yang lain.

Membantu anak agar segera bisa membaca kata demi kata sampai kalimat yang cukup panjang pun tidak begitu mudah. Orang tua perlu meneguhkan niat dan kesabaran untuk melakukan beberapa metode berikut. 

1. Kenalkan Huruf Menggunakan Lagu 

Orang tua tentu sangat paham jika lagu dan musik sangat mudah diterima oleh anak-anak karena terasa menyenangkan. Maka cara mendidik anak membaca yang pertama yaitu dalam hal mengajarkan membaca pun keberadaan lagu bisa dimanfaatkan sebagai sebuah metode.

Banyak lagu yang memang dikhususkan untuk anak belajar membaca yang begitu mudah didengar dan ditirukan. Pastikan sajak dan iramanya sesuai dengan tahapan anak belajar membaca agar kata di dalamnya mudah dibaca.

Agar lebih terasa keseruannya, orang tua bernyanyi bersama anak dengan saling bertepuk tangan. Ajak anak untuk melafalkan lagu secara serempak sehingga keterampiln literasinya akan terangsang dan siap belajar membaca.

2. Tempelkan Poster Huruf dan Kata

Cara mendidik anak membaca paling sederhana namun sangat berpengaruh adalah dengan menempelkan poster berisi huruf dan kata. Hal ini bertujuan agar anak semakin biasa melihat huruf serta berbagai susunan kata sehari-hari.

Tempelkan beberapa poster di sekitar tempat anak biasa melakukan aktivitas baik belajar maupun bermain. Sesekali ajak anak memperhatikan poster dan minta dirinya menyebutkan huruf dan kata yang ada.

Ketika sedang bepergian biasanya sering terlihat baliho, maupun rambu-rambu dengan berbagai tulisan. Tunjuk tulisan pada benda-benda tersebut dan beritahu anak bunyi huruf dan kata-katanya agar anak semakin mengenal setiap huruf.

3. Memanfaatkan Flashcard Huruf

Cara mendidik anak membaca selanjutnya dengan memperkenalkan huruf pada anak sangat dianjurkan untuk menggunakan media tambahan sebagai pembantu. Media yang dipakai pun sebaiknya cukup beragam agar sang anak tidak cepat merasa bosan dan malas.

Selain poster, ada juga flashcard yang akan mempermudah anak mencerna pembelajaran sehingga cepat bisa membaca. Media ini bisa diperoleh dari toko buku maupun mainan, pilihlah tema gambar kesukaan sang anak.

Cara menggunakannya yaitu dengan menunjukkan kartu tersebut ke anak sambil menyebutkan huruf yang ditampilkan. Perkenalkan bunyi setiap huruf dan pengejaan setiap suku katanya dengan jelas sambil ditirukan oleh anak tersebut.

4. Bantu Anak Dalam Mengucapkan Bunyi Setiap Huruf

Cara mendidik anak membaca tidak bisa jika hanya mengenalkan hurufnya saja, yang juga penting adalah bunyi hurufnya. Anak yang masih sangat awal belajar untuk mengenal huruf pasti kesulitan dalam pengucapannya.

Tugas orang tualah untuk sigap membantu anak mengucapkan bunyi dari huruf-huruf tersebut secara tepat. Nantinya, pengucapan yang tepat tersebut akan sangat memudahkan anak dalam membaca setiap padanan kata.

Sebutkanlah masing-masing huruf dengan gerak bibir dan suara yang sangat jelas dan minta anak melakukannya juga. Lanjutkan dengan mengucapkan kata berakhiran huruf vokal baru kemudian kenalkan akhiran yang lain : 

  • Suku kata dengan akhiran huruf mati misalnya, kanan, tidur, siap, dan lainnya.
  • Kata dengan gabungan huruf “ng”, “ny” seperti, kepang, tanya dan sebagainya.

5. Gunakan Blok huruf

Selain flashcard dan lainnya ada juga blok huruf yang dianggap cukup efektif dalam mengajarkan anak untuk membaca. Flashcard sebenarnya cenderung membiasakan anak untuk menghafal, tetapi blok huruf mengajarkan untuk analisis huruf dan juga susunan kata.

Cara mengajar anak dengan blok huruf ini lebih menyenangkan karena anak tidak perlu mengeja per suku kata. Hal ini juga bisa membuat anak tidak bosan meskipun pembelajaran dilakukan cukup lama dan sering.

6. Melabeli Benda

Cara mendidik anak membaca yang terakhir ini memiliki maksud yang sama seperti metode lainnya yaitu untuk membiasakan anak melihat huruf. Tidak sekedar huruf yang asal ditemui di sembarang tempat atau benda, tetapi dengan memberi label nama pada benda terkait.

Tempelan kata meja pada meja tersebut dan pada benda-benda lain sesuai namanya masing-masing. Anak akan sering melihat tulisan tersebut dan dengan sendirinya mengenal setiap huruf-huruf dalam rangkaian katanya.

Demikian cara mendidik anak membaca dengan berbagai metode yang juga melibatkan media untuk membantu. Cobalah untuk terus mengajari anak dengan metode-metode di atas secara sabar dan semangat.

Share this post