als - new
cara mendidik anak dengan baik dan sabar

6 Cara Mendidik Anak Dengan Baik Dan Sabar, Tertarik Untuk Mencoba?

Banyak yang masih terus menggali bagaimana cara mendidik anak dengan baik dan sabar agar tak selalu marah-marah. Pada dasarnya memang memiliki sisi aktif sendiri yang kadang tidak bisa diimbangi. Sehingga membuat orang tua kewalahan.

Terlebih tak ada yang membantu dalam mengurus anak, dan pekerjaan rumah lainnya pun tetap Mom yang mengerjakan. Sabar adalah sifat baik pada diri seseorang. Namun hal ini juga tetap bisa dilatih, terlebih dalam mengurus anak. 

1. Perbanyak Rasa Syukur

Tips atau cara mendidik anak dengan baik dan sabar yang pertama yang dapat diterapkan adalah dengan memperbanyak rasa bersyukur. Anak adalah sebuah anugerah badan juga titipan, bahkan banyak yang belum bisa merasakan hal tersebut. Sehingga lebih bersyukur bisa menjadi obat. 

Rasa capek yang saat ini sedang dikeluhkan bisa jadi hal yang sangat didamba oleh orang lain. Selain itu jika terus mengeluh maka rasa capek dalam mengurus anak juga akan semakin besar. Sehingga rasa bersyukur perlahan hilang. 

Maka sebab itu salah satu cara mendidik anak dengan baik yang bisa dicoba adalah dengan mensyukuri nikmat telah diberikan kepercayaan seorang anak. Dengan banyak bersyukur, maka akan membuat Mom mudah berdamai dengan keadaan. Sehingga akan dengan sendirinya timbul rasa sabar.

2. Selalu Libatkan Allah Dalam Segala Hal 

Kemudian cara mendidik anak dengan baik dan sabar berikutnya adalah dengan selalu melibatkan Allah atas segala hal termasuk dalam mendidik anak. Sehingga Mom bisa lebih menerima dan legowo dalam mendidik anak. Karena anak dalam masa tersebut cenderung lebih aktif. 

Ini tak hanya dikhususkan untuk Mom saja, namun juga dad dan jadilah manusia yang penyabar. Jangan langsung memberikan nada tinggi saat anak melakukan kesalahan. Karena hal ini justru akan membuat anak semakin bandel dan mengganggu mental anak. 

3. Coba Dengarkan Apa Yang Hendak Dikeluhkan Anak

Jika memang anak sudah menginjak besar, tentu mungkin ada permasalahan yang sedang ia hadapi. Sehingga sebagai orang tua usahakan untuk dapat mendengarkan keluh kesah anak tersebut. Jadi dengarkan baik-baik. 

Sifat Badung anak kadang juga karena suatu permasalahan yang ia hadapi. Jadi alangkah baiknya jika tidak langsung memarahi dan menghakiminya. Namun ajak duduk bersama lalu tanya apa masalah yang sedang ia hadapi. 

Tentu permasalahan anak tidak seberat permasalahan orang tua, namun mental yang belum kuat menjadikan cara berpikirnya pun berbeda. Lalu pahami karakter dari anak tersebut. Kemudian beri nasihat yang sekiranya anak mudah memahaminya. 

4. Tanyakan Pada Diri Sendiri Kenapa Anak Rewel

Ini hampir sama seperti pada poin sebelumnya. Jadi yang perlu dilakukan adalah menanyakan apa sebenarnya penyebab kenapa anak menjadi nakal atau rewel. Mungkin karena kurang perhatian atau semacamnya. 

Jadi alih-alih menghakimi, maka lebih baik jika mencari sebab anak yang rewel atau nakal tersebut. Sebagai orang tua juga harus memahami apa yang sebenarnya anak inginkan atas tindakan tersebut. Atau justru karena ucapan Mom?

5. Recharge Tubuh Dan Pikiran 

Kemudian step cara mendidik anak dengan baik dan sabar berikutnya adalah dengan recharge Tubuh dan pikiran. Jika semua hal di atas sudah dilakukan namun tubuh dalam keadaan capek, maka tentu kurang maksimal. Karena ini sumber masalahnya.

Orang tua tak akan sabar dengan tingkah laku anak saat dalam keadaan capek apalagi lapar. Jadi yang bisa Mom lakukan nadalah dengan menyegarkan diri sendiri. Pastikan perut dalam keadaan terisi, sehingga perasaan marah bisa lebih dikendalikan. 

Bagi para mom juga perlu luangkan waktu untuk diri sendiri. Mungkin hal ini sudah lama tidak dilakukan sehingga akan cepat marah atas tindakan anak yang sedang menjengkelkan. Meluangkan waktu sejenak agar pikiran kembali jernih. 

6. Meminta Bantuan Orang Lain

Step terakhir sebagai cara mendidik anak dengan baik dan sabar adalah dengan meminta bantuan orang lain. Meminta bantuan orang lain bukan hal yang buruk untuk dilakukan. Jadi Mom bisa cari tahu lembaga yang menawarkan hal seperti ini.

Jadi cari lembaga yang sekiranya mampu mengatasi anak yang nakal. Atau bisa juga datang ke dokter psikologi atau terapis profesional. Hal ini dapat menjadi cara terakhir saat memang anak tidak bisa diatasi Mom lagi. 

Demikian adalah beberapa step cara mendidik anak dengan baik dan sabar yang bisa dilakukan. Intinya Mom bisa luangkan waktu sejenak agar otak bisa lebih jernih dan badan juga istirahat. Hal ini setidaknya akan meredakan amarah.

Share this post