als - new
cara mendidik anak balita agar cerdas

5 Cara Mendidik Anak Balita Agar Cerdas, Wajib Dicoba!

Artikel berikut akan membahas tentang 5 cara mendidik anak balita agar cerdas yang wajib dicoba para ibu-ibu muda. Saat ini, menjadikan anak unggul dari kawan seumurannya, bisa dilakukan sejak anak tersebut berusia dini.

Pada dasarnya, ada dua faktor yang bisa mempengaruhi kecerdasan balita dan anak-anak. Dua faktor ini terdiri dari genetika (gen bawaan orang tua) dan lingkungan. Dari dua faktor inilah balita dan anak-anak akan berkembang sesuai dengan usia mereka.

Namun, faktor genetik saja tidak cukup untuk membuat balita menjadi cerdas. Perlu beberapa metode untuk membuat anak usia balita dapat mengelola kemampuan sensorik, motorik, hingga bahasa.

Cara untuk Mendidik Balita agar Cerdas dan Pintar

Inilah 5 cara mendidik anak balita agar cerdas yang dirangkum dari berbagai sumber terpercaya. Cara mendidik anak balita dan tips berikut tentunya bisa dimanfaatkan sedemikian rupa, untuk mendukung terciptanya generasi Indonesia yang jauh lebih baik.

1. Mengenal Gaya Belajar yang Cocok untuk Balita

Pada usia balita yaitu antara 1-5 tahun, anak-anak cenderung memiliki kemampuan belajar yang jauh lebih besar. Pada masa ini, perkembangan otak si kecil sedang dalam fase terpesat.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui cara mendidik anak balita dengan selalu mengawasi dan mengenal bagaimana cara dan gaya belajar yang cocok diterapkan pada balita di rumah. Adapun gaya belajar yang paling umum dikenal ada 3:

  • Visual: mengandalkan kemampuan indera pendengar.
  • Auditori: mengandalkan kemampuan indera penglihat.
  • Kinestetik: mengandalkan kemampuan gerakan atau olah tubuh.

2. Pemenuhan Asupan Nutrisi yang Baik

Sistem atau gaya pembelajaran yang baik yang merupakan bagian dari cara mendidik anak balita tidak akan berjalan mulus tanpa adanya usaha untuk memenuhi gizi dan asupan nutrisi bagi si kecil. Hal ini bisa diibaratkan seperti mengisi sebuah ember berlubang dengan air.

Walau air tersebut lama kelamaan akan penuh, namun air ini juga nantinya akan bocor keluar. Inilah mengapa pentingnya menjaga asupan nutrisi balita di rumah dengan sebaik-baiknya.

Jika asupan tersebut dapat dikelola dengan baik, maka nutrisi yang diterima si kecil juga akan lebih besar. Asupan sumber gizi berupa energi, vitamin, lemak, dan lainnya, akan terdistribusi ke seluruh tubuh dengan membawa banyak manfaat.

3. Ajari Anak Berbicara dan Bereksplorasi

Tahukah pembaca bahwa mengajak balita berbicara dan bereksplorasi termasuk cara mendidik anak balita yang merupakan dua hal penting yang dapat mendukung kemampuan otak mereka untuk berkembang? Anak-anak di usia emas ini akan banyak menyerap pengetahuan, untuk kemudian dipelajari secara perlahan.

Selain itu, eksplorasi sejak dini juga dipercaya mampu membangun sisi percaya diri dan keahlian seorang anak. Tidak ada salahnya untuk mencoba dua hal ini sejak mereka berusia di bawah lima tahun.

4. Mengasah Sisi Emosional Anak

Sejak kecil, anak-anak sudah diciptakan lengkap dengan emosi yang beragam. Bedanya dengan orang dewasa, anak-anak ini cenderung belum paham dan belum mengerti bagaimana cara mengatur emosi tersebut.

Untuk itu, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membantu si kecil dalam mengolah dan mengasah sisi emosional tersebut. Karena tanpa disadari, kecerdasan emosional akan sangat berpengaruh saat anak-anak ini beranjak dewasa.

5. Hargai Proses Belajar Mereka

Tak hanya orang dewasa, anak-anak usia balita juga butuh diperhatikan dan dihargai saat mereka mau berproses untuk belajar. Bahkan, hal ini juga dibuktikan oleh para peneliti di luar negeri.

Pasalnya, beberapa anak yang dihargai sejak kecil (oleh orang tua mereka tentunya) memiliki kemampuan analisa serta akademik yang jauh lebih baik, dari anak-anak usia sebaya yang kurang mendapat penghargaan. Anak tentunya juga akan merasa termotivasi dan mendapat dukungan.

Dua hal ini nantinya juga akan berpengaruh terhadap sisi perkembangan mental si kecil. Mereka tentunya akan tumbuh menjadi anak yang jauh lebih cerdas, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki banyak hal unggul lainnya.

Manfaat Mendidik Anak Sejak Usia Balita

Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan, baik oleh orang tua atau anak itu sendiri, ketika mereka dididik sejak usia balita. Inilah beberapa manfaat besar tersebut:

  • Emosi anak-anak lebih terkontrol dan berpeluang tumbuh menjadi sosok yang penuh empati, kasih sayang, dan penuh cinta.
  • Balita akan tumbuh dengan baik, serta memiliki kemampuan lebih dalam berinteraksi sosial.
  • Melatih konsentrasi serta percaya diri.
  • Mengolah rasa sabar.
  • Meningkatkan indeks SDM.

Itulah 5 cara mendidik anak balita agar cerdas serta manfaat besar yang bisa diambil. Ingat! Jangan sampai masa kecil anak-anak dicekoki dengan hal-hal yang tidak bermanfaat, karena faktor tersebut akan berpengaruh hingga ke kehidupan mereka saat dewasa.

Share this post