als - new
cara efektif mengajari anak belajar membaca dan menulis

Mengetahui Bagaimana 10 Cara Efektif Mengajari Anak Belajar Membaca dan Menulis, Mari Disimak!

Guna mengembangkan kemampuan literasi anak, upaya yang bisa orangtua lakukan adalah mengajarkan membaca. Namun, tak semua orang tua punya basic mengajar. Jadi, tak banyak yang tahu cara efektif mengajari anak belajar membaca dan menulis di rumah.

Tak apa-apa mengajari anak literasi atau membaca dan menulis di usia muda, sebab hal ini menguntungkan bagi tumbuh kembangnya. Lantas, bagaimanakah cara efektif mengajari anak belajar membaca dan menulis? Simak pembahasan berikut ini ya!

Cara Efektif Mengajari Anak Membaca

Membaca adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki anak agar dapat mempelajari berbagai hal di sekitarnya. Mengajari anak belajar membaca memang susah-susah gampang, karena tak semua orang tua mengerti caranya dan kecepatan anak menerima pelajaran itu berbeda-beda.

Namun, bukan berarti orangtua tidak bisa mengajari anaknya membaca di rumah. Ada lho cara efektif mengajari anak belajar membaca dan menulis yang bisa dilakukan sendiri oleh orangtua di rumah. Lalu, bagaimana langkah-langkah mengajarkan? Mari simak pembahasan berikut: 

  • Jangan terlalu memaksa anak. Jangan pernah memberikan pressure pada anak saat mengajarkan membaca. Biarkan anak belajar sesuai dengan kemauan serta kemampuannya, karena energi dan batasan fokus belajar anak berbeda-beda. Memaksa bisa membuatnya stress atau trauma.
  • Berikanlah dukungan penuh. Salah satu cara efektif mengajari anak belajar membaca dan menulis adalah memberikannya dukungan. Bentuknya macam-macam, bisa berupa pujian atau hadiah. Hal ini akan membuat anak termotivasi dan semakin bersemangat dalam belajar membaca.
  • Pastikan anak mengenal huruf dengan baik. Anak akan kesulitan untuk memahami suku kata ataupun kata jika huruf-hurufnya tidak dikuasai dengan baik dan sering tertukar. Untuk melatihnya tanpa disadari, sering-sering ajak anak untuk bermain tebak huruf.
  • Perkuat pemahaman fonemiknya. Bunyi ujaran serta fungsinya sebagai pembeda arti merupakan hal yang dipelajari dalam fonemik. Latih dasar fonemik anak dengan bergantian membaca bersuara lantang, bermain rima, dan memecah kata panjang menjadi beberapa suku kata.
  • Bantulah anak memahami apa yang dibacanya. Cara efektif mengajari anak belajar membaca dan menulis para orangtua bisa menyertakan gambar di setiap kata yang anak tengah pelajari. Tunjukkanlah dulu katanya, jika anak sudah berhasil membaca katanya, tunjukkan gambar kata tersebut agar anak lebih memahami kata-katanya.
  • Berikanlah buku yang tepat untuk anak. Carilah buku yang 90% kata-katanya sudah dimengerti oleh anak. Dengan memahaminya, anak akan lebih fokus membaca sendiri, tanpa harus terdistraksi dengan rasa penasaran mengenai arti kata yang dibaca olehnya.

Cara Efektif Mengajari Anak Menulis

Agar cara efektif mengajari anak belajar membaca dan menulis bisa benar-benar efektif, ada hal yang harus orangtua perhatikan terlebih dahulu. Pastikan tangan anak sudah siap untuk memulai kegiatan menulis dengan cara melatih dulu otot-otot tangannya.

Latihannya sederhana, bisa dengan merobek, menjepit, melipat, serta membuat bola kertas. Selain itu bermain playdough, memainkan balok dan puzzle, dan menghubungkan titik-titik di kertas bisa dijadikan sarana latihan. Jika dirasa sudah kuat, lakukanlah langkah-langkah berikut:

  • Mengajak anak untuk menebalkan huruf. Langkah ini biasanya juga dilakukan oleh lembaga belajar profesional. Anak-anak akan diperintahkan untuk menebalkan huruf yang berbentuk garis putus-putus. Selain bisa mengenalkan huruf, lambat laun anak akan terbiasa untuk menulisnya.
  • Mengarahkannya untuk menjiplak huruf di kertas. Setelah lancar menebalkan huruf, ajak anak untuk menjiplak huruf. Anak bisa meniru dan menulis sebuah huruf di atas kertas tipis dan transparan dengan lebih bebas, tanpa harus terbelenggu pola.
  • Mengajarkan anak untuk menulis huruf tunggal. Apabila anak sudah menguasai kemampuan di atas, berilah satu contoh huruf dan biarkan anak menuliskannya sendiri. Jika sudah lancar menulis satu huruf, ajarkan untuk menuliskan kata-kata dan kalimat singkat.
  • Melatih anak secara rutin. Menulis adalah keterampilan yang harus dilatih terus-menerus, tidak bisa sekali latihan saja. Semakin rajin dan rutin berlatih menulis, kemampuan anak memegang alat tulisnya pasti meningkat dan anak akan terbiasa untuk menulis.

Sebagai orangtua, jangan sepenuhnya memasrahkan semua latihan membaca dan menulis kepada guru anak di sekolah. Penerapan cara efektif mengajari anak belajar membaca dan menulis ini bisa menjadi bekal anak memahami pelajaran di awal masa sekolahnya.

Share this post