als - new
cara cepat menghafal perkalian

6 Cara Cepat Menghafal Perkalian untuk Anak-anak

Banyak yang menganggap bahwa perkalian merupakan materi yang cukup sulit sehingga perlu untuk sering dilatih. Cara cepat menghafal perkalian perlu diketahui agar pembelajaran materi perkalian tersebut bisa lebih cepat dikuasai.

Anak memang mempunyai ingatan yang cenderung lebih baik jika dibanding dengan ingatan orang dewasa. Meskipun demikian, untuk memudahkan pembelajaran orang tua perlu membantu dengan cara berikut.

1. Mulailah dari Angka yang Mudah

Dalam perkalian, angka yang terkecil belum tentu lebih mudah untuk dipelajari dan dihafalkan. Untuk itu, mulailah hafalan dari angka yang mudah terlebih dulu agar tenaga yang digunakan lebih sedikit.

Cara cepat menghafal perkalian bisa dimulai dengan angka 1 kemudian triknya adalah lanjutkan dengan perkalian angka 10. Pemilihan angka tersebut karena lebih mudah dihafal, setiap angka yang dikali 10 hasilnya angka itu sendiri dengan tambahan 0.

Lanjutkan dengan angka yang mudah lainnya yaitu 5, dimana setiap hasil perkaliannya selalu menghasilkan angka 5 maupun 0 di belakang. Kemudian lanjutkan lagi dengan angka berikutnya yang juga mudah dikalikan yaitu angka 3 dan lainnya.

2. Menggunakan Gambar Bunga Perkalian

Cara cepat menghafal perkalian lainnya yaitu dengan melibatkan bantuan gambar berupa bunga perkalian. Dengan metode ini anak-anak akan terdorong untuk lebih mudah dalam mengingat angka dengan jumlah besar.

Metode menghafal perkalian satu ini biasa disebut juga dengan istilah tabel bunga waldorf. Bunga tersebut memiliki 12 kelopak dimana sang anak nantinya harus menulis angka 2 sampai dengan 12.

Selanjutnya, buat set gambar lagi dengan kelopak 12 buah yang diisi angka tengah untuk dikalikan dengan kelopak yang lainnya. Tabel bunga ini begitu menarik dan unik sehingga akan memudahkan anak untuk menghafalkan perkalian.

3. Manfaatkan Kartu Perkalian

Cara cepat menghafal perkalian anak bisa dibimbing dengan satu metode maupun lebih tergantung kemauan orang tua dan anak terkait. Metode lain yang juga cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengingat.

Kartu perkalian bisa diperoleh di toko khusus peralatan sekolah, toko buku, dan bahkan toko mainan. Mainkan kartu tersebut dengan melibatkan 2 orang pemain dimana masing-masing akan membuka kartu yang berisi angka.

Kedua buka kartunya secara bersamaan lalu ketika angkanya muncul kedua pemain wajib menjawab hasil perkalian dari angka tersebut. Pemain yang jawabannya benar berhak menyimpan kartu, pemenangnya adalah yang paling banyak memperoleh kartu.

4. Menggunakan Trik Jari

Cara cepat menghafal perkalian dengan trik jari ini populer bagi anak-anak Korea, Jepang, dan juga China. Metode jari sangat cocok pada perkalian angka 9, meskipun masih asing di Indonesia tetapi bisa ditiru dengan cara berikut.

  • Telapak tangan posisikan untuk menghadap ke arah bawah.
  • Tangan kiri dan seluruh jari sebelah kiri sesudah satu jari yang sebelumnya telah dilipat merupakan angka puluhan.
  • Semua jari yang di sebelah kanan sesudah satu jari sebelumnya dilipat merupakan angka satuan.
  • Lipat jari yang merupakan angka pengali dari arah kiri lalu menuju ke arah kanan.
  • Disini, kelingking yang sebelah kiri akan mewakili pengali 1, kemudian jari manis sebagai wakil pengali 2, seterusnya sampai nantinya selesai di jari kelingking kanan yang mewakili pengali 10.

5. Menggunakan Teknik Mnemonik

Teknik ini digunakan untuk memperoleh ingatan melalui bantuan dari simbol, dan sejenisnya. Mnemonic ini lebih mudah lagi jika dilakukan dengan menyanyikan kodenya menggunakan nada dari lagu populer.

Cara satu ini cukup populer dilakukan untuk membantu hafalan anak-anak dengan berbagai materi. Orang tua hanya perlu mengajari anak bernyanyi lagi tertentu dengan lirik yang diganti menjadi daftar perkalian dan hasilnya.

6. Lakukan Kuis Sederhana

Setelah mulai berhasil hafal beberapa perkalian, cara cepat menghafal perkalian yang terakhir yaitu anak perlu terus dipicu ingatannya yakni dengan menggunakan kuis. Orang tua bisa mengajak anak bermain kuis yang pertanyaannya adalah hasil dari perkalian-perkalian angka.

Agar lebih seru kegiatan ini bisa melibatkan beberapa orang anak dan berikan hukuman yang menghibur pada peserta yang kalah. Supaya pemenangnya tidak merasa kecewa siapkanlah hadiah kecil untuknya.

Itulah cara cepat menghafal perkalian dengan berbagai trik atau metode populer yang terjamin keberhasilannya. Orang tua memiliki peran untuk membimbing anak-anak tersebut dan memastikan hafalannya berhasil.

Share this post