als - new
cara belajar baca anak tk

Inilah 7 Cara Belajar Baca Anak TK yang Efektif

Para ibu-ibu yang mempunyai anak TK biasanya memperdebatkan mengenai cara belajar baca anak TK yang benar untuk melatih membaca. Sebetulnya cara belajar baca anak T yang efektif banyak sekali bentuknya karena sebetulnya tidak perlu diajari anak sudah bisa memahami hal tersebut.

Namun terkadang ada sebagian orang tua yang meragukan hal tersebut. Padahal anak TK sudah sepatutnya mengenal berbagai angka dan huruf. Untuk penjelasan selengkapnya simak ulasan berikut:

1. Lebih Mendekatkan Anak pada Buku

Cara belajar baca anak TK yang pertama dengan mendekatkan pada buku menjadi salah satu cara belajar baca anak TK yang lebih efektif. Nantinya anak pasti akan lebih suka terhadap buku ketimbang dengan permainannya.

Tips ini bisa dilakukan dengan cara menggabungkan bermain dengan membaca agar anak menjadi terbiasa. Namun untuk anak TK, disarankan tidak terlalu sering melakukan hal ini karena akan membuat anak jenuh.

2. Mengenalkan Huruf pada Anak

Dengan mengenalkan huruf satu persatu tentu akan membuat anak lebih cepat bisa. Awal-awal kenalkan huruf vokal terlebih dahulu sebelum huruf yang lainnya. Jangan dulu kenalkan huruf lainnya karena tidak semua otak anak mampu memahaminya.

Dengan mengenalkan huruf pada anak tidak akan membosankan dan bisa diterapkan di mana saja bukan hanya di sekolah. Jika ada bentuk huruf dengan berbagai karakter akan menjadi penunjang untuk anak lebih menyukai aktivitas belajar ketimbang bermain.

3. Mengajari Anak Suku Kata

Setelah mengenal beberapa huruf selanjutnya anak juga perlu memahami suku kata. Step ini terbilang cukup rumit karena penggabungan satu huruf dengan huruf yang lainnya.

Jika sekolah TK tentu oleh gurunya akan diajarkan suku kata, karena menjadi hal yang dasar. Jika sudah mulai mengenal suku kata tentu akan mempermudah anak bisa membaca dengan cepat.

4. Jangan Memaksa Anak Untuk Belajar

Perlu diketahui juga bahwasanya untuk proses belajar sebagai orang tua tidak boleh memaksakan anaknya. Anak memiliki ruang dan kapasitasnya sendiri-sendiri dan tidak boleh dibandingkan dengan anak lainnya.

Kebiasaan orang tua adalah menuntut anak mampu untuk melakukan sesuatu hal dengan melihat kemampuan dari anak orang lain. Tentu hal ini menjadi salah satu penghambat dan bisa menyebabkan anak tidak mau sekolah.

5. Mengajari Anak Membaca Kata Utuh

Apabila sudah mengenal huruf dan suku kata tentu langkah selanjutnya adalah mengajari anak membaca kata utuh. Memanglah tidak mudah mengajari anak kata utuh namun jika setiap hari dilakukan akan menjadi suatu kebiasaan dan kelamaan anak akan mampu.

Mengajari anak anak TK diperlukan bimbingan dari guru dan juga orang tua saat berada di luar sekolah. Pelajaran anak TK ini tidak sesulit anak SD namun guru akan lebih ekstra mengajar karena masih banyak keinginan bermain ketimbang belajar.

Mulailah dengan mengajarkan anak membaca majalah atau cerita pendek saat di sela-sela bermain maupun sebelum tidur. Bisa dilihat kebanyakan anak lebih suka mendengarkan ketimbang membaca jadi untuk para ibu harus lebih telaten lagi.

6. Konsisten Dalam Mengajari Membaca Anak

Kebanyakan Ibu tidak tega jika anaknya lebih dominan ke bermain ketimbang belajar. Biasanya jika tidak dituruti Anak akan menangis sehingga mau tidak mau harus menuruti keinginannya.

Namun apabila memberikan durasi belajar tentu tidak akan membuat anak jenuh. Berikan waktu 5 hingga 10 menit untuk proses belajar dan selanjutnya bisa untuk bermain.

Dengan menerapkan Hal ini tentu anak tidak akan malas dan nurut jika sedang berada di sekolah. Anak akan membawa karakter di rumah ke sekolah, oleh karena itu harus bisa membagi jam belajar dan batasan bermain.

7. Menempelkan Kertas Bacaan

Cara belajar baca anak TK yang terakhir dengan menempelkan kertas bacaan di rumah juga menjadi salah satu penunjang agar anak cepat bisa membaca. Dengan menempel kertas pada setiap sudut kamar otomatis akan dilihat setiap hari.

Selain itu para ibu bisa membuat strategi cara belajar baca agar anak lebih bersemangat lagi. Dengan berlatih setiap hari akan membuat anak lebih cepat bisa memahami tiap-tiap bacaan yang diajarkan

Demikian mengenai beberapa tips cepat atau cara belajar baca anak tk yang efektif. Dengan membiasakan anak membaca sejak dini tentu akan mempermudah dalam menerima materi ketika sudah bersekolah dasar. Jika ingin mengetahui seputar pendidikan lainnya bisa klik disini.

Share this post