als - new
biaya les privat ngaji per bulan

Biaya Les Privat Ngaji Per Bulan Untuk Mengajar Al-Qur’an

Pendidikan agama menjadi penting dan wajib didapat entah dimulai sejak dini maupun sudah lansia, salah satunya adalah dengan belajar mengaji. Bagi yang berniat belajar mengaji, terkadang biaya les privat ngaji per bulan menjadi bahan pertimbangan.

Biaya les privat ngaji per bulan ini diperlukan untuk membayar jasa guru yang akan membantu mengajarkan membaca Al-Qur’an. Tarif ini akan berbeda-beda sesuai dengan usia dan lamanya waktu dalam mengajar.

Biaya Les Privat Ngaji

Bagi yang serius ingin belajar membaca Al-Qur’an, seorang muslim bisa menyewa guru atau ustadz untuk mengajarkan mengenai cara membaca Al-Qur’an. Saat ini telah banyak jasa-jasa guru mengaji dengan tarif dan waktu yang ditentukan.

Jasa guru les privat ngaji ini juga tidak hanya mengajarkan bacaan ayat Al-Qur’an saja tetapi juga bisa membantu hafalan atau belajar tajwid. Hal ini pun tergantung kesepakatan antara murid dan guru.

Metode belajar privat ini dilakukan dengan cara menyampaikan materi belajar islam, terutama dalam membaca ayat Al-Qur’an dengan benar sesuai tajwid. Pembelajaran secara privat ini akan lebih intens karena hanya terdiri guru dan murid.

Mengenai biaya les privat ngaji per bulan ini tergantung Lembaga atau guru itu sendiri. Terkadang waktu pembelajar menjadi pertimbangan besar atau kecilnya biaya yang harus dikeluarkan.

Selain terkait waktu, jasa guru ngaji ini bisa dikategorikan untuk mengajar sesuai umur muridnya. Biasanya akan ada yang mengajar untuk anak-anak, orang dewasa, bahkan lansia.

Biaya les privat ngaji per bulan biasanya dihitung dari sesi yang dilakukan dan rata-rata 40 sampai 50 per jam atau sesi. Harga les privat ini tergolong dasar karena bisa jadi bertambah sesuai dengan kebutuhan murid.

Adapun guru ngaji yang mematok tarik 100 ribu per jam untuk mengajar anak-anak. Untuk orang dewasa tarif les privatnya yaitu 150 ribu per jam.

Jasa les privat ini biasanya menyediakan paket bulan yang bisa dipilih para pesertanya. Untuk biaya les privat ngaji per bulan ini, peserta akan dikenakan biaya 1 – 1,5 juta rupiah. Hal ini tergantung kualifikasi guru, diantaranya:

  • Waktu dan frekuensi les.
  • Lokasi les, bisa online atau offline, jarak tempu untuk ke tempat mengajar bisa diperhitungkan.
  • Pengalaman mengajar dan mengaji.

Manfaat Menggunakan Jasa Les Privat Ngaji

Sebagai seorang muslim tentu ingin agar bisa mendapatkan ilmu agama yang tinggi untuk membantu kehidupan di akhirat. Untuk itu perlu banyak belajar ilmu agama, salah satunya dimulai dengan membaca ayat suci Al-Qur’an.

Membaca dan belajar Al-Qur’an merupakan keutamaan yang luar biasa besar. Umat muslim dianjurkan untuk membaca dan juga memahami ayat Al-Qur’an serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dari penjelasan biaya les privat ngaji per bulan untuk guru ngaji yang tergolong murah tersebut murid bisa mendapat banyak keuntungan. Keunggulan dari bimbingan program les privat mengaji ini adalah sebagai berikut:

1. Murid Punya Tutor Pribadi

Dengan adanya les privat mengaji ini, seorang anak akan mendapatkan guru pribadi karena hanya akan ada satu guru dan satu murid saja. Guru privat ini akan membantu muridnya dalam proses belajar ngaji sampai mahir.

Guru privat ini juga lebih personal karena anak bisa leluasa menghubungi guru lesnya untuk membantu mengerjakan materi yang belum dipahami. Hal ini membuat kegiatan belajar mengaji secara privat ini pun terasa lebih nyaman.

2. Efektif, Efisien Dan Hemat Waktu

Penggunaan les privat mengaji secara personal ini memiliki keuntungan lain yaitu tergolong efektif dan efisien. Dengan adanya guru pribadi ini dapat menghewat waktu karena bisa dilakukan fleksibel sesuai jadwal murid atau guru.

3. Guru Datang Langsung Ke Rumah

Salah satu alasan kenapa harus menggunakan jasa les privat ini adalah karena guru atau ustadz akan datang langsung ke rumah murid. Ini berkaitan dengan manfaat sebelumnya yaitu lebih efisien dan tidak membuat waktu.

Bila menggunakan guru mengaji umum, murid perlu datang ke tempat mengaji namun di les privat, guru bisa diminta untuk datang ke tempat muridnya. Tentu saja bila dengan cara ini biaya yang dikeluarkan bisa lebih tinggi.

Seberapa besar atau kecilnya biaya les privat ngaji per bulan ini tidak menjadi hambatan mengingat seberapa pentingnya belajar mengaji. Dengan mengikuti les privat ngaji ini, seorang muslim bisa membaca Al-Qur’an dengan fasih.

Referensi :

Share this post