als - new
belajar past tense

Bingung dengan Tense? Yuk Belajar Past Tense dengan Mudah dan Menyenangkan

Dalam bahasa inggris, pembuatan kalimat harus disesuaikan dengan waktu. Oleh karena itu, seseorang perlu untuk belajar past tense agar penulisan kalimatnya benar. Past tense sendiri dalam bahasa inggris ada 5 macam.

Dimana semua jenis past tense tersebut penulisannya ada rumus tertentu sesuai dengan waktu penggunaannya. Jika ingin lebih memahami penulisan past tense yang benar, maka simak dan ikuti pembahasan dibawah berikut ini.

Mengenal Past Tense

dalam bahasa inggris khususnya belajar past tense, penulisan kalimat atau tenses ada caranya tersendiri. al itu dikarenakan adanya pembagian kata kerja yang harus digunakan. Dimana kata kerja sendiri dibagi menjadi 3 yaitu Verb1, Verb2 dan Verb3.

Penulisan kalimat yang terjadi dimasa lalu biasanya dinyatakan dengan Past Tense. Dalam penulisan Past Tense sendiri ada rumus yang harus diperhatikan oleh semua orang. Karena setiap jenis kalimat Past Tense memiliki rumus yang berbeda.

Selain itu kata kerja yang digunakan pada pada setiap jenis past tense juga berbeda. Past Tense ini pastinya akan dijumpai oleh seseorang yang belajar bahasa inggris baik itu penulisan ataupun cara bicara.

Jenis-Jenis Past Tense

Seperti yang disampaikan sebelumnya, jika seseorang belajar bahasa inggris pastilah akan belajar past tense. Sedangkan past tense sendiri memiliki 5 jenis kalimat di dalamnya. Adapun kelima jenis Past Tense yang akan dipelajari yaitu:

1. Simple Past Tense

Pastinya seseorang akan selalu mendengar istilah Simple Past Tense, jika orang tersebut sedang belajar past tense. Hal itu dikarenakan tenses yang satu ini merupakan paling dasar dan diajarkan pada urutan pertama diantara lainnya dalam Bahasa Inggris. 

Selain itu bentuk dari simple past tense juga sangat sederhana. Untuk rumusnya sendiri yaitu: Subject+Verb2+Object+adverbs. Salah satu ciri dari kalimat ini yaitu menggunakan kata kerja reguler dan digunakan untuk menceritakan peristiwa dimasa lalu yang terulang kembali.

2. Past Continuous Tense

Pada urutan kedua ada Past Continuous Tense. Jenis kalimat ini biasanya digunakan untuk menyampaikan 2 peristiwa yang terjadi di waktu tertentu secara bersamaan. Contohnya saja seperti “aku sedang makan ketika lili datang kerumah.

Hanya saja penulisan kalimat tersebut dilakukan dalam bahasa Inggris. Untuk rumusnya sendiri yaitu: Subject to be+Verb-ing+Object+adverbs. Jika ingin mengetahui kalimat ini di antara paragraf, maka bisa mencari kata seperti when, while, as long as atau lainnya.

3. Past Perfect Continuous Tense

Dalam bahasa Inggris, seseorang juga akan diajarkan yang namanya Past Perfect Continuous Tense. Jenis kalimat ini biasanya untuk menyatakan suatu peristiwa dimasa lalu dan ada penekanan waktu. Biasanya kalimat ini ditandai dengan adanya kata Since, All day, dan for.

Contoh kalimat dari jenis past tense satu ini yaitu, I had been reading english books for two days. Sedangkan untuk rumus dari tense jenis yang satu ini yaitu “Subject+had+been+verb-ing+Object+adverbs”.

4. Past Perfect Tense

Selain ketiga jenis kalimat diatas, ada pula Past Perfect Tense. Dimana kalimat ini untuk menyampaikan suatu kejadian sebelum kejadian inti di masa lalu diceritakan. Biasa nya jenis kalimat yang satu ini digunakan untuk menyampaikan sebuah fakta yang telah terjadi.

Selain itu, kata kerja yang digunakan pada jenis past tense satu ini, yaitu turunan yang ketiga. Dimana rumusnya sendiri yaitu Subject+Had+Verb 3+Object+Adverbs. kalimat ini bisa dikenali dengan mudah karena cirinya ada kata Before dan sebagainya.

5. Past Future Tense

Pada urutan selanjutnya ada past future tense yang juga masuk dalam list penulisan kalimat bahasa inggris yang harus dipelajari. Kalimat ini digunakan untuk menunjukkan suatu kegiatan yang ingin dilakukan dimasa lalu namun belum tentu terwujud.

Biasanya kalimat ini dijadikan pelengkap untuk untuk kalimat past tense jenis yang nomor 4 dalam suatu paragraf.  Contoh penulisan kalimat past future tense yaitu seperti “she would get there if the road did not jammed”.

Nah itulah kelima jenis kalimat yang akan dijumpai jika seseorang belajar past tense. Selain penjelasan dari masing-masing jenis kalimat past tense, di atas juga telah diberikan rumusnya. Jadi belajar kalimat past tense pasti akan lebih mudah dan menyenangkan. Untuk materi pendidikan lainnya bisa dibaca di sini.

Share this post