als - new
materi past continuous tense

Belajar Materi Past Continuous Tense dengan  Simpel dan Mudah Dipraktekkan

Dalam bahasa inggris, ada materi past continuous tense yang harus dipelajari oleh pelajar. Jika seseorang mempelajari materi, maka akan mengerti caranya untuk membuat kalimat. Materi past continuous tense ini, pastinya akan diberikan di awal ketika belajar bahasa Inggris.

Hal itu dikarenakan materi ini merupakan pembelajaran dasar dalam bahasa inggris itu sendiri. Jadi, pengetahuan ini tidak boleh dilewatkan oleh semua orang yang ingin bisa bahasa inggris. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai materi ini, simak saja ulasan dibawah.

Definisi Past Continuous Tense

Materi past continuous tense akan diberikan dalam pelajaran Bahasa Inggris di kelas 9. Namun bukan berarti orang dewasa tidak boleh belajar materi tersebut. Semua orang bisa mempelajari materi dasar dari bahasa Inggris ini jika memang ingin mendalami bahasa asing tersebut.

Past Continuous tense sendiri adalah sebuah kalimat yang membahas tentang peristiwa yang terjadi sekarang dan masa lalu yang berkaitan. Contohnya saja seperti “Aku sedang tidur ketika kamu memanggil.

Kalimat past continuous ini bisa digunakan setiap hari, agar lebih memahami maknanya. kalimat ini sebenarnya hampir sama dengan simple past tense. Tapi ada perbedaan yang signifikan yang perlu diperhatikan oleh semua orang yang belajar bahasa Inggris.

Dimana past continuous itu menerangkan suatu kejadiaan masa lampau yang berkelanjutan dengan sekarang. Sedangkan simple past menjelaskan suatu peristiwa yang terjadi di masa lalu saja. Jika seseorang mempelajari bahasa asing ini secara mendalam, maka pastinya diajari kalimat tersebut.

Fungsi dari Past Continuous Tense

Dalam bahasa inggris, pemberian materi past continuous tense pastilah memiliki tujuan tertentu. Dimana kalimat tersebut nantinya berfungsi untuk menjelaskan kegiatan atau kejadian yang sedang berlangsung di waktu sebelumnya. Namun, terkadang kalimat ini untuk menjelaskan kondisi seperti berikut:

  • Menerangkan suatu kejadian dalam waktu tertentu yang sedang terjadi. Poin ini sering kali disebut dengan istilah Events Happening at A Particular Time. 
  • Menceritakan atau menggambarkan kejadian sekeliling yang bukan peristiwa utama. Penulisan past continuous yang satu ini sering disebut dengan Background Events.
  • Menerangkan kejadian yang berlangsung secara berulang atau sering kali lebih dikenal dengan nama Temporary Habitual Events.

Rumus Past Continuous Tense

Selain fungsi, seseorang yang belajar bahasa inggris perlu mengetahui rumus dari past continuous tense. Tujuannya agar mengerti caranya membuat kalimat pada materi ini. Serta semakin memahami penggunaan kalimat ini. Adapun rumus membuat kalimat ini yaitu:

1. Kalimat Positif

Past continuous sering juga digunakan untuk kalimat positif. Pada kalimat jenis ini, tidak ada kata yang menyatakan penolakan. Contohnya seperti tidak, bukan, dan lain sebagainya pada kalimat yang ditulis atau diucapkan oleh seseorang.

Rumus past continuous di kalimat positif yaitu “S+be+verb+complement”. Dimana verb yang ada pada kalimat ini haruslah ditambah dengan “ing” dibagian belakangnya. Contohnya saja seperti sleeping, eating, swimming, dan lain sebagainya.

2. Kalimat Negatif

Kalimat yang mengandung penolakan atau menyatakan tidak dilakukan sering disebut dengan kalimat negatif. Hal itu dikarenakan kalimat tersebut terdapat kata, tidak, bukan, atau belum. Pada past continuous, kalimat ini memiliki rumus tersendiri.

Dimana rumus untuk kalimat negatif pada past continuous ini yaitu “S+be+not+Verb+Complement”. Sebenarnya hampir sama dengan rumus yang pertama, namun pada kalimat negatif ada tambahan kata not setelah be.

3. Kalimat Tanya

Penulisan past continuous juga bisa digunakan untuk kalimat tanya. Dimana tobe diletakkan di urutan paling depan. Setelahnya pada bagian belakang sendiri bisa diberi dengan tanda tanya untuk menyatakan kalimat tersebut adalah sebuah pertanyaan.

Rumusnya sendiri dalam penulisan kalimat ini yaitu “Be+s+verb+complement?”. Pada susunan kalimat ini, untuk yang bagian depan adalah “be” dan tidak perlu ditambah dengan “not”. Hal itu dikarenakan kalimat ini tidak mengandung kalimat negatif didalamnya.

Dari ketiga rumus diatas, semua verb yang dituliskan haruslah ada penambahan “ing” di bagian belakang. Hal itu dikarenakan jenis past tense satu ini merupakan progressive tense yang penggunaan katanya disertai dengan present participle.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai materi past continuous tense yang harus dipelajari oleh seseorang yang ingin mendalami bahasa inggris. Pada pembahasan di atas, ada 3 jenis rumus yang bisa digunakan oleh seseorang untuk membuat kalimat past continuous ini.

Share this post